gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Mudah dan Praktis

Post a Comment

Cara daftar BPJS kesehatan online bisa dilakukan dengan mudah dari mana saja, bagi kamu yang ingin mendaftarkan diri dan keluarga BPJS kesehatan kamu secara mandiri bisa melakukannya melalui fitur layanan pendaftaran online yang bisa kamu lakukan di rumah.

Seperti yang kita ketahui BPJS Kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan masyarakat. Dengan adanya BPJS kesehatan, biaya perawatan di rumah sakit menjadi lebih ringan karena kita harus membayar iuran bulanan.

Iuran BPJS Kesehatan per bulan terendah adalah Rp35.000 per orang, dimana nilai iuran sebenarnya Rp42.000. Sisa iuran di subsidi pemerintah sebesar Rp. 7.000 sehingga masyarakat hanya membayar Rp. 35.000. Bagi Kamu yang sedang mencari cara daftar BPJS kesehatan secara online, Kamu bisa mengikuti petunjuk yang kami berikan di bawah ini.


Langkah Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Untuk cara daftar BPJS kesehatan secara online, Kamu dapat melakukannya melalui aplikasi layanan BPJS dengan mengunduhnya di google play store atau app store. Kamu dapat mencari di play store atau app store untuk aplikasi 'Mobile JKN' dan mengunduhnya di ponsel Kamu.

1# Daftar

Setelah Kamu mengunduh aplikasi di ponsel Kamu, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan biodata Kamu di aplikasi. Untuk mendaftar, buka aplikasi dan siapkan KTP elektronik Kamu.

Baca persyaratan secara singkat pada aplikasi kemudian periksa checklist persetujuan aplikasi untuk melanjutkan pendaftaran BPJS Kesehatan. Setelah selesai, masukkan nomor NIK KTP elektronik yang Kamu miliki dan masukkan kode captcha untuk verifikasi pendaftaran pada aplikasi.

Jika NIK KTP elektronik Kamu cocok, data Kamu dan keluarga Kamu akan muncul di halaman. Langkah selanjutnya adalah klik tombol Next untuk melanjutkan pendaftaran.

2# Masukkan Biodata Kamu

Setelah data Kamu dan keluarga terdeteksi di aplikasi, langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi Kamu. Isikan data diri kamu sesuai dengan yang tertulis di KTP kamu, jika sudah selesai maka pilih fasilitas kesehatan yang kamu inginkan sesuai dengan pilihan fasilitas kesehatan yang ditampilkan pada layar.

Pilih juga fasilitas kesehatan gigi di lokasi terdekat yang mudah dijangkau jika Kamu sedang melakukan perawatan gigi. Jika sudah memasukkan semua biodata, langkah selanjutnya adalah mengisi data email yang Kamu miliki.
Setelah Kamu mengisi email klik tombol simpan. Selanjutnya, Kamu harus memverifikasi bio pendaftaran Kamu melalui tautan yang dikirimkan ke email Kamu.

3# Verifikasi Email

Jika ada pesan masuk ke email yang Kamu daftarkan untuk verifikasi dari BPJS Kesehatan, maka periksa isi email tersebut. Jika tidak ada email dari BPJS Kesehatan, coba refresh email Kamu atau cek folder SPAM di email tersebut.

Jika sudah membuka email, copy kode verifikasi yang dikirimkan melalui email lalu masuk kembali ke aplikasi Mobile JKN untuk memasukkan kode verifikasi.

Jika proses verifikasi berhasil maka data kepesertaan Kamu akan ditampilkan di BPJS Kesehatan, selain itu di email Kamu juga akan menerima kode virtual account untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan setiap bulannya.

4# Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Untuk kartu kepesertaan BPJS Kesehatan, Kamu dapat mengunduhnya di website BPJS Kesehatan dengan melakukan login menggunakan NIK yang Kamu daftarkan. Kamu bisa mengunjungi situs bpjs-kesehatan.go.id untuk masuk ke sistem kemudian masuk ke menu pencetakan kartu sesuai dengan informasi yang Kamu miliki.

 

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online - Informasi Tambahan

Sebagai informasi tambahan, bagi Kamu untuk cara daftar BPJS kesehatan online, wajib bagi setiap warga negara. Dalam satu kartu keluarga, diperlukan pendaftaran BPJS kesehatan dengan setiap pembayaran per NIK yang didaftarkan.

Jika dalam satu KK Kamu memiliki 3 anggota keluarga dan ikut serta dalam biaya bulanan sebesar 35.000, maka Kamu diharuskan membayar 3 x 35.000 = 105.000 per bulan untuk satu Kartu Keluarga.

Demikian ulasan ilmuskripsi tentang cara daftar BPJS kesehatan online, semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat bagi kamu untuk mendaftar BPJS kesehatan online.

 

Related Posts

Post a Comment