gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Cara Mengetahui Bad Sector Pada Harddisk

Post a Comment

Cara Mengetahui Bad Sector pada Harddisk - Jika laptop atau PC anda lambat,sering hang, atau malah mungkin hingga menyebabkan terjadinya bluescreen anda harus lebih memperhatikan permasalan tersebut karena bisa saja  hal tersebut merupakan kerusakan bad sector pada hardisk pada laptop atau PC yang anda miliki.

Hal seperti itu harus benar-benar diperhatikan. Memang banyak penyebab yang dapat menimbulkan komputer itu menjadi lambat atau hang, biasanya sering disebabkan karena komputer terserang virus, ada beberapa software yang crash atau tidak terinstal dengan baik, atau bahkan juga bisa dikarenakan hard disk yang mengalami bad sector  sehingga dapat mengganggu performa pada PC atau laptop

Hard disk yang bad sector sering kali disebabkan karena banyaknya data yang telah kita simpan, dan tanpa ada perawatan terhadap harddisk oleh para pengguna komputer. Ada banyak cara untuk mengetahui bad sector pada harddisk, selain dengan menggunakan software tertentu seperti tune up, dari windows sendiri juga telah menyediakan tool untuk mengetahui bad sector pada Harddisk.

 

Cara Mendeteksi Bad Sector Hardisk

Sebagaimana judul diatas yaitu cara sederhana untuk mengetahui bad sector, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan yaitu kurang lebih seperti berikut :

Pertama, klik menu Start – All Programs – Accessories – Command Prompt atau bisa juga dengan cara Klik Menu Start – Run, kemudian ketik CMD dan Enter.  Langkah tersebut dilakukan untuk masuk ke jendela Command Prompt (CMD) pada sistem komputer yang kita miliki

Kedua, setelah jendela CMD keluar ketik “CHKDSK C:” (tanpa tanda petik, besar kecil tidak berpengaruh), perintah berfungsi untuk mengecek harddisk pada drive C: .

Jika anda sudah melakukan cara diatas  akan muncul seperti pada tampilan dibawah ini :

 

Cara Mengetahui Bad Sector Pada Harddisk

Jika sudah dilakukan proses pengecekan hingga 100%… maka tampilan kurang lebih akan seperti dibawah ini.

 

Cara Mengetahui Bad Sector Pada Harddisk

Berikut akan kami coba menjelaskan maksud dari notifikasi sistem yang terdapat pada jendela command prompt diatas

  • Total Disk Space, merupakan jumlah kapasitas maksimal yang terdapat pada hard disk.
  • n Hiden Files (n menyatakan nilai tertentu), menyatakan besaran kapasaitas yang digunakan oleh file-file yang tersembunyi (file yang tersembunyi ini biasanya adalah file-file sistem operasi)
  • n Folders, menyatakan jumlah folder yang berada dalam satu drive.
  • n Files, menyatakan n/Jumlah file yang berada di dalam satu drive.
  • Bad Sector, menyatakan jumlah bytes yang terkena bad sector dalam satu drive (jika 0 atau nol) bytes berarti hard disk anda dalam keadaan Sehat dan bila lebih besar dari 0 (nol) maka hard disk anda sudah terindikasi Bad Sector. Dalam hal ini anda harus waspada dan harus mengantisipasinya dengan cara melakukan backup data pada komputer atau laptop anda.
  • Availible merupakan ketersediaan sisa hardisk atau kapasitas sisa hardisk yang terdapat dalam komputer atau laptop anda.

Demikian artikel yang dapat kami ulas mengenai bagaimana cara mendeteksi harddisk bad sector ini, semoga ulasan kami dalam artikel Cara Mengetahui Bad Sector Pada Harddisk ini bermanfaat buat anda.

Related Posts

Post a Comment