gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube untuk Pemula

Post a Comment

Cara mendapatkan uang dari Youtube - Youtube adalah platform berbagi video paling populer di dunia. Banyak tersedia video di Youtube dibuat oleh para konten kreator dengan berbagai macam topik. Dengan adanya aplikasi ini, kreativitas dalam berbagai bidang dikemas dalam bentuk video yang dapat memberikan informasi dan hiburan bagi para penontonnya.

Selain itu YouTube juga bisa mendapatkan penghasilan yang sangat menjanjikan jika ditekuni. Banyak orang yang sukses mengembangkan karir di Youtube atau bisa disebut Youtuber. Dengan performa dan kreativitas yang konsisten, bukan tidak mungkin Kamu bisa kaya hanya dengan menjadi content creator YouTube. Banyak sekali orang yang ingin belajar cara mendapatkan uang dari Youtube.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Pada kesempatan artikel kali ini, kami akan mengulas tentang cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula. Anggap saja sebelum Kamu terjun ke dunia Youtuber, ada banyak hal yang harus Kamu ketahui sebelum melangkah lebih jauh.

 

Langkah Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

1# Buat Akun

Langkah pertama cara mendapatkan uang dari youtube, sebelum kamu masuk ke dunia youtube tentunya kamu harus memiliki akun channel untuk berbagi video. Caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu membuat email gmail yang disediakan oleh Google. Setelah Kamu membuat email, cukup login ke email tersebut lalu buka situs studio.youtube.com untuk membuat channel YouTube.

Halaman diatas adalah halaman youtube studio yang nantinya berfungsi untuk mengupload hasil video kamu di youtube, monetize, view subscriber, channel analytics dan lainnya. Untuk hal-hal teknis terkait fitur dan fungsi halaman YouTube Studio, Kamu dapat mempelajarinya lebih lanjut dengan mencari informasi lebih dalam di Google.

2# Tentukan Topik Konten Video

Setelah Kamu memiliki saluran di Youtube, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube, yang terpenting adalah Kamu harus memutuskan video apa yang ingin Kamu bicarakan. Sebaiknya untuk hal ini, jangan asal memilih topik video atau mengisinya dengan konten yang asal-asalan.

Langkah awal ini akan berpengaruh pada peningkatan subscriber dan jumlah jam tayang yang ditonton oleh audiens Kamu. Carilah topik video yang banyak diminati masyarakat, biasanya pemirsa video sangat tertarik dengan hal-hal seperti konten pendidikan di bidang pertanian, peternakan, teknik mesin, las, otomotif, budidaya, hiburan, hobi, inspirasi wirausaha dan yang lain.

Jika Kamu masih bingung, carilah topik yang berhubungan dengan hobi Kamu karena ini akan memacu kreativitas Kamu untuk membuat video. Sebelum membuat video tentunya kamu harus memiliki ilmu untuk kamu bagikan kepada para penonton, misalkan jika kamu hobi memelihara kucing maka buatlah video tentang hobi kamu mulai dari cara merawat kucing dan yang berhubungan dengan pemeliharan kucing lainnya.

 

3# Cara Menghasilkan Uang di Youtube - Buat video secara rutin

Langkah tersulit untuk menjadi youtuber adalah konsisten dan harus meluangkan waktu, cara mendapatkan uang dari youtube tidak bisa instan, selain membuat video juga harus belajar editing video. Untuk edit video, kamu bisa edit video lewat hp menggunakan aplikasi seperti Kinemaster atau Capcut.

Kamu harus memproduksi video secara rutin, baik seminggu sekali atau dua minggu sekali. Semakin sering Kamu membuat video, semakin cepat langkah untuk memonetisasi video Kamu. Gunakan judul video yang sering dicari oleh banyak orang, jangan gunakan judul video dengan spesifikasi khusus kecuali kamu sudah memiliki subscriber yang rutin menonton video kamu.

Misalnya kamu punya channel tentang konten kucing kemudian membuat video tentang perawatan kucing, maka buatlah video dengan judul "cara memberi makan kucing yang benar", jangan beri judul "Cara saya memberi makan kucing" atau "kucingku saya beri makananan yang sehat".

Ini harus dihindari jika Kamu belum memiliki banyak subscriber. Karena kebanyakan orang akan mencari pencarian Youtube pasti lebih suka kata kunci secara umum. Dan para penonton video belum mengenal Kamu, jadi tujuannya agar video Kamu muncul di pencarian Youtube dan video Kamu ditonton banyak orang.

 

4# Konsisten Membuat 30 Video Pertama

Jika channel YouTube Kamu masih baru fokuslah pada kualitas konten Kamu, cara mendapatkan uang dari Youtube tidak bisa instan dan jangan terburu-buru untuk segera memonetisasi video dengan mengabaikan kualitas video. Buat video hingga 30 video untuk menganalisis saluran Kamu. Tujuannya agar dari 30 video tersebut, penonton terbanyak pasti ada di video dengan judul yang harus Kamu perhatikan.

Dari video yang paling banyak ditonton oleh penonton dengan mencari kata kunci pencarian di Youtube, tentunya dapat dilakukan langkah analisis untuk membuat video yang mirip dengan video tersebut. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan penonton, semakin banyak Kamu membuat video serupa, semakin banyak orang yang akan menontonnya dan otomatis mereka akan berpotensi untuk berlangganan ke saluran Kamu.

Saya sarankan kamu untuk meminimalisir membagikan video atau meminta teman atau kerabat kamu untuk berlangganan karena ini akan sia-sia. Lebih baik menemukan penonton yang benar-benar membutuhkan informasi dari video Kamu daripada membagikan video yang hanya mereka tonton sesekali tanpa loyalitas rutin jika Kamu mengupload video baru.

 

5# Buat video berdurasi lebih dari 10 menit

Tidak ada yang mustahil bagi mereka yang mau bekerja keras dan kreatif membuat ide untuk dipresentasikan kepada penonton. Selain kualitas video, durasi video yang panjang menjadi hal lain yang perlu Kamu pertimbangkan.

Saya sarankan untuk setiap video yang kamu buat minimal 10 menit, hal ini bertujuan untuk menambah durasi penayangan kamu. Sebagai informasi tambahan untuk Kamu, Youtube membuat peraturan untuk channel yang dapat dimonetisasi/diiklankan adalah yang memiliki minimal 1000 subscriber dan jam tayang/video yang telah ditonton minimal 4000 jam dari total video yang Kamu miliki.

Semakin banyak video yang Kamu buat, semakin cepat Kamu mencapai 4.000 jam penayangan sebagai syarat untuk mendaftar Google Adsense (platform Google untuk memasang iklan). Cara mendapatkan uang dari Youtube yang satu ini adalah dengan menampilkan iklan di video Kamu.

 

6# Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube - Daftar Google Adsense Youtube

Setelah channel Kamu memiliki minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam setahun terakhir, maka channel Kamu sudah bisa didaftarkan untuk iklan. Buka dashboard studio.youtube.com , di halaman tersebut akan ada menu monetisasi video dengan menautkan akun youtube kamu ke akun Google Adsense.

Google Adsense adalah cara mendapatkan uang dari Youtube untuk pemula yang bisa memberikan pembayaran rutin setiap bulan jika iklan yang muncul di video Kamu sudah mencapai saldo minimum untuk penarikan uang. Saldo Adsense minimal sendiri adalah jika channel Kamu sudah mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 1.300.000 per bulan.

Yang perlu digarisbawahi adalah kamu harus menghindari pembuatan video plagiarisme atau menjiplak atau mencuri video orang lain, memberikan backsound/musik video ilegal dan konten lainnya yang dilarang oleh Youtube. Ini akan sia-sia karena saluran Kamu tidak akan dapat didaftarkan di Google Andsense Youtube atau dengan kata lain saluran tersebut akan ditolak oleh Google untuk menayangkan iklan.

 

Penutup

Pembahasan diatas adalah tips dari kamu untuk kamu yang ingin belajar cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula. Kamu bisa mengikuti langkah diatas dengan konsisten agar channel youtube yang Kamu bangun menghasilkan.

 

Related Posts

Post a Comment