gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Strategi Promosi Diskon dan Contohnya

Post a Comment

Promosi Diskon  – Dalam menjalankan usaha dibutuhkan sebuah strategi promosi yang tepat untuk menarik minat pembeli, salah satunya adalah dengan menerapkan promosi diskon. Strategi promosi diskon ini sudah terbukti sangat ampuh untuk menarik minat pembeli.

Pemberian potongan harga pada penjualan produk merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan dalam hal pemasaran baik berupa produk maupun jasa. Dengan teknik potongan harga atau promosi diskon ini tentunya akan lebih menarik minat dari pembeli untuk membeli produk yang diinginkan, mengingat biasanya pelaksanaan promosi terbatas pada jangka waktu tertentu.

promosi diskon

Secara psikologis, konsumen yang diberi label diskon akan lebih tertarik untuk membeli, meskipun niat awalnya bukan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Dengan melakukan promosi diskon pada produk yang ditawarkan maka konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk, hal ini terjadi karena dibenak konsumen tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan karena ada momen diskon harga melalui produk yang ditawarkan.

 

Manfaat Promosi Diskon

Ada banyak keuntungan jika Kamu mengajukan program diskon produk. Tentunya program diskon ini secara tidak langsung akan meningkatkan hubungan psikologis antara penjual dan pembeli. Berikut keuntungan umum jika Ana menerapkan strategi diskon pada produk yang Kamu miliki.

  • Mendapatkan daya tarik bagi konsumen meskipun tidak ada pembelian sehingga nama usaha yang dimiliki akan lebih dikenal.
  • Meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.
  • Menjaga loyalitas konsumen terhadap perusahaan.
  • Peluang untuk menambah konsumen baru dalam pembelian.
  • Adanya promosi nama usaha secara tidak langsung melalui mulut ke mulut kepada konsumen.
  • Perusahaan akan lebih dikenal luas dengan promosi produk yang diberikan.

Manfaat di atas merupakan keuntungan yang Kamu dapatkan jika menerapkan strategi promosi dengan menerapkan promosi diskon pada perusahaan yang Kamu miliki.

Contoh Strategi Promosi Diskon

Ada banyak contoh strategi promosi diskon yang dilakukan oleh perusahaan besar maupun perusahaan skala menengah yang bisa Kamu contoh. Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan diskon adalah waktu dalam menentukan diskon, karena waktu penentuan ini sangat penting untuk dijadikan patokan awal dan akhir sebuah promo.

Contohnya adalah promosi diskon 20% untuk pembelian baju pada momen Hari Kemerdekaan selama bulan Agustus. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan gambaran beberapa contoh strategi diskon produk yang dapat Kamu terapkan pada bisnis Kamu.

 

1# Diskon nama sesuai dengan nama bulan

Teknik promo potongan harga ini juga sudah banyak diterapkan para pengusaha, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Misalnya ada restoran bakso yang menawarkan diskon hingga 30%, namanya AGUS di bulan Agustus, atau ada yang namanya April di bulan April.

Cara verifikasinya hampir sama dengan menunjukkan kartu identitas berupa KTP, cara ini juga cukup ampuh untuk menarik minat pembeli, apalagi memasang spanduk promosi di depan lokasi usaha yang Kamu miliki.

 

2# Promosi diskon ulang tahun

Strategi promosi diskon satu harga ini sudah banyak digunakan di berbagai bidang usaha seperti restoran, kafe, dan produk fashion. Misalnya, jika Kamu mengunjungi kafe yang memiliki diskon 30% untuk pembelian di hari ulang tahun.
Syaratnya tentu saja Kamu harus menunjukkan bukti kelahiran Kamu pada hari itu dengan menunjukkan identitas KTP Kamu. Strategi ini cukup efektif untuk anak muda yang informasinya cepat menyebar di antara teman-temannya.

 

3# Diskon group atau kelompok

Strategi promosi diskon grup juga sering digunakan, khususnya bagi para pengusaha kuliner, grup diskon ini bisa diterapkan bagi Kamu yang memiliki usaha seperti rumah makan, kafe atau rumah makan. Misalnya menerapkan diskon 30% untuk pembelian dari total resi untuk rombongan 10 orang.

Strategi promosi diskon grup ini bagus untuk momen seperti perayaan ulang tahun atau saat bulan puasa. Tentunya penerapan strategi diskon ini harus dibarengi dengan perhitungan yang matang agar tetap bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

 

4# Promosi diskon member

Strategi member ini cocok untuk Kamu yang memiliki usaha seperti toko kelontong atau jualan baju. Dengan menerapkan strategi anggota, akan lebih mudah mengelola loyalitas pelanggan. Misal promo jika konsumen terdaftar sebagai member, diskon akan diberikan jika sudah melakukan 5 kali transaksi pembelian dengan total transaksi tertentu.

Tentu saja berapa persen potongan harga yang harus diputuskan sesuai dengan kesepakatan manajemen tanpa mempengaruhi keuntungan penjualan.

 

5# Promosi diskon uang kembali atau cashback

Strategi promo cashback ini juga hampir mirip dengan memberikan diskon, konsepnya adalah mengembalikan uang sesuai harga produk yang dibeli. Strategi pemberian promo cashback ini cocok untuk Kamu yang memiliki produk dengan nilai harga jutaan, seperti menjual produk elektronik atau kendaraan bermotor, karena cashback yang diberikan memberikan kesan mewah.

Contohnya adalah "Dapatkan cashback 250 ribu untuk pembelian TV 32inch di toko elektronik Maju Jaya".
Secara psikologis, nilai pelanggan 250 ribu akan terlihat besar, dan akan sangat menarik jika Kamu membeli TV 42 inci.

 

6# Strategi promosi diskon beli satu dapat satu (one get one)

Strategi ini juga bisa Kamu terapkan jika bisnis Kamu sedang meluncurkan produk baru, umumnya strategi ini berlaku untuk bisnis kuliner, khususnya penjualan minuman bersoda atau minuman boba.

Misalnya, jika Kamu memiliki produk minuman boba dengan varian rasa baru, Kamu dapat menerapkan strategi promosi "Dapatkan gratis 1 minuman rasa mangga seharga 20.000 untuk pembelian minuman baru rasa apel ".

 

Penutup

Sekian ulasan kami mengenai artikel tentang strategi promosi diskon ini, beberapa teknik diatas bisa Kamu terapkan untuk menarik minat pelanggan agar lebih tertarik untuk membeli produk dari usaha yang kamu miliki. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

 

Related Posts

Post a Comment