gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Apa itu Portofolio Kerja? Pengertian, Contoh dan Manfaatnya

Post a Comment

Apa itu Portofolio Kerja? Bagi Kamu yang masih membutuhkan lebih banyak pengalaman kerja, tentunya Kamu bertanya-tanya apa itu portofolio kerja dan seperti apa contoh portofolio kerja yang diharapkan perusahaan untuk mempekerjakan karyawan.

Wajar jika Kamu adalah seorang fresh graduate yang belum banyak menimba pengalaman, sehingga belum memiliki portofolio kerja. Kamu tidak perlu berkecil hati karena membangun portofolio kerja adalah sesuatu yang membutuhkan kerja.

Dibutuhkan proses dan pengalaman untuk menghasilkan portofolio karya; Oleh karena itu, bagi Kamu yang baru terjun ke dunia kerja, ini merupakan tantangan bagi Kamu. Berikut akan kami jelaskan pada artikel kali ini apa itu portofolio kerja dan bagaimana caranya agar kami bisa memiliki portofolio dari pekerjaan yang kami lakukan, simak penjelasan kami di bawah ini.

Apa itu Portofolio Kerja


Apa itu Portofolio Kerja?

Portofolio pekerjaan adalah hasil yang harus ditunjukkan kepada seseorang tentang pekerjaan kita. Portofolio memiliki berbagai jenis, yang dapat berupa portofolio soft skill atau portofolio keterampilan yang menantang.

Contoh portofolio keterampilan yang rumit adalah di mana Kamu dapat membuat dan mengerjakan banyak desain logo dari perusahaan terkenal.

Contoh portofolio pekerjaan soft skill termasuk pekerjaan yang ditangani dari proses A sampai Z. Biasanya jenis pekerjaan berkaitan dengan karir manajerial dalam suatu perusahaan, baik yang dilakukan di lapangan maupun di kantor.

 

Apa Itu Arti Portofolio Kerja Dalam Bidang Lain

Portofolio memiliki banyak arti menurut berbagai latar belakang di bidang keahliannya. Sebaliknya, jika portofolio berada dalam konteks sebuah karya seni, maka dapat diartikan bahwa portofolio adalah kumpulan karya seni yang dibuat oleh seorang seniman.

Selain itu, portofolio juga dapat diartikan dalam bidang saham. Dalam hal ini, portofolio saham adalah kumpulan investasi saham yang dimiliki oleh seorang investor. Bagaimana sampai di sini ada gambaran tentang apa itu portofolio?

Untuk memahami berbagai arti dari portofolio, Kamu harus menganalisis tujuan kata portofolio di berbagai bidang sehingga Kamu akan lebih tahu tentang definisi portofolio sesuai dengan konteks yang dimaksud.

 

Fungsi Portofolio

Setelah mengetahui apa itu portofolio kerja, langkah selanjutnya adalah memahami bagian-bagian dari portofolio. Dalam sebuah portofolio kerja, ada fungsi-fungsi yang harus Kamu ketahui. Berikut ini adalah fungsi dari portofolio kerja.

  1. Sebagai gambaran prestasi yang telah diraih dalam bidang pekerjaan. 2. Sebagai dokumentasi pekerjaan yang telah dilakukan.
  2. Uraian tentang keahlian seseorang dalam bidang tertentu. 4. Sebagai sumber informasi bagi pihak lain yang membutuhkan portofolio kerja.
  3. Sebagai sarana demonstrasi secara tertulis melalui portofolio yang dimiliki. 6. Menentukan kriteria perusahaan untuk melihat sejauh mana kemampuan seseorang melalui portofolionya.

 

Manfaat Portofolio Kerja

Setelah Kamu mengetahui fungsi portofolio kerja, maka Kamu harus memahami seberapa besar manfaat yang Kamu miliki jika memiliki portofolio kerja. Berikut adalah keuntungan jika Kamu memiliki portofolio pekerjaan.

1 # Menggambarkan keterampilan

Manfaat pertama yang Kamu dapatkan jika memiliki portofolio pekerjaan adalah perusahaan akan memiliki gambaran yang lebih detail tentang keahlian Kamu.

Dengan demikian potensi Kamu untuk diterima bekerja akan lebih tinggi. Selain itu, melalui portofolio kerja, Kamu juga akan dinilai seberapa pintar Kamu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang telah dilakukan.

2# Meningkatkan kredibilitas

Manfaat lain jika Kamu memiliki portofolio kerja adalah dapat meningkatkan kredibilitas Kamu di mata orang lain atau perusahaan. Melalui portofolio, orang lain akan melihat pekerjaan yang telah dilakukan

memiliki hasil yang baik dari membangun kepercayaan dengan klien dan komunikasi dengan rekan kerja hingga hasil pekerjaan.

3# Dapatkan lebih banyak peluang

Dengan portofolio pekerjaan, Kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk dipekerjakan atau diterima oleh klien dalam mengajukan proposal tawaran pekerjaan. Semakin banyak portofolio yang Kamu miliki, semakin besar peluang Kamu untuk memenuhi syarat.

4# Sebagai sarana persaingan yang sehat

Memiliki portofolio pekerjaan dapat menjadi sarana persaingan yang sehat untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam melamar pekerjaan atau mengajukan proyek, kami menghadapi banyak pesaing, sehingga kami melampirkan portofolio pekerjaan untuk membedakan diri dari orang lain dan lebih berpotensi untuk diterima.

 

Apa itu Portofolio Kerja - Penutup

Setelah kita membahas berbagai pengertian portofolio kerja dan manfaat memiliki portofolio kerja, kita sampai pada akhir pembahasan artikel ini. Tips kami bagi mereka yang tidak memiliki portofolio kerja adalah membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar Kamu.

Lakukan magang kerja jika Kamu masih perlu mendapatkan portofolio kerja. Kamu akan mendapatkan pengalaman kerja melalui pelatihan, dan Kamu dapat mengubahnya menjadi portofolio. Selain itu, kamu juga harus memperbanyak skill yang harus kamu miliki untuk membuat portofolio.

Demikian artikel kami mengenai portofolio kerja, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan dapat menambah wawasan kamu tentang apa itu portofolio kerja.

Related Posts

Post a Comment