gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Aspek Pemasaran Pengertian Tujuan dan Komponennya

Post a Comment

Aspek Pemasaran Adalah - Dalam menerapkan suatu strategi bisnis tentunya banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya mengenai aspek pemasaran sebagai dasar pengetahuan bagi seorang pemilik usaha untuk melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran.

Aspek dasar dalam melakukan pemasaran dan pola menjalankan kursus pemasaran harus dikuasai dengan baik oleh seorang pengusaha, agar roda kehidupan bisnis tetap berjalan sesuai jalur perjalanan dengan tetap menghasilkan keuntungan perusahaan.

Dalam aspek pemasaran tersendiri terdapat komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain, sehingga semua komponen tersebut saling terkait satu sama lain dengan tujuan komposisi pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan berjalan sesuai dengan sasaran dan tujuan.

 

Aspek Pemasaran Pengertian Tujuan dan Komponennya

Apa itu Aspek Pemasaran?

Aspek pemasaran adalah kegiatan menganalisis kebutuhan dalam hal pemasaran yang meliputi berbagai aspek yang harus dipenuhi seperti lingkungan pasar, kebutuhan pasar, sumber daya manusia, strategi promosi dan hal-hal yang berkaitan dengan jalannya suatu pemasaran.

Dalam aspek pemasaran diperlukan analisis pemasaran yang mendalam agar kebutuhan pemasaran dapat dipetakan secara detail sehingga diperoleh data untuk merancang strategi pemasaran.

Dengan analisis pemasaran ini akan diperoleh berbagai aspek analisis seperti kondisi lingkungan, karakteristik pasar, lokasi dan lain-lain sehingga dapat diketahui posisi perusahaan dari sudut apa dan dengan anggaran berapa sehingga diperoleh hasil pemasaran yang maksimal.

 

Tujuan Aspek Pemasaran

Tujuan dilakukannya aspek pemasaran adalah untuk mendapatkan hasil tujuan dan sasaran pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar dengan produk yang dimiliki perusahaan. Sehingga diperoleh penjualan produk yang maksimal dengan strategi pemasaran yang telah dilakukan dengan hasil peningkatan keuntungan perusahaan yang memuaskan.

Sebaliknya jika suatu perusahaan tidak menggunakan analisis aspek pemasaran, tentunya alur strategi pemasaran suatu perusahaan akan tidak terarah, dan cenderung menghabiskan biaya pemasaran yang besar dengan hasil penjualan yang kurang optimal.

Disinilah fungsinya untuk memahami aspek pemasaran dari berbagai sudut kondisi psikologis pasar dengan kebutuhan produk perusahaan.

 

Komponen Aspek Pemasaran

1# Melakukan Segmentasi Pasar

Melakukan analisis segmentasi pasar menjadi penting, dengan menganalisis dan mengamati kondisi pasar dari berbagai sisi seperti kondisi geografis pasar, kondisi ekonomi, usia, kondisi psikologis pasar, kondisi sosial budaya yang mempengaruhi pasar.

Setiap kondisi setiap daerah tentunya kondisi segmentasi pasar berbeda-beda, oleh karena itu perlu adanya segmentasi pasar yang mendalam agar diperoleh hasil analisis kebutuhan produk yang cocok untuk pemasaran di suatu daerah.

Dengan melakukan segmentasi pasar ini akan diketahui kebutuhan suatu masyarakat di suatu daerah, apakah cocok untuk pemasaran atau tidak.

 

2# Analisis Kebutuhan dan Kondisi Pasar

Analisis kebutuhan pasar juga sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai perencanaan pemasaran gagal tanpa menganalisis kebutuhan pasar dan kondisi pasar seperti apa. Analisis kebutuhan pasar dapat dilakukan dengan memperhatikan kondisi pasar dan seberapa penting produk yang akan dipasarkan bermanfaat dan dibeli.

Dengan melihat kondisi tersebut maka dapat diketahui kondisi dan kebutuhan pasar yang sebenarnya, misalnya kondisi pasar pada masa pandemi Covid tentunya penjualan berbagai produk yang berhubungan dengan kesehatan akan meningkat seperti masker, obat imun dan lain sebagainya.

Di sisi lain, dampak tidak langsungnya adalah program sekolah dilaksanakan secara daring, sehingga mau tidak mau banyak siswa yang harus membeli handphone atau laptop dan kuota internet untuk pembelajaran daring. Bagi perusahaan penyedia jasa internet atau produsen handphone dan laptop, tentunya hal ini menjadi peluang karena analisa kondisi pasar yang dilakukan sangat mendukung penjualan.

Apabila dalam analisis kebutuhan pasar ditemukan masyarakat tidak mengetahui atau bahkan menentang produk yang ingin ditawarkan, tinggal perusahaan yang memutuskan apakah akan meneruskan atau tidak melakukan strategi pemasaran di bidang tersebut, hal ini disinilah peran penting sumber daya manusia perusahaan bekerja keras mempengaruhi kebutuhan masyarakat. produk baru yang akan ditawarkan.

 

3# Analisis Persaingan

Tahapan selanjutnya dalam aspek pemasaran adalah analisis persaingan produk yang ada. Dalam suatu area dengan tujuan target marketing, analisis persaingan wajib dilakukan. Tujuannya untuk mengetahui kondisi pasar seperti apa yang condong ke arah produk mana yang disukai dan mengetahui kekurangan pada produk tersebut.

Analisis persaingan ini dapat terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh analisis persaingan langsung adalah jika suatu perusahaan menawarkan produk minuman AMDK dan di dalam wilayah tersebut terdapat produk AMDK dengan merek yang berbeda.

Dari hal ini kita bisa mencari kelemahan produk pesaing, mungkin dari segi harga yang lebih tinggi dan harus menukar galon jika ingin membeli galon baru. Baru-baru ini, perusahaan telah menawarkan produk air galon kemasan baru dengan keunggulan seperti harga yang lebih murah dengan kemasan yang praktis dan tidak perlu menukar galon jika ingin membeli galon baru.

Sedangkan persaingan tidak langsung adalah perusahaan pesaing yang tidak memiliki produk sejenis tetapi masih dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

 

4# Menerapkan Promosi

Setelah ketiga aspek pemasaran di atas dilakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan strategi promosi. Dalam melakukan promosi ini dapat dilakukan baik secara tidak langsung maupun tidak langsung. Strategi promosi yang paling umum digunakan dalam menawarkan produk adalah dengan melakukan program promosi diskon seperti buy 2 get 1 atau diskon hingga 50% dalam jangka waktu tertentu.

Dalam melakukan promosi, hal yang penting dilakukan adalah memperkenalkan keunggulan produk, agar konsumen lebih teredukasi mengenai produk baru yang ditawarkan. Selain itu, pengenalan produk juga bisa dilakukan melalui digital marketing, seperti membuat website atau promosi melalui media sosial untuk memperkenalkan brand agar lebih kuat di ingatan konsumen.

 

Penutup Aspek Pemasaran

Demikianlah artikel kami mengenai aspek pemasaran dan komponen terkait untuk menentukan keberhasilan dalam melakukan pemasaran. Tentunya selain poin-poin di atas, masih banyak hal yang harus digali kembali untuk menentukan keberhasilan dalam memasarkan produk yang dimiliki perusahaan.

 

Related Posts

Post a Comment