gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Media Promosi Adalah? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Post a Comment

Media promosi adalah sarana, baik online maupun offline, yang digunakan untuk memasarkan suatu produk. Melalui media promosi, berbagai macam produk dapat dipasarkan untuk mencapai target pasar yang ditentukan oleh perusahaan.

Dalam sebuah bisnis, baik besar, menengah, maupun kecil, diperlukan strategi promosi yang harus mampu menarik calon konsumen untuk menjadi konsumen. Cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan media promosi dengan strategi promosi yang terencana dengan konsep yang matang.


Media Promosi Adalah

Media promosi sudah sangat berkembang dari zaman dahulu baik melalui tulisan, media televisi, media cetak, dan media pemasaran digital terkini. Jika suatu usaha ingin berkembang ke depan maka diperlukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai media promosi agar produk yang dijual laris manis dan mampu menunjang jalannya perusahaan.


Fungsi Media Promosi

Ada beberapa fungsi media promosi dalam sebuah perusahaan. Beberapa fungsi tersebut berperan penting dalam membuat kemajuan bisnis sehingga dapat menemukan strategi yang tepat dalam menentukan promosi suatu produk. Berikut ini adalah beberapa fungsi media promosi.


1# Menarik Perhatian dan Minat Orang

Fungsi pertama dari media promosi adalah untuk menarik minat dan perhatian masyarakat. Dengan melakukan promosi melalui berbagai media, masyarakat akan lebih mengenal produk dan perusahaan.

Secara tidak langsung, jika promosi dilakukan secara berulang-ulang, masyarakat akan lebih mengingat produk yang ditawarkan. Sehingga suatu saat jika dibutuhkan masyarakat akan membutuhkan dan membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai media promosi.

Metode ini membutuhkan strategi marketing funneling dimana konsepnya mempengaruhi konsumen dengan strategi pemasaran yang telah disusun sesuai target pasar sehingga konsumen pada akhirnya tertarik untuk membeli produk tersebut.


2# Meningkatkan Penjualan Produk

Fungsi kedua dari media promosi adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa perusahaan. Dengan gencarnya promosi tersebut, konsumen akan selalu mengingat produk yang dijual oleh perusahaan sehingga mereka akan mengetahui tentang fungsi dari produk tersebut dan sesuai dengan produk yang mereka butuhkan untuk dibeli.

Dengan demikian, penjualan produk perusahaan akan meningkat sesuai dengan target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan.


3# Meningkatkan Kesadaran Merek

Manfaat lain dari media promosi adalah dapat meningkatkan brand awareness baik nama merek produk maupun nama merek perusahaan. Konsumen atau masyarakat akan lebih mudah diingat jika dilakukan promosi secara terus menerus dan berulang-ulang.

Untuk meningkatkan brand awareness, hal ini dapat diciptakan dengan strategi bauran pemasaran. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya manusia pemasaran yang handal dalam suatu perusahaan agar setiap promosi yang dilakukan dapat berhasil dan mampu meningkatkan product atau awareness perusahaan.


4# Menjaga Loyalitas Konsumen

Manfaat keempat media promosi adalah dapat menjaga loyalitas konsumen. Konsumen akan lebih loyal jika selalu diingatkan tentang produk yang dijual oleh perusahaan melalui media iklan. Secara psikologis, konsumen selalu mengulang sesuatu tentang manfaat dan keunggulan produk yang dijual secara tidak langsung. Konsumen akan selalu mengingatnya.

Sehingga jika konsumen sudah terbiasa menggunakan produk tersebut maka akan sulit untuk beralih ke produk lain yang sejenis kecuali ada persaingan yang ketat yang membuat produk tersebut kurang kompetitif karena beberapa faktor, baik internal maupun eksternal.

Menjaga loyalitas konsumen sangat penting dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan selalu diingatkan untuk menggunakan media promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju.


Jenis Jenis Media Promosi Adalah

Banyak jenis media promosi yang digunakan untuk memasarkan produk. Di era dengan berkembangnya teknologi digital, media promosi digital jenis ini menjadi salah satu favorit para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya.

Salah satu jenis media promosi yang telah kami ulas adalah promosi media cetak dan promosi dengan media digital marketing. Kedua media ini merupakan salah satu cara promosi yang cukup murah untuk dilakukan dibandingkan dengan promosi melalui media televisi.

Untuk jenis promosi ini sendiri, perusahaan dapat melakukannya dengan menggunakan berbagai media seperti televisi, radio, media cetak, dan media digital dengan menggunakan media sosial Facebook ads, Instagram ads, Google ads, TikTok ads, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan berbagai media promosi, Anda dapat meningkatkan penjualan produk dari bisnis yang Anda lakukan dan meningkatkan awareness terhadap perusahaan yang Anda miliki. Selain itu, anda pemilik bisnis juga dapat memanfaatkan media promosi dengan memiliki website perusahaan. Memiliki website perusahaan akan memudahkan bisnis kita dikenal masyarakat luas hingga dunia internasional.

Sekian artikel yang dapat ilmuskripsi sampaikan mengenai apa itu media promosi, semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah informasi anda.

Related Posts

Post a Comment