gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Koperasi Simpan Pinjam Pengertian, Peran dan Fungsinya

Post a Comment

Koperasi Simpan Pinjam adalah lembaga keuangan yang bergerak di bidang penghimpunan dana masyarakat dalam skala mikro yang memiliki produk penerimaan simpanan dan pinjaman modal kepada masyarakat. Koperasi Simpan Pinjam atau biasa disingkat KSP adalah salah satu roda penggerak perekonomian masyarakat dalam skala mikro yang keberadaannya sangat dibutuhkan.

Koperasi Simpan Pinjam

Melalui peraturan pemerintah No. 9 Tahun 1995 Pasal 19 dalam undang-undang tentang koperasi menyebutkan dua kegiatan pokok koperasi simpan pinjam adalah menghimpun dana atau simpanan berjangka dan memberikan pinjaman kepada anggota koperasi, calon anggota koperasi dan koperasi lain yang telah bekerjasama.

Dengan demikian, melalui unit kegiatan koperasi simpan pinjam ini perekonomian masyarakat akan bergerak dan berkembang untuk mendukung pelaku usaha kecil dan mikro serta mendukung perekonomian nasional.

 

Fungsi Koperasi Simpan Pinjam

Setelah kita mengetahui tentang pengertian koperasi simpan pinjam selanjutnya adalah membahas fungsi dan tugas dari koperasi. Setiap koperasi yang didirikan memiliki fungsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Berikut ini adalah fungsi dari koperasi simpan pinjam.

  1. Menghimpun dana berupa simpanan dan simpanan dari anggota koperasi.
  2. Memberikan tambahan modal bagi anggota dan calon anggota untuk kegiatan usaha.
  3. Memberikan bantuan dan menyalurkan dana kepada anggota yang memiliki kebutuhan mendesak.
  4. Memberikan kesejahteraan kepada anggota melalui bantuan keuangan untuk perputaran ekonomi dengan proses yang mudah dan cepat.
  5. Melayani kegiatan ekonomi lainnya yang berkaitan dengan permodalan.

Selain anggota koperasi, anggota non koperasi juga dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh koperasi, asalkan memenuhi persyaratan yang diberikan. Dengan demikian, keberadaan koperasi dapat meningkatkan ekonomi yang kuat antar koperasi, anggota dan bukan anggota koperasi.

 

Peran Koperasi

Selain fungsi koperasi juga memiliki peranan penting dengan keberadaannya. Dengan peran koperasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara masyarakat dengan berbagai kebutuhan modal yang stabil dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Disinilah peran penting koperasi.

  1. Menerapkan bunga rendah sesuai kemampuan masyarakat untuk menghindari pinjaman liar yang merugikan anggota dan bukan anggota.
  2. Menyalurkan dana kredit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui usaha yang dijalankan.
  3. Mengelola dana simpanan anggota sebagai bentuk investasi.
  4. Sebagai sarana untuk meningkatkan daya simpan anggota untuk kebutuhan jangka panjang.
  5. Memudahkan masyarakat atau anggota dalam mengelola dana tabungannya.
  6. Memudahkan masyarakat untuk mengajukan pinjaman kredit.

Dilihat dari peran koperasi di atas, keberadaannya memang sangat penting bagi masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan yang jangkauannya jauh dari bank skala nasional. Dengan adanya koperasi tentu akan semakin merugikan terutama bagi masyarakat pedesaan.

 

Sumber Dana Koperasi Simpan Pinjam

Selain itu, koperasi simpan pinjam juga memiliki sumber dana yang dapat dikelola untuk menghidupi karyawan yang bekerja di koperasi. Dari berbagai sumber dana yang diperoleh dikelola secara profesional agar peredaran uang sesuai dengan manajemen keuangan yang berlaku.

Sumber pendanaan koperasi diperoleh dari berbagai unit produk yang dimiliki, seperti simpanan wajib anggota, simpanan pokok, simpanan sukarela, modal pinjaman dan dana cadangan. Selain itu koperasi juga dapat menerima hibah atau sumbangan dari pihak lain untuk membantu menjalankan koperasi.

 

Penutup

Setelah kami mengulas tentang pengertian koperasi, kami berharap kamu akan lebih memahami tentang dunia ekonomi mikro yang dijalankan oleh credit unions. Dengan adanya koperasi tentunya akan sangat membantu masyarakat kecil untuk memutar roda perekonomian.

Dengan demikian, ekonomi mikro mampu menopang perekonomian nasional dan dapat menjadi penggerak perekonomian bangsa. KSP juga dapat digunakan sebagai sarana menabung bagi masyarakat kecil sehingga sewaktu-waktu dapat menyiapkan cadangan bila diperlukan. Demikian ulasan kami tentang koperasi atau KSP ini, semoga artikel kami bermanfaat untuk kamu.

Related Posts

Post a Comment