gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan Dengan Mudah

Post a Comment

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai cara dengan mudah. Bagi Kamu yang baru memiliki kartu BPJS Kesehatan pasti ingin tahu cara cek nomor BPJS kesehatan untuk berbagai keperluan.

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan adalah dengan menggunakan NIK KTP yang Kamu miliki yang bisa dilakukan secara online maupun offline. Bagi masyarakat Indonesia, memiliki jaminan BPJS Kesehatan merupakan kewajiban yang harus dimiliki sesuai dengan peraturan pemerintah.

Memiliki asuransi BPJS Kesehatan akan mengurangi biaya pengobatan bagi seseorang yang sedang dirawat di rumah sakit atau klinik sehingga tidak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan yang besar. Tentunya ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia.

Bagi Kamu yang sering lupa nomor BPJS Kesehatan, jangan khawatir, kami akan memberikan tips dan cara cara mudah cek nomor BPJS Kesehatan Kamu dengan berbagai cara. Simak ulasan kami berikut ini.

 

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan

1# Melalui SMS

Cara cek nomor BPJS Kesehatan pertama adalah melalui layanan SMS. Cara ini juga mudah dilakukan, Kamu hanya perlu pulsa SMS untuk mengirim permintaan SMS nomor BPJS Kesehatan. Layanan SMS ini akan otomatis dibalas oleh sistem BPJS Kesehatan dengan layanan SMS gateway-nya.

Langkah untuk melakukan ini adalah dengan membuka layanan aplikasi SMS di ponsel Kamu kemudian ketik SMS dengan format: NIK[spasi]nomor NIK. Kirim SMS ke nomor 08777-5500-400.

Jika sinyal dan pulsa mencukupi, sistem akan merespon SMS balasan dari Kamu dengan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan Kamu.

 

2# Melalui Aplikasi

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang kedua adalah melalui aplikasi mobile JKN. Dengan aplikasi ini Kamu dapat memeriksa nomor BPJS Kamu setiap saat. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa melihat fitur-fitur lain di aplikasi ini, seperti melihat bio Kamu, melakukan pembayaran dan lain sebagainya.

Caranya sangat mudah, pertama kamu harus mendownload aplikasi JKN mobile di playstore kemudian install aplikasi tersebut. Kemudian mendaftar sesuai dengan petunjuk aplikasi yang diberikan dan kemudian login ke aplikasi.

Untuk cek nomor BPJS Kesehatan, masuk ke menu Peserta. Kamu akan melihat nomor BPJS Kesehatan yang tertera pada kartu digital di halaman tersebut.

Cara ini sangat mudah dilakukan dan keuntungan dari cara ini adalah Kamu bisa menikmati berbagai fitur layanan dari BPJS Kesehatan melalui aplikasi mobile JKN ini.

 

3# Melalui Whatsapp

Cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang ketiga adalah melalui pesan WhatsApp. Cara ini hampir mirip dengan menggunakan SMS di atas, yang membedakan hanya teknis penggunaan aplikasinya.

Pelayanan Administrasi Melalui WhatsAp atau disingkat PKAMUWA merupakan program dari BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada setiap cabang BPJS Kesehatan. Jadi jika Kamu ingin menggunakan layanan ini Kamu harus mengetahui nomor layanan PKAMUWA untuk setiap cabang BPJS Kesehatan yang Kamu daftarkan.

Selain pengecekan nomor BPJS Kesehatan melalui layanan ini, Kamu juga dapat melakukan perubahan biodata dan melakukan perubahan data lainnya di layanan ini. Sayangnya layanan ini hanya buka pada jam kerja Senin-Jumat pukul 08.00 - 15.00 WIB.

 

4# Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Melalui Kantor Cabang

Cara terakhir yang bisa Kamu lakukan adalah datang langsung ke kantor cabang. Cara ini biasanya dilakukan bagi masyarakat yang belum mengetahui cara cek nomor BPJS menggunakan NIK.

Kamu bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat menggunakan KTP Kamu untuk menanyakan langsung informasi BPJS Kesehatan yang Kamu miliki.

Untuk menggunakan cara ini tentunya Kamu harus menyempatkan diri untuk datang langsung ke kantor cabang BPJS Kesehatan dengan menanyakan langsung ke petugas BPJS Kesehatan.

Itulah ulasan ilmuskripsi mengenai langkah-langkah cara mengecek nomor BPJS Kesehatan yang Kamu butuhkan. Kamu bisa mencoba tips kami di atas untuk mengetahui nomor BPJS Kesehatan yang Kamu butuhkan untuk berbagai keperluan.

Related Posts

Post a Comment