gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa Itu Akuntansi? Definisi, Manfaat dan Tujuan Akuntansi

Post a Comment

Akuntansi adalah - Apa itu akuntansi? Ilmu akuntansi umumnya dikenal sebagai ilmu yang berhubungan dengan perhitungan, tetapi analisis yang dilakukan bukanlah perhitungan sederhana. Dibutuhkan pikiran yang bijak dan jeli untuk menjadi ahli dalam bidang ilmu yang satu ini.

Bagi mereka yang memiliki otak tipis, menjadi seorang akuntan adalah impian kebanyakan orang. Meski demikian, untuk menjadi ahli di bidang akuntansi tentunya membutuhkan pengetahuan yang mumpuni karena salah perhitungan akan berakibat fatal bagi laporan keuangan yang dibuat.

Apa Itu Akuntansi

Sebagian besar akuntan memiliki keterampilan di atas rata-rata karena harus memiliki ketelitian yang cermat. Hal ini membuat seorang akuntan mahal jika bekerja di perusahaan yang bonafid karena merupakan sumber dari laporan yang relevan dan tepat yang dibuat sehingga dapat menjadi acuan perusahaan untuk mengambil langkah-langkah pengambilan keputusan ke depan.


Apa itu Akuntansi? Akuntansi Adalah

Banyak para ahli yang mendefinisikan pengertian elaborasi akuntansi, dan beberapa dari para ahli tersebut tentunya memiliki keahlian di bidangnya untuk menjadi referensi akademis sehingga apa yang mereka ketahui tentang akuntansi dapat dibagikan kepada masyarakat. Berikut adalah beberapa definisi akuntansi.

Menurut S. Munawir Akuntansi adalah

Suatu proses pencatatan klasifikasi dan ikhtisar suatu peristiwa keuangan secara tepat untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat diinterpretasikan.

Menurut Paul Grady

Akuntansi adalah bagian dari ilmu fungsi organisasi secara sistematis, cara pencatatan yang otentik. Mengolah dan menganalisa semua transaksi keuangan untuk dijadikan laporan sebagai informasi yang dibutuhkan oleh manajemen untuk mengambil keputusan.

Menurut Sunyanto (1999), Akuntansi adalah

Mendefinisikan akuntansi adalah mengumpulkan, mencatat, mengklasifikasikan dan mengidentifikasi banyak transaksi keuangan untuk memperoleh hasil interpretasi untuk pengambilan keputusan.

Soemarsono SR (2004)

Akuntansi adalah proses mengidentifikasi dan mengukur data untuk melaporkan informasi keuangan guna menghasilkan pertimbangan dan keputusan yang tegas dan jelas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Menurut Suparwoto

suatu teknik untuk mengelola dan mengelola transaksi untuk memberikan laporan berupa informasi kepada perusahaan secara internal dan eksternal, seperti investor, kreditur, serikat pekerja, dll.

Tujuan Akuntansi Adalah

Tujuan akuntansi secara umum adalah untuk mencatat dan mengumpulkan informasi laporan keuangan yang masuk dan keluar dari arus kas dalam suatu perusahaan untuk digunakan sebagai keputusan oleh manajemen.

Selain itu, ada juga tujuan akuntansi secara umum khususnya akuntansi kualitatif yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah tujuan akuntansi dari ketiga kategori tersebut.

Tujuan Akuntansi Khusus

tujuannya adalah untuk memperoleh informasi keuangan yang relevan berdasarkan entri dan keluar keuangan perusahaan berdasarkan prinsip dan aturan akuntansi. Laporan keuangan secara teknis meliputi neraca, laba rugi perusahaan dan lain-lain yang berhubungan dengan perusahaan.

Tujuan Akuntansi Umum

Selain tujuan khusus di atas, ada juga tujuan akuntansi umum yang kami rangkum dalam poin-poin berikut.

  1. Menjelaskan berbagai informasi keuangan perusahaan.
  2. Memberikan berbagai informasi tentang perubahan berbagai sumber ekonomi perusahaan.
  3. Memberikan gambaran keuangan tentang sumber daya ekonomi perusahaan, yang meliputi aset, utang, dan modal.
  4. Untuk mengetahui keuntungan dan kerugian suatu perusahaan. Memberikan informasi tentang aset dan kewajiban dalam perusahaan.

Tujuan Akuntansi Kualitatif

Memberikan informasi data keuangan yang sesuai dan relevan. Memberikan laporan yang mudah dipahami oleh pihak terkait yang membutuhkan info tersebut.

Kami menyajikan informasi transaksi secara real time secepat mungkin. Memberikan informasi berdasarkan prinsip GAAP (Generally Accepted Accounting Principles) dan menghasilkan data yang telah diuji validitas dan kebenarannya.

 

Manfaat Akuntansi

Akuntansi memiliki manfaat bagi suatu perusahaan, dari manfaat tersebut tentunya akan kembali memberikan hasil yang positif bagi manajemen perusahaan. Berikut adalah manfaat akuntansi.

  1. Sebagai bahan evaluasi keuangan perusahaan.
  2. Sebagai sarana informasi keuangan bagi pihak terkait yang membutuhkan.
  3. Sebagai bukti keuangan bahwa perusahaan dijalankan berdasarkan peraturan.
  4. Sebagai acuan bagi perusahaan, apakah bisnis berjalan sehat atau tidak.

Dari berbagai manfaat tersebut, yang paling penting pemanfaatannya adalah menjaga agar perusahaan tetap berjalan sesuai aturan. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak bangkrut karena kesalahan pencatatan keuangan.

Demikian ulasan ilmusrkipsi.com mengenai definisi akuntansi. Tentunya dari berbagai bidang akademik, ada banyak hal yang berhubungan dengan akuntansi untuk Anda pelajari lebih lanjut tentang akuntansi.

Related Posts

Post a Comment