gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Iklan Komersial Pengertian dan Contohnya

Post a Comment

Iklan Komersial Adalah - Industri periklanan berkembang sangat pesat seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat. Berbagai industri atau bisnis menggunakan iklan komersial untuk melakukan strategi promosi untuk mendapatkan minat dari konsumen.

Melalui iklan komersial, perusahaan dapat memperkenalkan brand atau nama merek dari produk yang dijual agar lebih dikenal dan diingat oleh konsumen sehingga menjadi produk dengan merek yang kuat di benak konsumen. Dampaknya, produk dengan nama merek yang kuat akan memiliki pasar tersendiri di mata konsumen.

Dengan adanya industri periklanan komersial tentunya roda perekonomian berputar dan saling mendukung antara perusahaan dengan agensi dan dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat luas mulai dari menciptakan lapangan pekerjaan hingga kebutuhan barang kebutuhan pokok tersedia melalui perusahaan baru yang didirikan.

 

Pengertian Iklan Komersial Adalah

Iklan komersial adalah strategi pemasaran produk dengan tujuan mengkampanyekan suatu produk jasa yang ditawarkan, dengan tujuan agar produk jasa yang ditawarkan dikenal masyarakat luas dan memberikan dampak ekonomi penjualan bagi perusahaan.

Dari pengertian iklan komersial di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dilakukannya iklan komersial adalah untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat berupa pengenalan terhadap suatu produk atau merek sehingga terjadi hubungan psikologis untuk menarik masyarakat dan meningkatkan brand awareness bagi perusahaan.

 

Ciri Iklan Komersial

Dalam iklan komersial terdapat fitur-fitur didalamnya yang dapat kita pelajari, hal tersebut tentunya merupakan hal yang mudah dipahami dan dipahami bagi kamu yang baru belajar di dunia periklanan. Berikut ini adalah ciri-ciri iklan komersial.

1# Memiliki Target Pasar

Sebuah iklan komersial tentunya memiliki target pasar atau audience yang dituju, hal ini agar iklan komersial yang dibuat tidak sembarangan dan sesuai dengan pasar yang diharapkan. Bahkan dalam menyajikan iklan komersial, cakupannya sangat luas.

Jika dulu iklan komersial hanya ditayangkan di media TV, cetak dan radio, berbeda dengan saat ini dimana media distribusi iklan komersial banyak tersedia di banyak channel dengan bantuan teknologi internet.

 

2# Menggunakan Strategi Persuasif yang Menarik

Dalam menyampaikan suatu iklan komersial untuk menarik minat konsumen harus menggunakan langkah-langkah persuasif dengan ide-ide kreatif untuk menarik perhatian konsumen.

Tujuan akhir dalam iklan komersial adalah penjualan produk untuk kepentingan perusahaan, oleh karena itu dibutuhkan gambaran dari iklan komersial mengapa produk yang diiklankan sangat penting dan dibutuhkan oleh calon konsumen.

Strategi persuasif ini dapat dilakukan dengan cara menarik perhatian melalui emosi konsumen dengan menanyakan secara logis mengapa produk tersebut harus diiklankan. Selain itu dalam sebuah iklan komersial juga harus dapat melihat bahwa produk yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

 

3# Ditujukan untuk Masyarakat Umum

Iklan komersial adalah iklan yang bersifat umum dan tidak ditujukan untuk penggunaan pribadi. Oleh karena itu, dalam materi iklan komersial baik dari segi penyajian visual maupun gambar harus memenuhi unsur-unsur yang berhubungan dengan khalayak pada umumnya.

Dalam hal ini harus dijelaskan secara jelas melalui kampanye iklan komersial dan materi iklan yang akan dibuat nantinya agar masyarakat umum dapat dengan mudah memahami isi konten iklan komersial yang dilakukan.

 

4# Produk Komunikasi Berbayar

Ciri lain dari iklan komersial adalah menampilkan produk komunikasi berbayar, artinya iklan komersial dibuat untuk memiliki persyaratan hak cipta bagi perusahaan yang menerbitkan iklan komersial. Dengan demikian harus ada prosedur perijinan tertentu yang harus dipenuhi untuk mempublikasikan iklan komersial yang dibuat.

 

Contoh Iklan Komersial

Banyak contoh iklan komersial produk lokal di Indonesia, baik berupa produk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lain yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Berikut ini adalah contoh beberapa iklan komersial yang terdapat di lingkungan kita.

1# Iklan Komersial Sprite

Sprite merupakan produk minuman ringan yang sudah lama beroperasi di Indonesia. Dalam melakukan kampanye iklan komersil melalui produk-produk yang dikeluarkan, sprite melakukan teknik-teknik sederhana yang mampu menarik penonton untuk melihat sampai akhir video iklan komersial yang mereka miliki.

Iklan Komersial

Contohnya adalah produk sprite dengan kemasan PAS di atas, yang melakukan strategi kampanye iklan komersil dengan bahasa nyleneh yang dibintangi pengisi suara komedian Cak Lontong dengan visual dan bahasa yang humoris.

Secara tidak langsung, penonton akan mengikuti dan memperhatikan dengan seksama bahasa lawakan yang dilontarkan, dipadukan dengan gambar visual yang sesuai. Selain itu, produk sprite sudah memiliki jargon-jargon yang mudah diingat oleh masyarakat “Nyatanya Nyegerin”. Jargon tersebut menjadi jargon yang mudah di ingat masyarakat sehingga dapat mempopulerkan produk sprite.

 

2# Iklan Komersial Garnier

Garnier adalah produk perawatan wajah untuk pria dan wanita. Namun dalam iklan komersial produk Garnier Men ini, khusus ditujukan untuk khalayak pria yang banyak beraktivitas di luar ruangan. 

Dengan menampilkan bintang iklan komersial yang melakukan aktivitas terpapar panas matahari kemudian memiliki wajah yang kotor, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun wajah Garnier.

Iklan Komersial

Tentunya dalam iklan komersial garnier ini ada manfaat yang dirasakan yaitu slogan 3 in 1 charcoal yang dapat membersihkan masalah minyak pada wajah dengan 3 manfaat (wash, scrub, mask) dalam 1 produk garnier turbolight oil control.

Secara tidak langsung, iklan komersial tersebut menyampaikan kemudahan perawatan wajah bagi seorang pria. Karena sifat pria yang memiliki karakter sederhana tanpa ribet.

 

3# Iklan Komersial Indomie

Indomie merupakan salah satu produk makanan mie instan yang sangat populer di Indonesia bahkan mancanegara. Hal ini tidak terlepas dari berbagai produk yang dimilikinya dengan strategi periklanan komersial yang telah dilakukan selama puluhan tahun.

Iklan Komersial

Sebagai contoh, ini adalah produk terbaru Indomie yang dibuat menjadi kampanye iklan komersial agar masyarakat mengenal produk baru Indomie yaitu Indomie Goreng dengan rasa ayam POP khas Sumatera Barat. Dalam strategi periklanan komersial yang dilakukan Indomie mengusung nama-nama ciri khas nama daerah untuk dipromosikan dan dipopulerkan terkait ciri khas masakan daerah tersebut.

Hal ini tentu saja menimbulkan hubungan psikologis dengan konsumen secara tidak langsung seperti apa rasa ayam khas Sumatera Barat khususnya bagi konsumen di luar daerah untuk lebih mengenal budaya cita rasa makanan daerah.

 

4# Iklan Komersial Tolak Angin

Tolak angin merupakan produk kesehatan untuk kekebalan tubuh dengan ramuan tradisional yang dibuat dan dikemas secara modern. Dalam menjalankan strategi periklanan komersialnya, Tolak Angin memiliki jargon yang sangat populer yang melekat di ingatan masyarakat Indonesia.

“Orang pintar, minum Tolak Angin!”, demikian jargon minuman herbal yang satu ini, sehingga strategi pemasaran komersial mereka berhasil menarik perhatian konsumen.

Iklan Komersial

Di sisi lain, produk tolak angin ini juga menawarkan solusi dalam menjaga kesehatan dengan cara yang mudah, praktis dan murah dengan produk herbal yang dimiliki, sehingga sangat kental dengan nuansa tradisional yang berkaitan dengan sosial budaya masyarakat Indonesia. Secara psikologis, konsumen tentunya memiliki ketertarikan khusus terhadap produk ini, menolak angin.

Sekian ulasan kami mengenai pengertian iklan komersial dan contohnya ini, semoga ulasan kami diatas bermanfaat buat kamu.

Related Posts

Post a Comment