gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Cloud Mining: Pengertian Jenis dan Keuntungannya

Post a Comment

Cloud Mining: Pengertian Jenis dan Keuntungannya - Ada banyak cara untuk mendapatkan aset kripto, mulai dari membeli atau menambangnya secara gratis dengan berbagai daya perangkat. Penambangan atau mining sendiri adalah proses menambang aset kripto dengan memecahkan kode atau teka-teki matematika. Ada berbagai macam penambangan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan aset kripto, salah satunya adalah cloud mining.

Melakukan penambangan dengan sistem cloud memang banyak sekali keuntungannya tetapi Anda perlu mengeluarkan uang lebih sebagai modal untuk menyewa perangkat cloud yang ingin anda gunakan untuk menambang tersebut.

Pada artikel ini kami akan mengulasnya lebih dalam  apa itu cloud mining, cara kerja dan kelebihannya. Simak ulasan kami dibawah ini.

 

Apa itu Cloud Mining?

Cloud mining adalah proses di mana individu dapat membeli atau memiliki sebagian hardware untuk menambang cryptocurrency  dan terletak di pusat data jarak jauh. Hal ini memungkinkan individu untuk menambang cryptocurrency tanpa perlu membeli, memelihara, dan mengoperasikan perangkat keras penambangan mereka sendiri.

Sebagai gantinya, pengguna dapat membayar biaya ke penyedia layanan cloud mining, yang kemudian akan menggunakan perangkat kerasnya untuk menambang cryptocurrency atas nama pengguna. Pengguna akan menerima bagian dari keuntungan dari proses penambangan, biasanya dalam bentuk mata uang kripto yang ditambang.

Ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih layanan cloud mining, termasuk jenis perangkat keras yang digunakan, biaya yang dikenakan, dan reputasi penyedia layanan. Penting juga untuk meneliti layanan cloud mining apa pun dengan cermat sebelum menggunakannya, karena ada contoh operasi penipuan di ruang ini.

Berbeda dengan proses mining pada umumnya, cloud mining merupakan proses penambangan dengan menggunakan kekuatan cloud computing.

Dalam hal ini, Anda akan membayar pihak ketiga untuk melakukan proses penambangan. Intinya, Anda tidak perlu memiliki rig penambangan khusus seperti penambangan pada umumnya. Anda juga tidak perlu menjalankan node blockchain.

Dengan metode ini, peserta hanya perlu menyewa mining rig atau menyewa hash power. Biasanya besaran daya rig penambangan dihitung dalam satuan Gh/s dan Th/s.

Penyedia layanan cloud mining memiliki dan mengoperasikan fasilitas rig penambangan. Selain itu, penyedia layanan menawarkan kesempatan kepada peserta penambangan untuk membeli atau menyewa sebagian dari kekuatan hash yang mereka hasilkan.

Cloud mining adalah jenis penambangan yang cocok untuk pemula dan masih belum mengerti cara melakukan penambangan dengan mendekodekan matematika. Umumnya, peserta dapat melacak dan memantau penghasilan dan hash rate mereka melalui ponsel mereka.

 

Jenis Cloud Mining

Lease Hash Power

Jenis ini berbeda dengan penambangan host, sewa daya hash melibatkan penyewaan bagian dari daya hash yang dihasilkan oleh lahan penambangan. Dalam penambangan jenis ini, Anda tidak dibebani dengan biaya perawatan atau penyiapan.

Anda hanya perlu berlangganan paket untuk menerima bagian Anda dari keuntungan pertanian. Saat peternakan menemukan blok baru dan menerima aset crypto sebagai hadiah.
Pendapatan yang dihasilkan melalui blok akan dibagi di antara pengguna sesuai dengan bagian kekuatan hash yang mereka kendalikan.

 

Host Mining

Penambangan host mining melibatkan pembelian atau penyewaan rig di ladang penambangan. Pada tipe ini, Anda mungkin harus membayar untuk pemasangan dan pemeliharaan rig. Keunggulan yang dimiliki oleh host mining adalah dapat mengurangi biaya overhead yang terkait dengan akses listrik yang digunakan dalam penambangan.

Tidak hanya itu, Anda memiliki kontrol lebih atas rig yang Anda sewa. Kemudian Anda dapat memilih untuk mengarahkan kekuatan hash yang dihasilkan oleh kumpulan penambangan untuk memperkuat peluang Anda menemukan blok baru.

Selain itu, Anda juga memiliki kendali penuh atas reward yang dihasilkan, karena Anda hanya perlu membayar biaya maintenance dan setup untuk penyedia layanan cloud mining yang Anda gunakan.

 

Keuntungan dan Kelemahan Cloud Mining

Keuntungan

Penambangan cloud adalah pilihan ideal bagi pengguna yang ingin meraup keuntungan tinggi dari menambang aset kripto tanpa harus berurusan dengan semua persyaratan teknis dan perangkat keras yang biasanya digunakan dalam penambangan.

Keuntungan lain yang bisa didapat saat menambang menggunakan metode ini adalah hemat biaya. Pasalnya, menambang dengan cara ini membantu mengurangi biaya overhead saat menjalankan rig penambangan.

Selain itu, cara ini juga lebih mudah dilakukan daripada melakukannya secara konvensional. Nah, cara menambang ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba terjun ke dunia aset kripto.

 

Kelemahan

Namun dibalik keunggulan yang ditawarkan, metode mining yang satu ini juga memiliki potensi resiko kelemahan yang harus dihadapi.

Ya, meskipun menambang dengan cara ini terlihat lebih mudah dan efisien untuk dilakukan dibandingkan menambang dengan cara konvensional. Ada potensi kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan cloud mining.

Pertama, tingginya tingkat penipuan di sektor ini. Selama bertahun lamanya, sektor ini telah menjadi lahan bagi penipuan bidang digital. Karena investor mungkin tidak memiliki kesempatan untuk menilai lahan tambang secara langsung, sulit bagi pengguna untuk memverifikasi klaim yang dibuat oleh penyedia layanan ini.

Apalagi, beberapa penyedia layanan cloud mining bahkan menjalankan skema piramida. Dimana investor awal dibayar dengan simpanan dari investor baru. Hal ini tentu saja berpotensi menjadi kerugian bagi investor baru.

Oleh karena itu, Anda harus mempelajari ulasan, menyelidiki kredibilitas platform melalui forum kripto, dan juga mempertimbangkan batas penarikan yang diizinkan.

Detail lain yang perlu Anda perhatikan adalah potensi keuntungan dari penawaran tersebut. Jika jumlah yang dibayarkan untuk menyewa, membeli, atau memelihara rig berbasis cloud tidak sesuai dengan daya hash yang ditawarkan, Anda berpotensi mengalami kerugian. Anda tentu perlu melakukan analisa mendalam terhadap jasa pertambangan yang akan Anda gunakan untuk menghindari kerugian.

Terakhir, berhati-hatilah dengan platform komputasi awan yang memiliki kendali penuh atas penghasilan Anda. Dianjurkan untuk memilih salah satu yang menawarkan tingkat otonomi tertentu ke dompet Anda.

 

Daftar Situs Cloud Mining

Setelah kami ulas tentang pengertian, jenis dan keuntungan cloudmining. Berikut lima website cloud mining terbaik yang bisa Anda coba sendiri.

1# Stormgain Cloud Mining

Stormgain adalah pertukaran cryptocurrency yang memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan berbagai aset digital, termasuk bitcoin dan cryptocurrency populer lainnya. Platform ini menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, biaya kompetitif, dan berbagai fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna membeli, menjual, dan memperdagangkan mata uang kripto.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Stormgain termasuk perdagangan margin, yang memungkinkan pengguna meminjam dana untuk meningkatkan daya beli mereka, dan aplikasi seluler yang memungkinkan pengguna mengakses platform saat bepergian.

 

2# Genesis Mining

Genesis Mining adalah salah satu perusahaan cloud mining terbesar yang menjalankan perangkat kerasnya sendiri yang canggih melalui berbagai algoritme. Diluncurkan pada 2013, platform ini adalah salah satu yang tertua saat ini.

Dengan pengalamannya dalam menyediakan layanan cloud mining, Genesis Mining memiliki keunggulan seperti memiliki berbagai pilihan paket dan cryptocurrency, tidak ada biaya pemeliharaan, dan pengguna dapat memilih fitur runtime 12 bulan atau 24 bulan untuk penambangan.

Genesis Mining sendiri merupakan salah satu platform terbaik untuk cloud mining Ethereum.

 

3# NiceHash

Diluncurkan pada tahun 2014, NiceHash adalah pionir kripto cloud mining. NiceHash adalah platform yang andal, menguntungkan, dan telah berkembang pesat untuk dapat memberikan layanan penambangan kepada penggunanya tanpa mengeluarkan biaya tinggi.

Hingga saat ini, NiceHash memiliki lebih dari 1.000.000 pekerja aktif harian, termasuk lebih dari 650.000 pengguna aktif harian dari 190 negara.

NiceHash memiliki beragam fitur unggulan yang bisa Anda pertimbangkan, seperti dapat diakses melalui perangkat iOS dan Android, cloud mining harian melalui lebih dari 30 algoritma, harga minimum order hanya 51,40 dollar AS untuk algoritma mining yang dipilih, dan berbagai keunggulan lainnya. .

Perhatikan bahwa tidak ada opsi kontrak di NiceHash. Anda dapat membeli dan membatalkan pesanan kapan saja dan mendapatkan dana Anda kembali tanpa dikurangi biaya pembatalan.

4# Shamining

Shamining adalah situs web platform cloud mining nomor satu yang dikenal oleh sebagian besar penambang aset kripto. Perusahaan yang berbasis di Inggris ini tampaknya menjadi salah satu platform paling menjanjikan dalam cryptocurrency saat ini.

Sejak 2018, Shamining memberikan layanan terbaik untuk pelanggan di seluruh dunia. Saat ini, Shamining memiliki lebih dari 17.000 pengguna yang menambang crypto tanpa perangkat keras khusus.

Penawaran yang dimiliki Shamining dan menjadi daya tarik bagi penggunanya adalah bonus tambahan bagi setiap member baru yang mendaftar di platform Shamining. Dengan membuat akun baru, Anda mendapatkan bonus 37 persen untuk menghasilkan lebih banyak cryptocurrency melalui penambangan.

5# IQMining

Anda juga dapat melakukan penambangan cloud cryptocurrency dengan platform IQMining. Platform inovatif, didirikan pada akhir 2016 dan berhasil menggabungkan cloud mining melalui berbagai algoritme dengan alat perdagangan Forex

IQMining telah menarik ribuan investor kripto yang menambang Bitcoin serta beberapa altcoin, seperti Litecoin, Ethereum, Dash, dan beberapa aset kripto lainnya selama empat tahun terakhir ini.

6# GMiners

Gminers, perusahaan Inggris yang berkembang pesat memberi investor crypto akses mudah ke cloud Bitcoin. Dengan membeli paket satu tahun, Anda memiliki peluang untuk mendapat untung besar. Pusat data GMiners sendiri terletak di Islandia, Kazakhstan, dan Georgia dengan area cerah dan berangin.

Sebagai situs cloud mining yang populer, Gminers memiliki berbagai kelebihan yang bisa dipertimbangkan oleh para penambang. Dengan hanya jumlah setoran minimum 500 dolar AS, Anda memiliki tingkat hasil rata-rata 150 persen. Nilai yang fantastis bukan?

Selain itu, platform ini dapat melakukan pembayaran harian dalam mata uang kripto dan memiliki beragam kontrak penambangan.

Jadi, mari cari tahu seberapa menguntungkan platform Gminers untuk cloud mining.
Dengan kontrak penambangan 5.000 dolar AS, Anda bisa mendapatkan hingga 600 dolar AS dalam satu bulan. Jadi, total keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan kontrak penambangan selama satu tahun bisa mencapai 7.200 dolar AS dalam bentuk Bitcoin.

 

Related Posts

Post a Comment