gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Membuat Blogger Pribadi Gratis

Post a Comment

Cara membuat blogger pribadi gratis - Menjadi blogger adalah salah satu hobi menulis yang difasilitasi melalui internet. Untuk menjadi seorang blogger, kita bisa melalui platform dari Google, seperti blogger.com. Platform blogger dari Google ini sangat populer di kalangan penulis konten blog.

Cara membuat blogger pribadi sebenarnya sangat mudah dilakukan, dan kabar baiknya jika memang Kamu suka menulis, membuat blogger bisa dilakukan dengan gratis. Blogger sendiri merupakan salah satu platform yang disediakan bagi penulis untuk berbagai topik informasi bagi pembaca.

Cara Membuat Blogger Pribadi Gratis

Jika Kamu membuat blog melalui situs blogger, Kamu akan mendapatkan alamat domain berakhiran blogspot.com. Kamu juga dapat mengubah ke domain yang lebih keren seperti .com, tetapi akan dikenakan biaya untuk membeli domain tersebut.

Selain sebagai hobi, memiliki blog juga bisa menghasilkan uang dengan catatan blog kamu sudah memiliki pengunjung harian yang banyak dan konsisten setiap harinya. Dengan memiliki pengunjung, nantinya Kamu dapat menggunakannya untuk menjual produk atau layanan atau berkolaborasi dengan platform lain untuk afiliasi seperti Shopee atau Tokopedia.

 

Cara Membuat Blogger Pribadi

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Kamu membuat personal blogger, mulai dari topik yang ingin Kamu tulis hingga pengetahuan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan blogger itu sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus Kamu ketahui sebelum mengetahui cara membuat blogger pribadi.

Tentukan topik atau niche

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan terlebih dahulu topik blog yang ingin kamu buat. Kami menyarankan topik ini yang terkait dengan apa yang Kamu ketahui. Langkah-langkah cara membuat blogger pribadi yang satu ini akan mempengaruhi personal branding Kamu kedepannya.Jika Kamu ahli dalam pemasaran, Kamu bisa membuat artikel atau blog yang berhubungan dengan pemasaran.

Keuntungannya jika Kamu tepat dalam menentukan topik adalah kemungkinan banyak yang mengetahui tulisan Kamu dan secara tidak langsung Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjual produk atau jasa jika Kamu sudah memiliki pengunjung yang lumayan.

 

Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Mempelajari SEO sangat penting dalam membangun sebuah blog, jika ingin membangun personal blogger maka produk utamanya adalah konten tertulis. Dan untuk membuat konten tulisan diperlukan tata cara atau trik agar tulisan tersebut friendly di mata search engine seperti Google.

Disinilah fungsi SEO, tujuannya agar setiap postingan atau blog Kamu yang sudah memiliki stkamur SEO akan membuat tulisan Kamu mudah dicari dengan kata kunci tertentu dan bisa ditampilkan di halaman pertama Google.
Jika tulisan Kamu ada di halaman pertama Google, pengunjung potensial akan banyak, dan blog Kamu akan lebih dikenal.

 

Mempelajari Teknik Blogging

Langkah selanjutnya sebelum Kamu mempelajari cara membuat blog pribadi adalah Kamu harus mempelajari teknik-teknik yang berkaitan dengan dunia blogging. Teknik ini mencakup banyak hal seperti pengertian HTML dan CSS, pengertian domain hosting, dan setting template blog agar blog kamu friendly saat dikunjungi dan tidak membingungkan pengunjung.

Pengaturan navigasi seperti tata letak menu dan informasi sangat penting dalam sebuah blog. Dengan pengaturan menu navigasi yang jelas pada blog membuat nyaman pengunjung saat berkunjung ke blog yang kamu miliki.

Selain itu, jika Kamu menguasai hal-hal teknis, manfaat yang akan Kamu dapatkan adalah jika terjadi masalah teknis pada blog Kamu, secara teknis Kamu dapat menyelesaikan sendiri masalah internal yang terjadi pada blog Kamu. Kamu dapat mempelajari hal-hal teknis ini dengan cepat seiring bertambahnya jam terbang Kamu di dunia blogger.

 

Daftar ke Google Adsense

Jika blog yang Kamu miliki sudah ramai dikunjungi pengunjung, dan banyak tulisan Kamu yang ada di halaman satu Google. Kami menyarankan Kamu mendaftar dengan Google Adsense. Google Adsense adalah platform dari Google untuk penulis blog atau penerbit untuk menampilkan iklan melalui blog yang Kamu miliki.

Dengan demikian Kamu berpotensi mendapatkan uang dan mendapatkan penghasilan bulanan dari Google Adsense melalui blog yang Kamu miliki.

Langkah ini sebaiknya dijadikan sebagai rencana jangka panjang bagi Kamu, dan saran kami langkah awal Kamu sebaiknya fokus membuat konten yang bermanfaat bagi pembaca terlebih dahulu, sehingga Kamu bisa fokus membangun blog pribadi dengan hasil yang optimal.

 

Langkah Teknis Cara Membuat Blogger Pribadi

Untuk langkah teknis cara membuat blogger pribadi sangat panjang untuk dilakukan. Oleh karena itu, kami membuat artikel tersendiri tentang cara membuat blogger pribadi ini khusus untuk Kamu.

Sebelumnya kami telah mengulas contoh blogger pribadi yang telah kami buat. Blog ini merupakan contoh blog dengan topik pertanian, untuk lebih jelasnya bisa dilihat secara online dengan alamat https://ilmuentangtani.blogspot.com/.

Langkah demi langkah cara membuat blogger pribadi kami uraikan di atas secara detail pada artikel Cara Membuat Blogger Pribadi.

Kamu bisa membaca dan mempraktekkannya langsung pada artikel yang sudah kami bahas diatas. Untuk membuat blogger di atas, Kamu harus menyiapkan Gmail untuk masuk dan mendaftar akun blogger.
Demikian artikel kami tentang dunia blogger, semoga bermanfaat untuk kamu.

 

Related Posts

Post a Comment