gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

11 Cara Merawat Laptop Biar Awet

Post a Comment

11 Cara Merawat Laptop Biar Awet – Banyak hal yang bisa mempengaruhi Kinerja sebuah laptop atau notebook memperpanjang umur laptop dalam digunakan. Proses perawatan sangat berpengaruh dalam keawetan laptop yang orang miliki.

Mahal atau tidaknya sebuah laptop atau notebook tergantung dari spesifikasi dan mereknya.Namun meski harga laptop tersebut mahal tidak lantas menjadikan laptop tersbut awet untuk kita pakai. Untuk memiliki sebuah laptop yang bandel dan awet anda pintar dalam merawatnya, itu point terpenting sehingga menjadikan laptop yang dimiliki sangat awet.

Kurangnya perawatan terhadap laptop salah satunya yaitu dipengaruhi seperti penggunaan yang berlebihan sampai melebihi kapasitas dari spesifikasi laptop hingga membuat kinerja processor menjadi maksimal hingga akhirnya cepat panas. Agar anda lebih paham bagaimana cara menggunakan laptop dan merawatnya, berikut kami ulas beberapa tips merawat laptop agar awet untuk digunakan.

 

Tips Merawat Laptop Biar Awet dan Panjang Umur

1. Hindari Kinerja Multitasking

Cara yang pertama untuk merawar laptop anda harus menghindari proses multitasking untuk kinerja laptop yang berlebihan. Tujuannya adalah agar beban kinerja laptop ditak dipacu untuk bekerja maksimal sehingga hardware pada laptop tetap terjaga kinerjanya terutama pada prosesor dan ram pada laptop.

Selain itu hardisk yang anda miliki juga akan berpengaruh pada saat melakukan proses membaca data yang anda inginkan. Semakin banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan semakin berat kinerja laptop yang anda miliki.

 

2. Melakukan Setting Power Management

Cara kedua ini bisa anda lakukan sebagai salah satu upaya dalam merawat laptop yang anda miliki. Anda dapat melakukan pengaturan atau setting power manajemen yang bisa anda temukan didalam pengaturan control panel windows.

Dalam control panel anda bisa melakukan setting pengaturan baterai laptop dengan mengaktifkan mode power saver agar baterai lebih hemat dalam bekerja. Dengan melakukan perawatan terhadap manajemen baterai ini akan membuat ketahanan baterai laptop yang anda miliki akan lebih tahan lama.

Selain itu dalam setting manajemen ini anda juga bisa melakukan pengaturan layar laptop agar tidak boros energi, menonaktifkan hardisk, pengaturan untuk masuk ke mode hibernate dan lain sebagainya sehingga dapat mengoptimalkan kinerja laptop agar lebih awet.

 

3. Menurunkan Kontras Layar

Langkah ketiga ini sangat disarankan agar daya energi laptop yang anda miliki tidak cepat habis baterainya, sehingga pembagian energi dari baterai keseluruh komponen hadrware tetap stabil dan tidak boros tertuju pada kecerahan layar laptop yang anda miliki.

Menurunkan kontras ini disesuaikan dengan kenyamanan mata anda, sehingga tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap untuk kenyamanaan saat menggunakan laptop sehari-hari.

 

4. Memperbesar Kapasitas Memori (RAM)

Cara membuat laptop awet selanjutnya adalah meningkatkan atau upgrade kapasitas RAM pada laptop. Tujuannya adalah agar kinerja laptop saat pemprosesan data lebih optimal dan tidak terlalu berat yang mengakibatkan laptop cepat panas.

Selain itu dengan upgrade ram juga mencegah mengaktifan virtual memory pada hardisk ketika hardisk bekerja secara penuh. Secara otomatis kinerja laptop akan lebih cepat tanpa harus membebankan kepada komponen lainnya.

 

5. Melakukan Defrag System

Cara ini memang harus lebih rutin dilakukan, tujuan melakukan defrag system adalah agar kinerja hardisk lebih optimal saat melakukan pembukaan aplikasi atau pekerjaan lainnya. Untuk bagaimana cara melakukan defrag system anda bisa browsing di internet banyak ulasan yang sudah membahas tentang defrag system ini.

 

6. Matikan Program yang berjalan di background

Cara ini sangat berpengaruh pada kinerja laptop yang anda miliki karena Semakin banyaknya proses program yang digunakan pada background, semakin cepat pula daya energi pada baterai akan terpakai.

Anda dapat mematikannya dengan melalui fitur Run Program dengan masuk ke menu windows kemudian ketik run -> enter.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog run. Ketikan msconfig kemudian tekan OK. Masuk ke tab menu startup kemudian pilih program yang ingin dimatikan dengan melakukan ceklis program kemudian tekan OK.

Cara Merawat Laptop Biar Awet

Dengan melakulan manajemen diatas, akan membuat kinerja laptop yang anda miliki terasa ringan saat pertama kali masuk ke windows.

 

7. Jangan Tinggalkan CD/DVD pada Optical Drive

Meski sudah banyak tersedia desain laptop yang slim tanpa ada DVD/CD optik masih banyak laptop yang tersedia CD/DVD optik didalamnya. Langkah ini sangat penting terutama pengguna laptop yang masih tersedia DVD/CD optik didalamnya.

Jika didalam laptop anda masih ada CD yang tertinggal didalamnya, akan lebih baik untuk dikeluarkan dari laptop agar tidak membuat boros kinerja laptop yang anda miliki. CD optik yang tertinggal di laptop akan bekerja secara otomatis untuk memproses tanpa diperintah sehingga akan membebani kinerja laptop.

 

8. Matikan Fitur Konektivitas yang Tidak Perlu

Jika anda sudah menggunakan fitur konektivitas ada baiknya untuk segera dimatikan agar beban kinerja laptop tidak bertambah, contohnya adalah jika anda sudah selesai menggunakan bluetooth. Saat tersebut ada kalanya kita lupa mematikan sehingga membuat kinerja laptop bertambah dan dapat menguras kinerja baterai laptop yang anda miliki karena sinyal bluetooth yang selalu bekerja tersebut.

 

9. Lepas Perangkat dari USB port

Perangkat usb juga sangat berpengaruh dalam kinerja laptop, jika memang sudah tidak digunakan sebaiknya berbagai perangkat usb anda lepas untuk memaksimalkan kinerja laptop. Saat anda menggunakan usb flashdisk atau hardisk external yang sudah tidak digunakan tentu akan menguras tenaga jika masih tercolok di usb laptop yang anda miliki.

 

10. Pilih Mode Hibernate, bukan Standby

Adakalanya saat kita menggunakan laptop dan ingin isirahat tanpa harus melakukan pembukaan ulang pada program atau aplikasi yang membantu pekerjaan kita. Sehingga solusinya adalah mematikan laptop dengan mode tertentu tanpa melakukan shut down.

Ada baiknya anda memilih mode hibernate untuk melakukan hal tersebut daripada menggunakan mode standby. Perbedaannya adalah jika anda pilih mode hibernate maka seluruh komponen sistem akan di matikan prosesnya tanpa harus melakukan close program dan aplikasi, sedangkan jika anda menggunakan mode standby akan tetap diperlukan arus listrik untuk memproses aplikasi yang anda buka.

Mode hibernate ini sangat cocok jika anda ingin meninggalkan laptop dalam waktu yang cukup lama untuk melakukan aktivitas lainnya.

 

11. Ganti Hard Disk dengan SSD

Cara lainnya agar laptop anda lebih awet adalah anda bisa mengganti hardisk dengan SSD, dengan menggunakan SSD kinerja laptop akan lebih cepat dan menghindari proses kinerja laptop yang lama sehingga menyabkan panas.Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan hardisk namun tidak ada salahnya jika anda merencakannya untuk menggunakan SSD untuk keawetan laptop anda.

 

Penutup

Dengan mengikuti tips yang kami berikan diatas tentu akan membantu laptop anda agar lebih awet untuk digunakan, Admin sendiri memiliki beberapa laptop  sudah lebih dari 9 tahun sehak tahun 2013 masih tetap awet karena beberapa perawatan yang dilakukan seperti langkah-langkah diatas.

Semoga artikel yang kami ulas ini bermanfaat buat anda sehingga bisa membuat kinerja laptop anda lebih awet dan maksimal untuk menunjang berbagai aktivitas pekerjaan anda.

Related Posts

Post a Comment