gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Inflasi? Pengertian, Penyebab dan Dampak Inflasi

Post a Comment

Apa itu inflasi? Banyak dari pertanyaan ini ditanyakan oleh mereka yang tidak terbiasa dengan istilah ekonomi. Hal ini tentu saja dikarenakan banyak istilah ekonomi yang rumit untuk dipahami bagi mereka yang tidak mengikuti perkembangan ekonomi di Indonesia. Apalagi bagi mereka yang memang memiliki keterbatasan dalam dunia pendidikan. 

Kata inflasi sering terdengar di media televisi sebagai gambaran berita tentang kondisi perekonomian di negara kita. Tidak sedikit masyarakat awam yang belum mengetahui tentang pengertian inflasi itu sendiri, meskipun sering mendengar kata tersebut.

Apa itu Inflasi

Setidaknya sebagai orang yang tidak dalam bidang ekonomi, kita harus mengetahui sendiri tentang apa itu inflasi dan memahami dampak jika terjadi inflasi. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas tentang apa itu inflasi dan dampak ekonomi jika terjadi inflasi. Simak ulasan kami tentang artikel ini lebih lanjut.

 

Apa itu Inflasi? 

Jika diartikan secara bahasa inflasi adalah penurunan nilai mata uang yang disebabkan oleh terlalu banyaknya uang yang beredar di masyarakat sehingga menyebabkan harga barang naik. 

Sedangkan inflasi adalah keadaan suatu negara dimana harga-harga barang dan jasa naik dalam waktu yang lama yang menyebabkan ketidakstabilan perekonomian akibat ketidakseimbangan antara uang yang beredar dengan barang yang tersedia. 

Penyebab utama terjadinya inflasi adalah peredaran uang di masyarakat yang terlalu banyak dan tidak seimbang dengan ketersediaan barang. Sehingga nilai mata uang menurun dan tidak ada harga, inflasi yang berkepanjangan juga akan menyebabkan kebangkrutan suatu negara. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah kesalahan pemerintah dalam mengelola keuangan negara.

 

Apa Itu Penyebab Inflasi?

Banyak faktor penyebab terjadinya inflasi di suatu negara. Dari berbagai faktor tersebut, nantinya Kamu bisa menilai, sesuai dengan kondisi yang terjadi di negara-negara di dunia, apakah termasuk dalam kategori negara yang terkena inflasi. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya  inflasi. 

1# Peredaran Uang Tinggi

Salah satu faktor penyebab inflasi di suatu negara adalah peredaran uang yang terlalu tinggi di masyarakat, sehingga nilai mata uang tidak memiliki nilai lagi. Dampak dari tidak stabilnya peredaran uang yang banyak dipegang oleh masyarakat adalah uang tidak dapat digunakan sebagai alat tukar untuk jual beli, sehingga barang dan jasa harus diperoleh dengan sistem barter. 

2# Naiknya Biaya Produksi 

Selain faktor jumlah uang beredar, biaya produksi yang tinggi merupakan faktor lain penyebab inflasi. Hal ini mengakibatkan dampak ekonomi yang mengular sehingga satu sama lain terkena dampak tersebut. Kenaikan biaya produksi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti harga bahan bakar yang rendah dan tinggi serta upah karyawan yang tinggi. 

3# Meningkatnya Permintaan

Faktor terakhir penyebab inflasi adalah meningkatnya jumlah permintaan barang yang tidak seimbang dengan jumlah produksi. Jika hal ini dibiarkan dan terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama, maka akan terjadi ekonomi inflasi yang memiliki dampak berantai pada produk. 

Misalnya, jika harga minyak goreng naik 100% dan tidak bisa turun dalam waktu lama, maka harga bahan makanan lainnya juga akan naik. Dampak ini pada akhirnya akan menyebabkan inflasi berkepanjangan jika diatasi setelah beberapa waktu.

 

Dampak Inflasi 

Inflasi memiliki dampak yang mengerikan terhadap perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, banyak negara yang berhati-hati dalam mengelola perekonomiannya agar stabilitas ekonomi selalu terjaga dengan baik. Dampak buruk dari inflasi yang berkepanjangan adalah perekonomian akan lesu, daya beli masyarakat akan menurun, sehingga siklus ekonomi tidak akan berjalan dengan baik. 

Selain itu, inflasi juga dapat mempengaruhi nilai mata uang suatu negara yang dapat menyebabkan tingginya biaya transaksi ekspor-impor antar negara. Tentu hal ini sangat merugikan suatu negara. 

Banyak orang akan hidup hemat dan enggan menghabiskan uang yang dimilikinya. Akibatnya, uang tidak berputar, dan pertumbuhan ekonomi suatu negara akan lambat dan stagnan. Selain itu, semakin lama nilai mata uang juga semakin melemah dan tidak memiliki nilai.

 

Apa Itu Inflasi - Penutup

Setelah kami menjelaskan apa itu inflasi, tentunya Kamu lebih memahami arti dan definisi dari sebuah arti kata inflasi. Yang lebih penting adalah Kamu lebih sadar akan dampak negatif inflasi yang terjadi di suatu negara yang menyebabkan ketidakstabilan ekonomi.

Demikian ulasan kami mengenai artikel tentang inflasi yang dapat kami sajikan. Semoga artikel review kami dapat mencerahkan arti inflasi dan menambah wawasan bagi Kamu.

Related Posts

Post a Comment