gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

COD Artinya dan Keuntungan Belanja dengan Sistem COD

Post a Comment

 COD artinya adalah - Banyak yang belum mengetahui apa itu COD dan bagaimana sistem COD dijalankan, sehingga seringkali membuat mereka bingung untuk membeli barang secara online.

COD sendiri berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis online dimana dalam menerapkan sistem transaksi dapat dilakukan saat barang sudah sampai di lokasi tujuan. Melalui sistem COD ini, banyak pihak yang diuntungkan, termasuk kedua belah pihak antara penjual dan pembeli.

Banyak marketplace jual beli online yang menerapkan sistem COD dalam pembayarannya, salah satunya jika Kamu berbelanja di Shopee. Dengan sistem COD ini akan lebih menguntungkan bagi pembeli karena kita akan mengetahui secara langsung kualitas dari produk yang akan kita beli.

Bagi Kamu yang belum mengetahui apa itu COD, kami akan menjelaskan secara singkat apa itu COD dan manfaatnya bagi Kamu.

 

Apa itu COD? COD Artinya Adalah

COD berasal dari singkatan bahasa Inggris Cash On Delivery atau jika dalam bahasa Indonesia merupakan pembayaran tunai yang dilakukan pada saat pengiriman barang tiba. Yang dimaksud dengan istilah COD adalah pembayaran yang dilakukan secara tunai pada saat barang yang dikirimkan oleh jasa ekspedisi tiba di lokasi tujuan.

Sistem COD sendiri menganut sistem pembelian online, sehingga pembeli yang melakukan pembelian secara online melakukan pembayaran secara tunai saat barang sampai di tempat tujuan pengiriman.

Pembayaran dengan metode COD merupakan bentuk kerjasama antara marketplace atau penjual secara langsung dengan jasa pengiriman atas paket yang dibeli. Jadi jika Kamu melakukan sistem pembayaran COD ini maka pihak ekspedisi akan menghitung ongkos kirim + harga barang yang Kamu beli untuk Kamu bayarkan saat barang sudah sampai di tempat tujuan pengiriman.

Salah satu jasa ekspedisi yang populer yang menerapkan sistem COD adalah J&T Express yang banyak digunakan pada sistem marketplace aplikasi Shopee dimana dalam mengimplementasikan aplikasi memudahkan pembayaran bagi pengguna aplikasi.

 

Keuntungan Menggunakan Sistem COD

Ada banyak keuntungan jika Kamu melakukan pembayaran dengan sistem COD ini. Keunggulan utama dari sistem pembayaran COD ini terutama dari sisi pembeli dimana jika pembeli tidak memiliki rekening untuk transfer pembayaran tentunya akan mempermudah dalam melakukan pembayaran.

Keuntungan lain dari sisi pembeli adalah dengan sistem COD ini, Kamu bisa mengecek dan mengecek kembali barang yang dibeli apakah barang yang dibeli cacat atau tidak. Dengan demikian pembeli memiliki kesempatan untuk mengembalikan barang kepada petugas pengiriman paket.

Sedangkan keuntungan dari sisi penjual adalah dengan menggunakan sistem COD akan menambah kepercayaan pembeli bahwa barang yang dijual benar-benar barang bagus dan sesuai dengan harapan pembeli.

Selain itu, metode COD memudahkan pembeli untuk mempromosikan produk yang mereka jual, terutama produk yang membutuhkan kepercayaan untuk melakukan penjualan sehingga pembeli percaya bahwa produk yang mereka beli bagus.

 

Kelemahan Sistem COD (Cash On Delivery)

Selain memiliki kelebihan, tentunya sistem COD ini juga memiliki kelemahan tersendiri yang harus ada. Kelemahan sistem COD terutama dirasakan dari sisi penjual dimana masih banyak pembeli yang belum mengetahui aturan pembelian sistem COD.

Banyak pembeli yang mengembalikan pembelian produk COD padahal barang yang dikirim sesuai dengan yang dibeli. Hal ini tentu merugikan pihak jasa pengiriman dan penjual karena pembeli tidak membaca deskripsi produk yang dijual dengan teliti.

Banyak kasus yang viral karena sistem COD tidak diketahui oleh pembeli, apalagi jika barang dibuka namun pembeli tidak mau membayarnya. Padahal aturan COD kebanyakan kalau mau buka produk yang sudah dibeli pembeli harus bayar kurir dulu. Namun yang terjadi di lapangan adalah kurir yang menjadi outlet pembeli karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan versi pembeli.

Sedangkan kerugian dari pihak pembeli adalah jika barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan, namun harus membayar produk tersebut kepada kurir saat barang sudah sampai. Terkadang banyak juga penjual atau penjual online yang melakukan kecurangan dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan produk yang dibeli, hal ini sering terjadi walaupun tidak semuanya melakukan penipuan.

 

COD Artinya - Penutup

Demikian ulasan ilmuskripsi tentang COD dan artinya yang dapat kami sampaikan kepada Kamu. Pembelian dengan sistem COD tentunya semua dikembalikan kepada pembeli dan penjual yang harus bijak dalam memberikan pelayanan dan merespon jika terjadi kesalahan dalam menggunakan sistem pembayaran COD ini.

Semoga artikel yang kami sampaikan tentang COD dan artinya bermanfaat untuk Kamu sehingga menambah wawasan Kamu dalam berbelanja online.

 

Related Posts

Post a Comment