gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Screenshot Laptop Terbaru Mudah

Post a Comment

Cara Screenshot Laptop – Bagi Kamu yang sering bekerja menggunakan laptop, tentunya harus menguasai berbagai teknik dasar pengoperasian laptop. Setidaknya para pengguna laptop harus familiar dengan tools yang tersedia di setiap sistem operasi yang digunakan di laptop tersebut.

Salah satu kebutuhan yang sering digunakan dalam pengoperasian laptop adalah mengambil screenshot layar untuk  laporan atau lainnya. Tangkapan layar dari layar ini nantinya akan berupa file gambar yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk membuat laporan atau sekedar untuk dibagikan kepada teman-teman.

Fitur screenshot sendiri sudah ada pada bawaan laptop atau PC yang Kamu miliki, namun banyak orang yang tidak mengetahui cara mengoperasikan layar screenshot untuk berbagai keperluan.

Pada kesempatan review artikel kali ini, kami akan membagikan kepada kamu bagaimana cara screenshot laptop dengan mudah menggunakan beberapa cara, simak ulasan kami selanjutnya.

 

Cara Screenshot di Laptop

Pada umumnya sistem operasi pada laptop yang sering digunakan adalah sistem operasi Windows seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan Windows 11. Pada sistem operasi Windows pada dasarnya memiliki cara kerja yang sama untuk mengambil screenshot di komputer. layar laptop. Berikut ini kami ulas beberapa teknik pengambilan screenshot laptop.

1# Screenshot Laptop dengan Tombol FN + PrintScreen

Cara yang pertama ini paling mudah ditemukan karena sudah tersedia di keyboard laptop untuk mengambil screenshot di layar laptop kamu. Untuk mengambil tangkapan layar menggunakan tombol PrintCreen, Kamu harus menekan tombol FN (fungsi) pada keyboard secara bersamaan.

Siapkan layar yang ingin di screenshot di laptop, setelah layar siap lalu tekan tombol FN dan Print Scr (FN + Print Scr atau Prtsc sysrq) secara bersamaan.

Untuk menempel atau paste, Kamu dapat menggunakan Microsoft Word atau Paint, yang ada dalam sistem operasi Windows. Buka Windows -> All program -> aksesori -> Paint .

Kemudian lakukan paste dengan menekan ctrl+v pada halaman paint.

Setelah itu, Kamu tinggal memotongnya sesuai dengan kebutuhan gambar layar yang diinginkan, kemudian menyimpannya dalam format JPEG atau PNG di aplikasi Paint.

 

2# Dengan Tombol ALT + PrintScreen

Selain menggunakan teknik di atas, Kamu juga dapat menggunakannya dengan menggunakan tombol ALT + Print Scr (PrintScreen). Langkah-langkahnya sama dengan cara di atas, kamu hanya perlu menekan tombol secara bersamaan lalu gunakan aplikasi Paint untuk menempelkan dan menyimpannya sebagai gambar.

Untuk cara Screenshot yang satu ini tidak bisa digunakan untuk semua laptop, hanya beberapa laptop saja yang kompatibel dengan sara ini.

 

3# Dengan Tombol Windows + PrintScreen

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot di layar laptop yang kamu miliki, caranya sama dengan langkah pertama yang sudah kami ulas, kamu hanya perlu menekan tombol logo windows pada keyboard yang kamu miliki bersamaan dengan menekan tombol tombol printscreen (Logo Windows + Prnt Scr),

Setelah layar laptop yang kamu miliki berkedip sekali, berarti proses screenshot sudah dilakukan. Untuk melihat hasilnya kamu bisa melihat di windows explorer di direktori C:\Users\user_name\Pictures\Screenshots.

 

4# Dengan Tombol Windows + Volume Turun

Kamu juga bisa melakukan screenshot yang satu ini dengan mudah, hampir sama seperti menggunakan Windows + prnt scr. Cara menggunakan screenshot dengan cara ini, kamu hanya perlu menekan tombol Windows + Volume Down secara bersamaan.

Untuk hasil screenshot yang sudah diambil, kamu tinggal melihat folder screenshot di windows explorer.

 

Cara Screenshot Laptop Menggunakan Tools

Cara terakhir ini merupakan cara yang membutuhkan proses panjang untuk melakukannya, Kamu bisa menggunakan alat pihak ketiga untuk mengambil tangkapan layar. Banyak alat yang tersedia di internet yang dapat Kamu gunakan.

Beberapa rekomendasi tools yang bisa Kamu gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Kamu, seperti Screenrec, Greenshot dan Lightshot. Tentu masih banyak lagi tools yang bisa kamu gunakan selain yang sudah kami sebutkan tadi.

Itulah tips kami tentang cara screenshot laptop yang bisa Kamu praktikkan sesuai dengan berbagai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Post a Comment