gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

3 Kunci Sukses Dalam Analisa Fundamental Saham

Post a Comment

3 Kunci Sukses Dalam Analisa Fundamental Saham - Risiko tidak dapat sepenuhnya dikesampingkan ketika berinvestasi di saham, tetapi investor dapat mengurangi risiko ini ke tingkat yang dapat diperhitungkan. Alat yang paling penting untuk menilai saham adalah analisis fundamental.

3 Kunci Sukses Dalam Analisa Fundamental Saham


Tujuan dari analisis fundamental adalah untuk menghitung “nilai wajar” suatu perusahaan dan sahamnya. Untuk menentukan ini, profesional investasi seperti Winfried Walter memeriksa banyak tokoh kunci dalam analisis fundamental mereka. Angka-angka kunci dasar termasuk:

  • Rasio harga-pendapatan, (P / E).
  • Hasil keuntungan.
  • Hasil dividen.

 

3 Kunci Dasar dari Analisis Fundamental Saham

1# Berapa rasio P/E?

Rasio pendapatan harga (PE) adalah induk dari semua dasar analisa fundamental diatas. PER dihitung sebagai berikut: harga per saham dibagi dengan laba per saham. Contoh: Share Y berharga 80 dolar. Keuntungannya adalah 5 dolar.

Perhitungannya adalah:

P / E bagikan Y

80 dolar / 5 dolar = 16 dolar

Rasio P / E tidak terlalu berarti dalam dirinya sendiri. Investor harus berhati-hati jika rasio P/E turun atau naik tajam dari satu tahun ke tahun berikutnya. Dalam istilah aritmatika murni, angka kunci meningkat jika harga naik sementara keuntungan tetap sama. Atau jika laba runtuh pada tingkat yang sama. Kemungkinan penyebabnya adalah:

  1. Prospek kenaikan keuntungan, yang sudah diperhitungkan dalam kursus.
  2. Biaya restrukturisasi satu kali yang saat ini mempengaruhi laba.
  3. Meledaknya biaya operasional yang secara permanen membebani laba.

Indikatornya juga bervariasi dari satu industri ke industri lainnya dan dari satu negara ke negara lain. Saham konsumen dengan bisnis yang stabil dan nama merek yang kuat, misalnya, secara tradisional diberikan rasio P / E yang lebih tinggi daripada industri otomotif siklis.

Dalam perbandingan negara, rasio P/E perusahaan AS biasanya lebih tinggi daripada perusahaan Eropa. Namun, valuasi juga bisa naik karena ada sedikit atau tidak ada alternatif investasi. Dalam suku bunga rendah saat ini, misalnya, tidak hanya harga real estat tetapi juga saham rata-rata meningkat.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk kerugian terhadap saham Anda, Anda harus memastikan kesinambungan dalam penjualan, pendapatan, dan arus kas. Dari semuanya kemudian harus diteliti dengan sangat hati-hati sebelum penilaian dapat dibuat tentang kualitas dan perspektif perusahaan yang ingin anda beli. Melihat laporan tahunan perusahaan juga wajib anda lakukan sebagai informasi penting sebelum anda membeli saham.

 

Kapan Rasio P / E Bekerja ?

Rasio P / E sangat berarti dalam perbandingan industri. Jika dua perusahaan dalam suatu industri diposisikan sama, perusahaan dengan rasio P/E yang lebih menguntungkan lebih disukai. Masalah dengan rasio: Ini didasarkan pada perkiraan.

Karena keuntungan diperkirakan untuk perhitungan diperkirakan. Pada akhir 2018, misalnya, rasio harga-pendapatan untuk 2019 ditampilkan, yang didasarkan pada perkiraan pendapatan rata-rata dari banyak analis. Masih harus dilihat apakah keuntungan benar-benar akan berubah seperti itu atau apakah mereka akan terpengaruh oleh krisis korporasi atau ekonomi dalam sebuah negara.

 

2# Hasil Keuntungan

Hasil laba yang disebut memberikan informasi tentang pengembalian modal yang digunakan – ini adalah kebalikan dari rasio P / E. Untuk perhitungannya, laba per saham ditetapkan dalam kaitannya dengan harga dan hasilnya dikalikan 100%. Seperti pada contoh di atas, saham Y dikutip pada 80 dolar dan keuntungannya adalah 5 dolar. Perhitungannya kemudian:

Laba atas bagi hasil Y:

(5 dolar / 80 dolar) x 100% = 0,0625 x 100% = 6,25%

Hasil pendapatan dapat digunakan untuk membandingkan saham satu sama lain. Tetapi ini juga merupakan tolok ukur penting ketika membandingkan investasi ekuitas dengan investasi obligasi. Hasil pendapatan sebesar 6,25%, seperti dalam contoh yang sepenuhnya realistis, belum dapat dicapai selama bertahun-tahun dengan sekuritas pendapatan tetap dengan peringkat kredit yang baik .

 

3# Hasil Dividen

Investor juga mengenali truffle dengan hasil dividen mereka. Dividen adalah bagian dari keuntungan tahunan yang diterima pemegang saham dengan memberikan ekuitas kepada perusahaan. Dividen dibayarkan setiap tiga bulan di beberapa negara.

Dividen mirip dengan bunga yang dibayarkan pada obligasi federal. Namun, ada satu perbedaan utama pada pendapatan tetap: dividen hanya dibayarkan jika perusahaan juga mendapat untung. Rumus perhitungannya: hasil dividen dibagi dengan harga saham saat ini dikalikan 100%.

Pembagian 2 dolar untuk saham tersebut di atas menghasilkan:

Bagi hasil dividen Y:

(2 dolar / 80 dolar) x 100% = 0,025 x 100% = 2,5%

Banyak investor memastikan bahwa distribusinya konstan dalam jangka panjang dan meningkat sebanyak mungkin. Di sisi lain, kehati-hatian disarankan jika hasil dividen berfluktuasi tajam atau naik satu kali.

Di sini investor mungkin mengorbankan investasi masa depan. Sebaliknya, jika harga saham naik tajam, hasil dividen akan menurun. Sebagai imbalannya, investor kemudian mendapat untung berkat kenaikan harga.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan ini, semoga informasi ini bermanfaat buat anda.

Related Posts

Post a Comment