gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Rencana Pemasaran Tujuan dan Pengertiannya

Post a Comment

 Rencana pemasaran – Dalam bisnis tentunya harus dilakukan dengan analisa yang matang dengan teknik dan perencanaan yang terarah. Tanpa adanya perencanaan dalam menjalankan suatu usaha, maka usaha tersebut tidak akan berjalan dengan maksimal sesuai dengan visi misi perusahaan.

Perencanaan pemasaran dalam suatu bisnis sangat penting untuk diketahui dan diimplementasikan, namun untuk mengembangkan rencana pemasaran tentunya tidak mudah, diperlukan sumber daya manusia yang memadai di bidangnya untuk menghasilkan rencana pemasaran yang matang.

Bagi Kamu seorang pengusaha tentunya memiliki visi yang jauh dalam mengembangkan bisnisnya, oleh karena itu banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menyusun perencanaan pemasaran agar target penjualan bisnis terpenuhi.

 

Rencana Pemasaran

Apa itu Rencana Pemasaran?

Secara umum rencana pemasaran adalah kegiatan menyusun rencana dan langkah penjualan yang meliputi strategi, analisa mendalam, target dan kegiatan untuk menghasilkan peningkatan penjualan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Arti lain dari rencana pemasaran adalah dokumen yang menjelaskan strategi dan taktik yang akan digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu. Rencana ini biasanya mencakup identifikasi target pasar, pemilihan media promosi yang tepat, dan pengelolaan anggaran promosi. Perencanaan pemasaran juga dapat mencakup analisis pasar, rencana produk, dan rencana distribusi.

Dalam melakukan perencanaan pemasaran diperlukan strategi tertulis mengenai target pasar yang akan dituju, sebelum melakukan rencana pemasaran seorang marketer harus mengetahui terlebih dahulu kemana segmen produk yang akan dijual ditujukan.

Selain itu, pengetahuan tentang produk sangat penting agar dapat dilakukan pemetaan berbasis segmen yang meliputi jenis kelamin, usia, dan peta demografi suatu wilayah yang menggunakan produk tersebut.

 

Tujuan Rencana Pemasaran

Dalam merancang suatu rencana pemasaran tentunya terdapat tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan. Tujuan utama dari sebuah rencana pemasaran adalah meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Rencana pemasaran juga bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan jangka panjangnya, seperti memperluas pasar atau meningkatkan citra perusahaan. Berikut adalah beberapa tujuan rencana pemasaran.

  1. Mendapatkan hasil sesuai target yang selaras dengan visi dan misi perusahaan
  2. Melakukan analisa kebutuhan pasar sesuai dengan produk yang dijual dengan target pasar yang lebih tepat.
  3. Efisiensi anggaran pemasaran sehingga lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan.
  4. Pembagian tugas organisasi akan lebih terstruktur sesuai tugas dan tanggung jawab.
  5. Meningkatkan kinerja pemasaran agar ide-ide kreatif lebih banyak muncul dan merangsang karyawan untuk aktif berpikir bersama menentukan target pemasaran.

Selain poin-poin di atas, dengan perencanaan pemasaran tentunya pengorganisasian dalam sebuah bisnis akan lebih hidup dan terarah. Sehingga apa yang dijalani dalam sebuah perusahaan berjalan sesuai dengan jalur yang telah disepakati bersama.

 

Tahapan dalam Rencana Pemasaran

Untuk menentukan perencanaan dalam pemasaran ada tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk menyusun strategi yang tepat yang akan diterapkan di perusahaan, berikut beberapa tahapan dalam menyusun perencanaan dalam pemasaran.

1# Lakukan analisis perencanaan pemasaran

Tahapan pertama sebelum melangkah lebih jauh ke perencanaan dalam pemasaran adalah melakukan analisis internal sejauh mana perusahaan telah melakukan strategi promosi yang telah dilakukan. Tentukan poin plus dan minus dalam pemasaran yang ada.

Kemudian evaluasi hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dengan melihat track record marketing yang sudah berjalan. Selanjutnya jika sudah menemukan masalah baru yang sudah berjalan. Lakukan langkah kedua di bawah ini.

2# Kumpulkan informasi perencanaan pemasaran

Setelah poin satu dilakukan, tahap selanjutnya adalah perlunya menganalisis lebih dalam tentang pemasaran yang sudah berjalan. Analisis ini mencakup bagaimana situasi ekonomi yang berkembang saat ini menjadi ancaman pemasaran yang sudah berjalan baik dari segi perkembangan ekonomi, sosial, budaya dan teknologi.

Jika Kamu merasa ada ancaman terkait beberapa faktor di atas, lakukan rencana baru untuk mengatasi hal tersebut, sehingga dapat lebih diatasi untuk meminimalisir gangguan pemasaran. Mengumpulkan informasi ini sangat penting dalam melakukan perencanaan pemasaran.

 

3# Melakukan penyusunan program

Setelah menganalisis poin-poin sebelumnya, langkah selanjutnya dalam langkah rencana pemasaran adalah menyiapkan program pemasaran. Susunan program ini meliputi pembagian tugas, waktu dan tempat dimana pemasaran akan dilakukan.

Dari hasil penyusunan program ini akan diperoleh perencanaan pemasaran berdasarkan pembagian tugas berdasarkan wilayah dan waktu pelaksanaan dalam pemasaran.

 

4 # Tentukan target dan tujuan

Setelah penyusunan program selesai, langkah selanjutnya adalah menentukan target dan tujuan dari setiap program yang telah disusun. Tujuan ini nantinya akan mempengaruhi rencana strategi pemasaran yang dilakukan.
Sedangkan target akan mempengaruhi rencana produksi produk yang akan dijual. Tentunya semua ini akan berkaitan dengan anggaran yang akan dikeluarkan.

 

5# Terapkan strategi pemasaran

Langkah selanjutnya dalam perencanaan pemasaran yang harus dilakukan adalah menerapkan strategi pemasaran. Strategi ini tentunya berbeda-beda di setiap lokasi sesuai dengan kebutuhan. Disinilah fungsi koordinasi antar tim pemasaran untuk mendapatkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

 

6 # Tentukan anggaran perencanaan pemasaran

Setelah semuanya ditentukan, langkah selanjutnya dalam menentukan perencanaan dalam pemasaran adalah menentukan anggaran sesuai dengan penyusunan program dan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Yang perlu dilakukan dalam menentukan anggaran selain memperhatikan aspek produksi produk adalah perusahaan harus melihat waktu dan lokasi pemasaran yang akan dilakukan.

Karena dalam melakukan strategi perencanaan pemasaran tentunya setiap lokasi akan berbeda dalam menjalankan anggaran pemasarannya, selain itu penyusunan anggaran ini akan memudahkan dalam melihat biaya dalam proses penjualan produk mulai dari memproduksi produk hingga memasarkan produk.

Sehingga secara umum akan terlihat apakah pemasaran yang dilakukan efisien atau tidak berdasarkan biaya pemasaran + produksi dengan keuntungan yang dihasilkan.

 

Penutup

Dari ulasan kami diatas diharapkan kamu lebih memahami pengertian tentang rencana pemasaran, sehingga dapat menerapkan secara langsung dalam bisnis mengenai tahapan perencaan pemasaran. Sekian artikel dari kami semoga ulasan diatas bermanfaat.

 

Related Posts

Post a Comment