gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Daftar Kartu Prakerja Agar Lolos Seleksi

Post a Comment

 Cara daftar kartu prakerja sangat mudah dilakukan, bagi kamu yang ingin mendaftar dan memiliki kartu pra kerja bisa melakukannya dengan menyiapkan syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh pemerintah Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bersama, Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi lapangan kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja. Program ini merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah dan swasta untuk memberikan berbagai program pelatihan bagi para anggotanya untuk mengasah keterampilan dan keterampilan kerja.

Bagi Kamu yang belum lolos seleksi atau baru mencari pekerjaan, kami akan mengulas cara mendaftar kartu pra kerja melalui layanan situs online yang disediakan pemerintah. Simak ulasan kami di bawah ini.

 

Langkah Cara Daftar Kartu Prakerja

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui untuk mendaftar kartu prakerja, untuk lebih jelasnya mengenai tata cara dan langkahnya kamu bisa menyimak urutan langkah dari kami dibawah ini.

1# Cara Daftar Kartu Prakerja - Buat Akun

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Untuk membuat akun, Kamu dapat mengunjungi situs dashboard.prakerja.go.id/List. Daftar di halaman website dengan mengisi email dan password.

Masukkan email yang Kamu miliki dengan catatan bahwa email Kamu masih aktif dengan tujuan menerima informasi pra kerja melalui email yang didaftarkan nantinya.

Selanjutnya masukkan password yang mudah diingat, minimal 6 karakter, kombinasi huruf dan angka. Jika Kamu telah memeriksa daftar periksa persetujuan untuk menyetujui persyaratan pendaftaran yang Kamu lakukan. Jika semua sudah selesai kamu tinggal klik tombol daftar.

2# Cara Daftar Kartu Prakerja - Verifikasi Akun

Setelah kamu mendaftar akan ada notifikasi verifikasi akun yang dikirimkan ke email kamu, langkah selanjutnya kamu tinggal klik pesan verifikasi yang ada di email tersebut agar pendaftaran kamu disetujui sepenuhnya.

Setelah proses pembuatan akun Kamu selesai, Kamu dapat mendaftarkan diri Kamu sebagai anggota pra-kerja di situs tersebut.

3# Cara Daftar Kartu Prakerja- Login Akun

Setelah akun Kamu selesai membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftar, untuk mendaftar Kamu harus masuk menggunakan email dan kata sandi yang Kamu buat sebelumnya. Setelah itu Kamu perlu menyiapkan KTP elektronik yang harus Kamu daftarkan.

Setelah Kamu masuk ke sistem, verifikasi pendaftaran dengan memasukkan NIK KTP yang Kamu miliki. isi biodata yang disediakan pada form seperti nomor KTP dan tanggal lahir. Kemudian klik tombol lanjutkan.

4# Cara Daftar Kartu Prakerja - Isi Biodata Kamu

Setelah itu, cara daftar kartu prakerja selanjutnya adalah dengan mengisi data diri Kamu. Isi data diri Kamu sesuai dengan yang tertera pada identitas KTP Kamu dan sesuai dengan formulir yang disediakan di situs.

Berikut adalah formulir yang harus Kamu isi pada file biodata di website.

  • Nama lengkap
  • Menurut Alamat KTP
  • Jenis kelamin
  • Pendidikan terakhir
  • Status Pekerjaan
  • Provinsi, Kota/Kabupaten, Kabupaten
  • Foto KTP, upload file dengan mengklik menu “Pilih KTP”
  • Selfie dengan KTP, upload file dengan mengklik menu “Select Selfie File”
  • Checklist pada teks “Saya mengisi semua data yang diperlukan dengan sejujurnya".

Catatan dalam pengisian data diri di atas:

  1. Jika alamat tempat tinggal Kamu saat ini SAMA dengan alamat di KTP Kamu, maka klik tombol ini sehingga warnanya menjadi biru (ON).
  2. Jika alamat tempat tinggal Kamu saat ini BERBEDA dengan alamat di KTP Kamu, maka matikan tombol ini (MATI). Kemudian masukkan alamat sesuai dengan tempat tinggal Kamu saat ini.

Jika sudah mengisi semua, langkah selanjutnya adalah melanjutkan pendaftaran dengan mengklik tombol Continue yang terletak di sisi kanan bawah layar Kamu.

5# Cara Daftar Kartu Prakerja - Isi Nomor HP Aktif

Langkah selanjutnya untuk mendaftarkan kartu prakerja adalah Kamu harus mengisi nomor ponsel aktif Kamu kemudian mengirimkan kode OTP yang mengonfirmasi bahwa Kamu benar-benar cocok dengan data yang Kamu miliki.

Masukkan nomor ponsel yang Kamu miliki kemudian klik tombol Verifikasi. Setelah nomor ponsel Kamu diverifikasi, langkah selanjutnya adalah Kamu diharuskan mengikuti tes ringan yang muncul di halaman dashboard Kamu.

6# Jawab Soal & Tes Motivasi

Langkah selanjutnya adalah Kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan untuk proses seleksi. Berbagai macam pertanyaan ini harus Kamu jawab dengan jujur ​​tentang kondisi Kamu saat ini. Pilihan jawabannya adalah YA atau TIDAK.

Klik tombol berikutnya untuk menjawab pertanyaan berikutnya. Jika semua soal sudah selesai, akan ada popup notifikasi soal selesai. Kemudian klik tombol OK.

Setelah Kamu selesai menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, langkah selanjutnya adalah Kamu harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar sebagai syarat pendaftaran.

Akan ada 18 pertanyaan tentang motivasi dan tes kemampuan dasar yang harus Kamu jawab untuk menyelesaikan pertanyaan. Jika semua pertanyaan telah selesai, Kamu telah menjawab langkah selanjutnya, Kamu hanya perlu mengklik tombol selesai dan masuk ke halaman dashboard di situs web pra-kerja.

7# Konfirmasi Gelombang Pendaftaran

Jika Kamu telah menyelesaikan semua langkah di atas dan Kamu masuk ke halaman dashboard, langkah selanjutnya adalah Kamu bergabung dengan gelombang pendaftaran yang tersedia di halaman dashboard Kamu.

Klik tombol Gabung untuk mengikuti gelombang pendaftaran prakerja berikutnya, Kamu menunggu proses pengumuman bahwa Kamu diterima atau tidak di halaman tersebut.

Cara daftar kartu prakerja sangat mudah bukan? Kamu harus memiliki ulasan lambat yang kami bahas di atas agar lebih memahami satu langkah yang kami uraikan di atas.

Demikian ulasan ilmuskripsi tentang cara daftar kartu pra kerja, semoga artikel yang kami bahas bermanfaat bagi kamu yang ingin mendaftar kartu pra kerja.

Related Posts

Post a Comment