gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Contoh Digital Marketing Yang Sukses

Post a Comment

Contoh digital marketing yang sukses – Melakukan strategi digital marketing bagi perusahaan sangat penting untuk mendongkrak popularitas perusahaan guna meningkatkan keuntungan melalui produk yang dijual. Dalam melakukan proses digital marketing tentunya banyak hal yang perlu dibutuhkan perusahaan, terutama berkaitan dengan ide-ide yang dapat menarik konsumen untuk melirik produk perusahaan yang ditawarkan.

Keberhasilan suatu promosi melalui digital marketing dapat diukur dari kekuatan branding yang diingat oleh masyarakat sehingga berdampak pada penjualan perusahaan.

Contoh Digital Marketing Yang Sukses

Kombinasi digital marketing ini banyak dilakukan dengan dipadukan dengan jargon perusahaan agar brand perusahaan lebih mudah diingat oleh masyarakat.
Banyak perusahaan nasional yang berhasil menerapkan strategi pemasaran digital, baik perusahaan swasta maupun BUMN.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreatifitas tim digital marketing untuk merancang event promosi perusahaan guna meningkatkan minat dan minat masyarakat terhadap produk suatu perusahaan.

 

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah istilah yang mengacu pada penggunaan media elektronik, seperti internet, perangkat mobile, media sosial, dan saluran digital lainnya, untuk mempromosikan dan menjual produk dan jasa. Ini adalah bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital untuk menjangkau dan terlibat dengan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan lead, dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Strategi pemasaran digital dapat meliputi taktik seperti optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran konten, pemasaran email, pemasaran media sosial, iklan bayar per klik, dan banyak lagi.

Strategi-strategi ini dapat membantu bisnis menjangkau audiens yang lebih luas, membangun hubungan dengan pelanggan, dan meningkatkan upaya pemasaran secara keseluruhan.

 

Contoh pemasaran digital yang sukses dalam perusahaan

1#  Contoh digital maarketing yang sukses - Shopee

Shopee adalah perusahaan pasar online yang sangat sukses dalam menerapkan strategi pemasaran digital. Banyak platform telah berkolaborasi dengan perusahaan oranye ini dengan menawarkan ide-ide menarik.

Untuk menjangkau berbagai kalangan, Shopee kerap bekerja sama dengan berbagai artis dan atlet olahraga ternama seperti Cristiano Ronaldo untuk menggaet pasar di segmen pria. Selain itu, Shopee kerap bekerja sama dengan boyband Korea untuk mendorong pengguna wanita muda berbelanja di Shopee.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreativitas digital marketing dan anggaran iklan yang memadai. Selain sosok brand ambassador, Shopee juga kerap menawarkan berbagai promo produk seperti promo gratis ongkos kirim untuk pembelian dan bonus poin untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Selain layanan jual beli produk, Shopee juga mengembangkan layanan digitalnya melalui Shopee Food dan Sea Bank sehingga tentunya akan mendongkrak strategi digital marketing bagi pelanggan dalam jangka panjang.

 

2# Contoh digital marketing yang sukses - Netflix

Netflix merupakan perusahaan penyedia jasa hobi berupa nonton film dan siaran langsung melalui aplikasi. Perusahaan ini sukses menjalankan strategi digital marketing yang membuat para penggunanya berlangganan untuk mendapatkan film langganan.

Dalam menjalankan strategi korporat, Netflix memberikan layanan tontonan berkualitas untuk film-film dari berbagai belahan dunia yang dapat ditonton di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Selain itu, ada juga siaran hobi di bidang olah raga seperti sepak bola yang sangat digemari.

Ribuan film yang disediakan oleh perusahaan ini mampu menarik peminat, khususnya segmen anak muda, sehingga berdampak pada pengguna aplikasi yang sangat banyak.

 

3# GoTo (Gojek Tokopedia)

Perusahaan Gojek dan Tokopedia juga merupakan perusahaan platform transportasi dan layanan marketplace yang sukses di bidangnya masing-masing. Sejak kedua perusahaan tersebut bergabung, perubahan nama menjadi GoTo tentunya akan semakin memperkuat posisinya sebagai perusahaan startup digital yang memiliki beragam layanan yang dibutuhkan masyarakat.

Dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut, perusahaan tersebut melakukan strategi pemasaran digital dengan melakukan berbagai promosi diskon dan cashback untuk pengguna baru. Sehingga hal ini dapat menarik pelanggan baru untuk menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh perusahaan GoTo.

 

4# Ruang Guru

Perusahaan rintisan berbasis pendidikan, Ruang Guru, merupakan salah satu contoh digital marketing yang sukses dalam melaksanakan promosinya. Ruang Guru adalah perusahaan yang menyediakan fasilitas bimbingan belajar online untuk siswa sekolah dari usia pra sekolah, SD hingga SMA.

Dalam menerapkan strategi digital marketing, Ruang Guru kerap mengedepankan kemudahan belajar yang bisa diakses di mana saja. Selain kualitas pembelajaran yang ditawarkan melalui video, berbagai fitur aplikasi yang ditawarkan di Ruang Guru juga dapat memberikan latihan mengasah otak dengan mengerjakan soal-soal yang diberikan.

Berbagai diskon dan promo menarik yang diberikan untuk pembelian paket les juga dapat berdampak pada orang tua untuk mendaftarkan anaknya les di Ruang Guru.

 

5# MSGlow

MS Glow merupakan perusahaan skincare untuk kebutuhan perawatan wajah yang cukup populer di tahun 2022. Perusahaan ini sukses menerapkan strategi digital marketing dengan bekerja sama dengan influencer yang memiliki jutaan followers baik di Instagram maupun Youtube.

Selain itu, dengan dibukanya cabang dan liputan media yang masif, perusahaan yang baru berdiri ini dengan cepat dikenal oleh kalangan muda, khususnya wanita, untuk menggunakan produknya.

Berbagai tren perawatan wajah yang dibutuhkan anak muda tersedia di perusahaan MS Glow ini. Selain menerapkan strategi digital marketing, perusahaan ini juga menggandeng banyak artis agar cepat dikenal masyarakat.

Demikian ulasan kami mengenai contoh digital marketing dalam sebuah perusahaan beserta beberapa perusahaan yang telah melewatinya. Semoga bisa menjadi wawasan bagi Kamu dalam memahami berbagai hal tentang strategi digital marketing.

Related Posts

Post a Comment