gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Manajemen Pemasaran Pengertian Menurut Para Ahli

Post a Comment

Manajemen pemasaran menurut para ahli - Ilmu manajemen pemasaran adalah ilmu yang membahas berbagai macam hal yang berhubungan dengan pemasaran baik dari sisi konsumen maupun perusahaan. Dalam teori yang berkembang ilmu manajemen merupakan pilar akademik yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan, terutama melalui sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Tanpa pengetahuan manajemen tentunya perusahaan tidak akan berjalan dengan maksimal dan tidak ada perencanaan yang jelas dimana perusahaan akan ditempatkan.

Manajemen Pemasaran Pengertian Menurut Para Ahli

Secara umum manajemen pemasaran adalah ilmu yang berhubungan dengan pemasaran yang dalam penerapannya mencakup berbagai aspek antara lain proses analisis pemasaran, perencanaan, penerapan strategi dan pengendalian pengendalian pemasaran yang berjalan untuk mencapai tujuan pemasaran yang efektif dan efisien.

Dampak dilakukannya manajemen pemasaran tentunya tujuan perusahaan mengenai penjualan produk tercapai dengan keuntungan yang dihasilkan sesuai dengan target yang ditentukan.

 

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah suatu proses yang digunakan oleh perusahaan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengendalikan kegiatan pemasaran dalam rangka mencapai tujuan pemasaran yang telah ditetapkan. Manajemen pemasaran menekankan pada pengembangan dan penerapan strategi yang efektif untuk mencapai kepuasan pelanggan dan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Para ahli mengemukakan berbagai pendapat tentang manajemen pemasaran. Menurut Philip Kotler, seorang pakar manajemen pemasaran terkemuka, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang membantu perusahaan dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta mengembangkan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut dengan cara yang efektif.

Menurut Theodore Levitt, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan, serta mengembangkan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Levitt juga menekankan pentingnya memahami pasar dan konsumen agar perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

Menurut Peter Drucker, seorang ahli manajemen terkemuka, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan, serta mengembangkan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Drucker juga menekankan pentingnya menciptakan nilai bagi pelanggan sebagai salah satu tujuan utama dari manajemen pemasaran.

Secara umum, manajemen pemasaran adalah suatu proses yang membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memahami kebutuhan pelanggan, serta mengembangkan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut sehingga dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan memenuhi kepuasan pelanggan.

 

Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Dalam teori yang telah berkembang secara akademis, terdapat banyak pandangan mengenai pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli, berikut kami rangkum berbagai definisi manajemen pemasaran menurut para ahli.

Buchori dan Djaslim

Dikemukakan bahwa marketing management adalah kegiatan yang meliputi proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, merancang strategi promosi, penetapan harga dan pendistribusian barang atau jasa dan ide untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan bagi individu untuk memenuhi tujuan organisasi.

 

Darmmesta Dan Handoko (1982)

Dikemukakan bahwa marketing management adalah suatu kegiatan dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mempertahankan posisi dan kelangsungan hidup perusahaan agar berkembang dan memperoleh keuntungan dari kegiatan pertukaran.

Boyd, Walker, Larreche, (1998)

Dikemukakan bahwa marketing management adalah suatu proses yang meliputi analisis, implementasi, perencanaan dan koordinasi pengendalian program pemasaran.

Proses analisis dilakukan meliputi penetapan kebijakan produk berupa harga, strategi promosi, pendistribusian produk jasa dan gagasan yang dilaksanakan dengan tujuan ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan manfaat pertukaran dengan pasar yang tepat sasaran untuk mencapai tujuan organisasi .

 

Ben M. Eniy (2007:130)

Pendapat tersebut menyatakan bahwa ilmu marketing management adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas berbagai aspek kegiatan pemasaran baik yang dilakukan oleh individu maupun organisasi atau perusahaan.

 

Asosiasi Pemasaran Amerika (1960)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran merupakan hasil kinerja pencapaian yang dilakukan melalui kegiatan usaha yang berkaitan dengan proses pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

 

Buhari Alma (2004:130)

Berpendapat bahwa manajemen pemasaran adalah suatu proses untuk merencanakan, mengawasi dan mengarahkan semua kegiatan pemasaran dalam perusahaan dan departemen pemasaran.

 

Philip Kotler dan Armstrong (2002:14)

Mengekspresikan pendapat di bawah marketing management adalah proses analitis yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program yang telah dirancang untuk menciptakan dan membangun pertukaran yang menguntungkan dengan tujuan mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Lupiyo Adi (2006:6)

Berpendapat bahwa marketing management adalah suatu proses analisis, perencanaan dan pelaksanaan serta melakukan pengendalian dalam merencanakan program-program yang berkaitan dengan pertukaran keinginan konsumen yang akan ditujukan untuk memperoleh keuntungan bagi individu dan organisasi.

 

Philip William J. Shultz

Dikemukakan bahwa marketing management adalah suatu proses perencanaan, pengarahan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan.

 

John W. Mullins

Dinyatakan bahwa marketing management adalah proses implementasi, analisis dan koordinasi untuk mengendalikan program yang melibatkan konsep, penetapan harga, strategi promosi, ide dan distribusi barang dan jasa. Tujuannya dirancang untuk menciptakan dan memelihara proses pertukaran yang saling menguntungkan sesuai dengan target pasar untuk tujuan perusahaan atau organisasi.

 

William J. Stanton

Berpendapat bahwa marketing management adalah proses menganalisis, merencanakan dan memantau program-program yang direncanakan dengan tujuan mengadakan pertukaran pasar sasaran untuk suatu tujuan organisasi atau perusahaan.

 

Winardi

Menyatakan pendapat bahwa marketing management adalah suatu proses pengambilan keputusan yang meliputi perencanaan, pengawasan dan aspek pemasaran yang berkaitan dengan perusahaan dalam suatu sistem pemasaran.

 

Sofyan Assauri (2004)

Mengatakan bahwa marketing management adalah kegiatan yang meliputi analisis, perencanaan dan koordinasi serta pengendalian semua kegiatan yang berkaitan dengan desain produk, promosi, distribusi dan harga. Dengan tujuan mendapatkan kepuasan pelanggan sekaligus mencapai tujuan organisasi atau perusahaan dalam jangka panjang.

 

Swastha (1995:5)

Memiliki pendapat bahwa marketing management adalah proses analisis dan perencanaan untuk melakukan pengawasan program yang bertujuan untuk menciptakan pertukaran pasar yang dituju dengan tujuan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

 

Peter R. Dickson

Dikemukakan bahwa marketing management adalah kegiatan organisasi atau perusahaan untuk memahami kebutuhan konsumen yang diinginkan dengan melihat perilaku konsumen.

 

Penutup

Demikian pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli yang telah kami rangkum, tentunya dalam melakukan proses pemasaran di era modern ini banyak sarana dan teknik pemasaran yang dapat dilakukan baik pemasaran secara langsung maupun melalui berbagai media internet dengan digital marketing. teknik.

 

Related Posts

Post a Comment