gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Job Desk Digital Marketing Yang Wajib Kamu Ketahui

Post a Comment

Job desk digital marketing - Menjadi seorang digital marketer merupakan pekerjaan baru di era modern ini, seiring dengan perkembangan dunia digital, banyak perusahaan mencari pekerjaan digital marketer untuk menjual produk atau jasa mereka di dunia online. Dengan memanfaatkan pemasaran dengan digital marketing produk atau jasa bisa dij angkau lebih luas sehingga memungkinkan menambah penjualan bagi perusahaan.

Job Desk Digital Marketing

Bekerja di dunia digital marketing memiliki tugas dan ruang lingkup yang sangat luas. Secara garis besar, job desk digital marketing berurusan dengan bidang yang berhubungan dengan dunia digital atau internet untuk tujuan marketing agar Kamu mendapatkan respon dari komunitas dunia maya untuk lebih mengenal perusahaan tersebut.

 

Definisi Digital Marketing

Digital Marketing adalah proses kerja yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan layanan digital yang memanfaatkan teknologi internet. Ruang lingkup pekerjaan Digital Marketing meliputi tanggung jawab untuk membuat konten tentang produk atau layanan, beriklan menggunakan platform digital dan merancang ide dan strategi kreatif terkait pemasaran produk.

Dengan menggunakan strategi digital marketing, brand value suatu perusahaan akan lebih terarah sesuai dengan pasar perusahaan, sehingga dapat meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan perusahaan.

Dalam dunia digital marketing banyak hal yang harus dilakukan selain marketing, diantaranya adalah menguasai berbagai teknik advertising tool seperti Facebook Ads, Google Ads, membuat landing page, membuat konten baik tulisan maupun video, teknik SEO dan lain-lain yang berkaitan dengan teknik. untuk meningkatkan minat pasar di dunia digital.

 

Job desk Digital Marketing

'Detail pekerjaan atau job desk digital marketing memiliki banyak sekali cabang yang harus dikerjakan, oleh karena itu biasanya pekerjaan di dunia digital marketing memiliki tim yang tugasnya dibagi menjadi istilah yang lebih spesifik sesuai dengan kemampuan masing-masing digital marketing.

Berikut ini secara umum akan kami sampaikan pekerjaan seorang digital marketing sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

1 # Membangun Situs Web

Seorang digital marketer biasanya dituntut untuk bisa membangun website, membangun website yang dimaksud bukanlah harus membuatnya dari awal. Biasanya website bisa dibeli atau dibuat dari pihak ketika memesan dari jasa pembuatan website profesional.

Yang dimaksud dengan membangun website di sini adalah mengelola website dari tidak ada pengunjung menjadi pengunjung rutin setiap hari. Cara ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan SEO dan keahlian dalam menulis konten artikel pada sebuah website.

Perusahaan yang fokus pada promosi digital marketing pasti memiliki website dengan tujuan untuk memasarkan produk atau jasanya, sehingga pengunjung akan lebih mengenal produk dan jasa yang ditawarkan.

 

2 # Membuat Konten Penulisan SEO

Seorang pemasar digital juga harus memiliki keahlian dalam copywriting. Keahlian copywriting adalah keahlian menulis konten yang bertujuan untuk menarik minat pembaca sehingga mendapat respon baca yang berujung pada tujuan penjualan.

Teknik copywriting ini nantinya akan dipraktekkan dalam pembuatan konten tulisan pada website milik sebuah perusahaan. Dalam menulis artikel copywriting di website perusahaan tentunya harus mengikuti kaidah SEO (Search Engine Optimization) agar tulisan yang kita buat bisa terindeks di Google dan bisa tampil di halaman 1 Google.

 

3# Buat Konten dan Desain Video

Selain membuat konten tulisan SEO, Job desk Digital Marketing juga termasuk membuat konten video dan melakukan desain promosi. Untuk yang satu ini, biasanya ada orang tersendiri yang tugasnya dibedakan dari tim digital marketing di bagian SEO dan pembuatan website.

Membuat konten video pendek dan desain promosi sering digunakan untuk konten media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan Facebook. Mungkin juga konten video yang dibuat di situs Youtube diposting.

Dalam membuat sebuah video atau desain tentunya harus dibuat semenarik mungkin, dan membuat konten mengenai hal tersebut tidak hanya berkaitan dengan produk perusahaan saja. Bisa juga terkait dengan berbagai tips bermanfaat dan lainnya yang tujuannya untuk mendapatkan interaksi dengan followers berupa like, komentar hingga share postingan.

Dalam membuat konten video dan desain, diperlukan kerjasama dengan admin media sosial di dalam perusahaan. sehingga pekerjaan akan lebih terkoordinasi.

 

4# Job Desk Digital Marketing - Melakukan Periklanan

Job desk Digital Marketing lain yang sering ditugaskan oleh perusahaan adalah melakukan iklan Digital Marketing. Proses mengiklankan produk dan brand perusahaan sering dilakukan di platform seperti Facebook Ads, Google Ads, Twitter Ads, dan Tiktok Ads.

Untuk teknik beriklan melalui masing-masing platform di atas diperlukan teknik analisis keahlian khusus agar iklan berbayar yang dilakukan tidak bancos atau merugi tanpa mendapat respon dari masing-masing platform audiens.

Pekerjaan periklanan ini biasanya berhubungan dengan bagian keuangan perusahaan yang menganggarkan anggaran untuk periklanan perusahaan. Tentunya analisa untuk iklan ini harus diputuskan bersama strategi apa yang akan digunakan agar iklan berjalan dengan sukses.

 

5# Mengelola Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial hampir mirip dengan admin media sosial. Bedanya jika social media marketing diberikan tanggung jawab lebih untuk bisa menjual produk atau menarik followers untuk berinteraksi dengan akun perusahaan.

Social media marketing merupakan bagian dari job desk digital marketing yang membutuhkan keahlian dalam membuat caption atau kata-kata pada akun media sosial. Pekerjaan ini juga membutuhkan kolaborasi dengan tim Digital Marketing di bagian konten dan desain video.

Tanggung jawab seorang pemasar media sosial adalah meningkatkan pengikut perusahaan dan menciptakan hubungan yang erat antara pengikut dan akun perusahaan. Social media marketing yang umum digunakan adalah seperti Twitter, Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

 

Rangkuman- Jobs Desk Digital Marketing

Beberapa ulasan di atas merupakan bagian dari job desk digital marketing yang wajib dilakukan oleh seorang digital marketing. Bagi perusahaan yang sudah maju, job desk digital marketing diatas disesuaikan dengan bidangnya masing-masing dengan tujuan agar strategi pemasaran yang diterapkan akan lebih terfokus pada hasil yang maksimal.

Namun, biasanya untuk perusahaan yang sedang berkembang, pekerjaan Digital Marketing dan Job desk disatukan dalam satu orang saja. Bisa dimaklumi, tentu tujuannya untuk menghemat biaya untuk membayar karyawan, dan biasanya hasilnya tidak akan optimal karena seseorang harus melakukan multitasking untuk mengerjakan masing-masing job desk digital marketing.

Semoga artikel mengenai job desk digital marketing ini bermanfaat bagi kamu yang ingin atau mendapatkan pekerjaan sebagai digital marketing!

 

Related Posts

Post a Comment