gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Apa itu Cryptocurrency? Berikut Pengertian Serta Jenisnya

Post a Comment

Apa itu Cryptocurrency?  Nama "cryptocurrency" berasal dari "cryptography", awalnya ilmu yang digunakan untuk menggambarkan enkripsi informasi. Cryptocurrency adalah alat pembayaran otomatis berbasis Internet. Uang kripto, dalam bentuk uang kertas atau koin, hampir seluruhnya merupakan mata uang kriptografi tanpa padanan fisik.

Apa itu Cryptocurrency

Token perlindungan, juga disebut token berbasis aset, di mana nilai yang dihasilkan disimpan dalam dolar, euro, atau emas, adalah satu-satunya pengecualian. Namun, ini hanya mewakili sebagian kecil dari berbagai jenis mata uang kripto, pada gilirannya, hanya mewakili sebagian kecil dari jumlah token yang berbeda dari masing-masing mata uang kripto.

 

Daftar Cryptocurrency Paling Populer

Perangkat lunak khusus dan prosedur pengujian yang rumit serta strategi enkripsi menghasilkan modal virtual. Blockchain dan tanda tangan digital adalah metode kriptografi yang penting.

Daftar 10 cryptocurrency paling terkenal :

  1. Bitcoin (BTC)
  2. Eter atau Ethereum (ETH)
  3. Riak (XRP)
  4. Bitcoin Cash (BCH / BCC)
  5. Tanda hubung (DASH)
  6. Litecoin (LTC)
  7. Monero (XMR)
  8. NEO (NEO)
  9. Eter Klasik (ETC)
  10. Uang Tunai (ZEC)


Apa itu blockchain?

Blockchain (Bahasa Inggris untuk blockchain) adalah database terdesentralisasi di mana apa yang disebut "blok" catatan data ditautkan ke daftar yang terus diperluas dalam bentuk apa yang disebut "hash". Ini dimaksudkan untuk mengamankan integritas cryptocurrency dari manipulasi selanjutnya. Semua transaksi yang terjadi dicatat dalam urutan kronologis dalam bentuk yang disebut nilai hash di blockchain.

 

Bagaimana cara kerja enkripsi?

Sebagian besar cryptocurrency seperti Bitcoin didasarkan pada jaringan peer-to-peer berbasis cloud dan perangkat lunak. Semua informasi dalam jaringan ini dapat diakses oleh semua peserta jaringan lainnya. Teknik enkripsi kriptografi khusus memastikan keamanan. Setiap peserta menggunakan 2 kunci kriptografi terkait:

  1. 1 kunci publik (public key), yang digunakan seperti nomor akun.
  2. 1 kunci rahasia yang dengannya transaksi ditandatangani secara kriptografis (mirip dengan prosedur TAN untuk transfer).

 

Apa itu dompet untuk cryptocurrency?

Kunci kriptografi disimpan dalam file yang disebut dompet cyber, dompet online atau dompet sederhana. Dompet secara kasar memiliki fungsi akun virtual: Di sinilah kredit dan input dan output dari masing-masing cryptocurrency dicatat dan transaksi dilakukan.

 

Bagaimana cara kerja cryptocurrency seperti Bitcoin and Co.?

Apa yang unik di antara cryptocurrency non-pemerintah seperti Bitcoin yang terkenal adalah kekuatan terdesentralisasi pengguna lain atas semua proses: Setiap transaksi dirilis di jaringan P2P dan sekarang harus ditinjau menggunakan entri sebelumnya di blockchain oleh peserta lain untuk memutuskan apakah publik adalah Kunci pengirim valid dan jika akun tidak akan ditarik oleh transfer. Ini harus mengecualikan cerukan dari deposito. Tercatat di blockchain apakah transaksi diverifikasi sebagai valid.

Bukti kerja dihargai sehingga pengguna menginvestasikan cukup waktu dan, di atas segalanya, daya komputasi di blockchain: semakin banyak daya komputasi dan pekerjaan yang diinvestasikan dalam blockchain, semakin baik kemungkinan mengambil keuntungan dari tantangan baru dan biaya pemrosesan. Metode ini, analog dengan penambangan emas atau disebut "mining" dalam bahasa Inggris.

 

Apa itu bitcoin?

Bitcoin (BTC) berarti sesuatu seperti “koin digital” dan merupakan mata uang kripto paling terkenal hingga saat ini. Keuntungan yang menggiurkan dari penambangan berarti bahwa daya komputasi yang lebih tinggi harus diterapkan.

Persyaratan yang meningkat dan perangkat keras yang semakin terspesialisasi telah menciptakan pusat data yang sangat besar, yang disebut ladang penambangan, di seluruh dunia. Jika mereka ingin terlibat dalam penambangan koin kripto, pengguna PC biasa sekarang harus memperluas spesifikasi PC mereka dengan unit pemrosesan global dan kartu grafis yang sangat kuat. 

Tentu dengan proses mining ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama dalam membeli hardware komputer yang harganya hingga ratusan juga jika ingin mendapatkan uang yang banyak.

 

Perbedaan antara koin dan token

Cryptocurrency sebagian besar diperdagangkan dalam koin atau token. Nama Coin berasal dari Bitcoin. Oleh karena itu, istilah ini terutama mencakup mata uang digital seperti Bitcoin. Token, pada gilirannya, dibedakan menjadi token utilitas, token ekuitas, dan token keamanan.

Yang terakhir adalah token di mana setara moneter nyata seperti emas, dolar, euro atau real estat disimpan. Token ekuitas adalah investasi di masing-masing perusahaan dan seringkali juga mengandung kemungkinan pembagian keuntungan dalam kesuksesan perusahaan di masa depan. Ini dapat disamakan dengan saham dan diperlakukan sangat mirip dalam hal peraturan.

Token utilitas pada gilirannya merupakan alat pembayaran di masing-masing platform perusahaan dan mewakili akses ke platform ini. Jika token utilitas hanya memiliki properti ini, maka mereka tidak tunduk pada kewajiban peraturan apa pun.

Oleh karena itu, banyak perusahaan mencoba menandai cryptocurrency mereka sebagai token utilitas dan menerbitkannya seperti itu. Plus, cryptocurrency menarik dengan keuntungan cepat – tetapi di mana ada uang yang bisa ditemukan, ada juga bahayanya.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan ini semoga ulasan ilmuskripsi tentang Apa itu Cryptocurrency ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.

Related Posts

Post a Comment