gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Situs Online

Post a Comment

Cara mengecilkan ukuran foto - Foto adalah sarana untuk menggambarkan secara visual suatu objek dalam bentuk momen, gambar objek atau citra diri seseorang. Tujuan dari adanya foto adalah agar suatu objek dapat dideskripsikan dengan jelas walaupun tidak melihat wujudnya secara langsung.

Di era modern ini sudah banyak teknologi atau alat untuk membuat foto misalnya melalui kamera handphone atau kamera fotografi untuk mengabadikan setiap momen yang ada. Berbagai kebutuhan foto di era modern ini banyak sekali kegunaannya seperti mengabadikan momen, mengabadikan peristiwa, sebagai sarana mengabadikan seseorang dan lain sebagainya.

Sebagai contoh adalah penggunaan foto untuk melamar pekerjaan, tentunya diperlukan spesifikasi khusus untuk melampirkan foto diri Kamu dengan ukuran tertentu atau dengan kata lain memperkecil ukuran resolusi foto.
Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada kamu bagaimana cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah untuk berbagai kebutuhan.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Ada banyak tools atau aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran foto yang kamu miliki. Berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk memperkecil ukuran foto mudah didapatkan secara gratis. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto.

Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint

Paint adalah aplikasi Microsoft Windows bawaan yang dapat Kamu gunakan untuk memperkecil ukuran foto. Aplikasi sederhana ini dibuat sebagai aplikasi tambahan untuk menggambar sederhana di Microsoft Windows. Selain fungsi utamanya, belum banyak yang tahu bahwa aplikasi paint ini juga bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto.

Cara mengecilkan ukuran foto melalui paint sangat mudah dilakukan. Pertama-tama kamu harus menyiapkan foto yang harus kamu reduksi. Kemudian buka aplikasi paint pada program microsoft windows kamu dengan menekan icon windows --> all program --> accessories --> Paint.

Langkah selanjutnya setelah aplikasi paint terbuka, drag and drop foto ke home screen aplikasi paint seperti gambar dibawah ini.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Contoh gambar di atas adalah foto bawaan Windows dengan resolusi 1024 x 768 piksel. Untuk memperkecil ukuran foto Kamu, Kamu cukup menekan ikon ubah ukuran seperti ikon yang telah diblokir kotak merah pada gambar di atas.

Kamu akan diperlihatkan halaman untuk mengatur ukuran resolusi piksel pada foto. Pilih piksel seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Dalam hal ini kami menyediakan ukuran terbaru menjadi 500 x 281 piksel. Tekan tombol ok untuk melanjutkan.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Situs Online


Setelah ukuran foto kamu diperkecil, langkah selanjutnya adalah merapikan foto kamu dengan cara cropping foto tersebut. Untuk melakukan ini, pilih menu pilih seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, lalu seret dan jatuhkan lokasi foto yang ingin Kamu potong.

Setelah selesai maka kamu tekan icon crop yang terletak disebelah kanan pilih menu. Maka hasil cropping foto akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Situs Online

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah simpan sebagai foto yang sudah jadi dengan memilih Menu --> Save As --> JPEG Picture. Kemudian pilih lokasi untuk menyimpan foto. Untuk lebih jelasnya, Kamu dapat melihat seperti pada gambar di bawah ini.

Jika sudah disimpan, ukuran resolusi foto dan kapasitas berat akan berubah. Sebelumnya ukuran kapasitas 762 kb, sekarang menjadi 60 kb. Seberapa mudah bukan untuk mengecilkan ukuran foto dengan aplikasi paint ini?


Mengecilkan Foto Melalui Situs Online

Langkah selanjutnya selain melalui cara diatas, cara meengecilkan ukuran foto lainnya kamu bisa melalui website situs online. Ada banyak situs penyedia pengurangan ukuran foto secara online yang bisa Kamu lakukan, kami akan memberikan referensi beberapa situs pengurangan ukuran foto yang bisa Kamu gunakan.

1# Cara memperkecil ukuran foto melalui Picresize

Untuk cara mengecilkan ukuran foto secara online, Kamu bisa melalui situs picresize.com. Di dalamnya memberikan kemudahan mengubah ukuran ukuran foto dengan mudah. Cara kamu mengunjungi situs picresize sesuai dengan alamat url diatas.

Setelah itu, Kamu tinggal memilih foto yang ingin diperkecil ukurannya melalui fitur menu yang disediakan dengan cara drag and drop. Kemudian cukup tekan tombol lanjutkan untuk mengedit gambar dan ikuti petunjuk selanjutnya.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Situs Online

Dari halaman di atas, Kamu bisa melakukan berbagai pengaturan foto sesuai keinginan, seperti cropping foto, merotasi foto, dan memilih resolusi foto yang ingin diturunkan nilainya berapa persen.

Selain itu juga terdapat fitur untuk membuat efek foto menjadi lebih menarik sehingga melengkapi fitur yang disediakan pada situs picresize ini.

Dengan memperkecil ukuran foto ini kamu dapat dengan mudah melakukan editing resolusi foto tanpa harus mendownload aplikasi untuk memperkecil ukuran foto.

 

2# Cara mengecilkan ukuran foto melalui IloveImg

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya adalah melalui situs iloveimg.com. Dengan cara yang hampir sama seperti sebelumnya, Kamu cukup mengunjungi situs tersebut dan menyiapkan foto yang ingin diperkecil ukurannya.

Kamu tinggal drag and drop foto yang sudah Kamu siapkan, kemudian situs akan memprosesnya dengan cepat sesuai ukuran yang Kamu inginkan. Setelah foto kamu masuk, lakukan pengaturan ukuran foto yang diinginkan, lalu lakukan proses mengubah ukuran gambar.

Selain itu, melalui situs ini juga terdapat fitur lain seperti mengubah gambar menjadi format JPEG, mengompresi gambar, memotong gambar dan melakukan pengeditan foto lainnya yang dapat dilakukan dengan mudah secara online. Ada juga pilihan untuk mengecilkan foto berdasarkan persentase dari ukuran foto aslinya.

Tentunya dengan kemudahan fitur ini, Kamu dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk melakukan berbagai macam manipulasi ukuran foto yang Kamu miliki.

 

3# Cara meengecilkan ukuran foto melalui situs Adobe Express

Cara mengecilkan ukuran foto terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah melalui Adobe Express. Situs ini merupakan situs layanan dari perusahaan raksasa Adobe untuk kemudahan pengguna foto dalam mengubah ukuran foto yang dimilikinya.
Cara membuat foto lewat adobe express cukup mudah dilakukan, pertama kunjungi situs express.adobe.com/tools/image-resize. Dan siapkan foto-foto yang Kamu miliki.

Langkah selanjutnya adalah mengupload foto pada kolom yang tersedia di situs dengan cara drag and drop foto yang Kamu miliki.

 

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Melalui Situs Online

Kamu dapat melakukan kebutuhan resize foto sesuai dengan yang telah disediakan di website Adobe Express. Pilihannya adapun kebutuhan instagram, facebook, twitter, youtube dan lainnya yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Selain opsi pengaturan ukuran foto di atas, Kamu juga bisa melakukan pengaturan ukuran custom sesuai dengan kebutuhan ukuran yang Kamu miliki. Setelah selesai, Kamu cukup menekan tombol unduh untuk melihat foto akhir.

Untuk mengubah ukuran foto melalui Adobe Express, tujuan utamanya adalah memanipulasi foto untuk kebutuhan media sosial. Fitur ini sangat cocok bagi Kamu yang ingin mengubah ukuran foto untuk kebutuhan media sosial.

 

Penutup

Ulasan kami diatas adalah cara mengecilkan ukuran foto sesuai dengan artikel yang kamu cari. Beberapa poin perlu kami rangkum dari teknik cara memperkecil ukuran foto agar lebih mudah Kamu ingat. Dan berikut adalah rangkuman cara mengecilkan ukuran foto diatas.

  1. Cara mengecilkan ukuran foto melalui aplikasi windows paint.
  2. Cara mengecilkan ukuran foto melalui situs picresize online.
  3. Cara mengecilkan ukuran foto melalui situs online iloveimg.
  4. Cara mengecilkan ukuran foto melalui situs online Adobe Express.

Demikian ulasan kami tentang artikel dengan judul cara mengecilkan ukuran foto, semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kamu.

 

Related Posts

Post a Comment