gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Marketing Mix dan Contoh Marketing Mix Produk Makanan

Post a Comment

Marketing mix dan Contoh Marketing mix Produk Makanan - Strategi pemasaran merupakan ujung tombak utama dalam suatu perusahaan agar perusahaan dapat berjalan dengan baik dan optimal. Tanpa strategi pemasaran, sebuah bisnis pasti akan mati karena tidak ada arus kas pemasukan untuk menjalankan bisnis.

Perkembangan strategi pemasaran berkembang sangat cepat dengan berbagai teknik untuk menyesuaikan dengan

perkembangan teknologi digital. Pola pemasaran yang dahulu hanya dapat dilakukan melalui media cetak dan televisi dengan biaya yang mahal dan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar, kini pola tersebut tentu telah berubah dimana pengusaha kecil pun dapat melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan media digital melalui internet.

Marketing Mix dan Contoh Marketing Mix Produk Makanan

Begitu juga dengan strategi marketing mix bagi para pelaku bisnis, di era modern ini tentunya banyak pembaruan dan perubahan promosi tanpa lepas dari rumusan marketing mix itu sendiri. Sebelum membahas contoh marketing mix, kami akan mengulas apa itu marketing mix dan apa artinya lebih lanjut, simak ulasan kami selanjutnya.

 

Apa itu Marketing Mix?

Marketing mix adalah kombinasi dari berbagai strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Biasanya, marketing mix terdiri dari empat elemen utama, yaitu produk, harga, promosi, dan tempat (distribusi). Perusahaan dapat menggunakan kombinasi dari elemen-elemen ini untuk menciptakan paket pemasaran yang efektif dan menarik bagi konsumen.

Secara umum marketing mix merupakan strategi untuk mempromosikan produk perusahaan dengan memperhatikan beberapa aspek seperti aspek produk, harga, lokasi usaha dan strategi promosi. Perpaduan keempat aspek tersebut biasa disebut dengan 4p (Product, Price, Place, Promotion).

Keempat aspek diatas tentunya harus diolah sesuai dengan visi dan misi perusahaan serta harus direncanakan dengan matang dalam menjalankan strategi promosi yang tepat. Sehingga apa yang dibutuhkan konsumen dapat terpenuhi dan tujuan perusahaan dalam melakukan penjualan juga tercapai.

 

1 # Aspek Produk

Untuk menjalankan strategi marketing mix, harus dilakukan analisis kebutuhan produk apakah produk yang kita jual akan dibutuhkan oleh masyarakat atau tidak. Faktor produk ini sangat penting dalam suatu marketing mix karena akan menentukan hasil penjualan yang diperoleh.

Sebagai contoh sederhana, jika ada perusahaan yang menjual kipas angin atau AC di daerah pegunungan tanpa analisa yang mendalam, tentu hal tersebut akan sia-sia mengingat daerah pegunungan merupakan daerah yang dingin sehingga kipas angin atau AC tidak diperlukan.

Sebaliknya jika perusahaan menganalisa kebutuhan masyarakat di daerah pegunungan, karena cuaca di pegunungan dingin maka yang cocok dijual ada pemanas ruangan, pemanas air atau karpet lantai yang berfungsi untuk menghangatkan ruangan. Aspek analisis produk ini merupakan pilar utama dalam marketing mix.

 

2 # Aspek Harga

Setelah menganalisis produk, selanjutnya dalam upaya menerapkan marketing mix yaitu menentukan teknik penetapan harga. Teknik penerapan harga ini juga harus memperhatikan psikologi konsumen. Psikologi konsumen mengenai harga tentunya dipengaruhi oleh faktor kebutuhan dan kekuatan finansial yang dimiliki oleh konsumen.

Ada konsumen yang tidak memiliki uang, tetapi karena membutuhkan barang, mereka juga akan berusaha keuangannya untuk membeli produk tersebut dan sebaliknya, ada konsumen yang tidak terlalu membutuhkan barang, tetapi karena memiliki banyak uang, mereka membeli produk yang Kamu miliki.

Teknik penerapan harga ini sangat berpengaruh terhadap kondisi, lokasi dan momen. Oleh karena itu dalam menganalisa harga sangat penting untuk diperhatikan.

 

3 # Tempat Tempat

Tempat usaha adalah lokasi yang dituju konsumen untuk membeli barang yang dibutuhkan. Lokasi sangat mempengaruhi penjualan yang dilakukan sesuai target pasar. Dalam menentukan lokasi harus dianalisa berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar sesuai dengan produk yang dijual.

Aspek lokasi ini juga erat kaitannya dengan aspek produk dan aspek harga, sehingga diperlukan analisis yang mendalam dalam menentukan lokasi usaha yang akan dijalankan.

 

4 # Aspek Promosi

Promosi dalam marketing mix sangat penting untuk mendongkrak penjualan. Strategi promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, apalagi di era digital ini dapat dilakukan melalui media internet. Dalam menerapkan strategi promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan program harga promo atau pembelian barang dengan menggunakan sistem poin.

Berbagai ide strategi promosi tentunya dapat diterapkan dengan memperhatikan berbagai aspek seperti kompetitor, momen dan berbagai event yang mendukung strategi promosi yang akan dilakukan. Berikut ini adalah contoh marketing mix produk makanan.

 

Contoh Marketing mix Produk Makanan

Salah satu perusahaan yang menjadi contoh marketing mix adalah perusahaan Kopi Kenangan. Usaha Kopi Kenangan merupakan salah satu contoh marketing mix produk makanan yang dalam menjalankan usahanya telah menerapkan konsep marketing mix 4p.

Contoh marketing mix dari sisi produk

Dari aspek produk kopi, Kenangan menawarkan berbagai produk minuman kopi dengan konsep modern dan dengan segmen anak muda yang suka nongkrong dan ngobrol santai. Sesuai dengan kebutuhan pasar bagi anak muda saat ini dimana konsep bersantai di coffee shop sangat menarik.

Dengan momen yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka lahirlah perusahaan Kopi Kenangan dengan berbagai produk minuman kopi yang unik.

 

Contoh marketing mix dalam hal harga

Dari segi harga yang ditawarkan Kopi Kenangan juga relatif terjangkau, dengan berbagai varian yang ditawarkan dengan berbagai rasa dan juga harga yang ditawarkan juga beragam. Semua harga dikembalikan kepada konsumen dengan memberikan berbagai pilihan harga yang ditawarkan.

 

Contoh marketing mix dari sisi tempat

Gerai yang tersedia untuk membeli Kopi Kenangan juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Tidak hanya itu, jika konsumen tidak bisa menjangkau langsung untuk melakukan pembelian. Kopi Kenangan juga menyediakan layanan dengan sistem pesan antar. Lokasi yang tersedia adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen.

 

Contoh marketing mix dari sudut pkamung promosi

Kopi Kenangan sangat agresif dalam melakukan strategi promosi seperti melalui penggunaan media internet dengan tersedianya media website perusahaan. dan pemberitaan media nasional, promosi juga dilakukan dengan menerapkan potongan harga dengan menerapkan sisi psikologis konsumen.

Misalnya untuk membuka outlet baru, pelanggan akan mendapatkan diskon 30% untuk pembelian atau jika sering membeli, check in setiap hari, akan mendapatkan hadiah.

Selain itu, dalam membangun loyalitas konsumen, Kopi Kenangan juga menyediakan aplikasi berbasis Android untuk menawarkan berbagai promo menarik bagi pelanggannya yang mengunduh menggunakan aplikasi tersebut.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian dan contoh marketing mix, semoga pembahasan ini dapat membantu membuka wawasan kamu.

 

 

Related Posts

Post a Comment