gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Berita Teknologi

Cara Memperbaiki Bluescreen Pada Windows

Post a Comment

Cara memperbaiki Bluescreen Pada Windows - Munculnya blue screen pada windows sering terjadi karena adanya critical error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan.Peenyebab bluescreen sendiri banyak faktor yang mempengaruhinya terutama yang berhubungan dengan memori RAM.

Cara Memperbaiki Bluescreen Pada Windows

Selain itu juga terdapat penyebab lainnya seperti ketidak cocokan driver hardware dengan sistem operasi, terserangnya virus dan kerusakan komponen hardware lainnya pada komputer atau laptop yang anda miliki. Untuk mengetasi hal tersebut berikut ini akan kami ulas bagaimana cara mengatasi bluescreen jika itu terjadi pada komputer atau laptop yang anda miliki.

 

Tips cara Memperbaiki Blue Screen pada Laptop atau Komputer

Terdapat beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi bluescreen pada komputer, untuk lebih lengkapnya anda bisa menyimak pada ulasan dibawah ini.

1. Periksa Kondisi Hardisk

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memeriksa kondisi hardisk yang anda miliki. Apakah hardisk tersebut mengalami kerusakan seperti bad sector atau tidak. Jika hardisk mengalami bad sector bisa menjadi pemicu terjadinya bluescreen pada komputer atau laptop yang anda miliki.

Untuk memeriksa apakah hardisk mengalami bad sector atau tidak anda bisa membaca artikel yang sudah kami ulas pada judul cara mengetahui hardisk terkena bad sector. Dari langkah tersebut anda bisa mengetahui hasil kondisi hardisk yang anda miliki.

 

2. Periksa Kondisi Memori / RAM

Langkah kedua adalah anda harus melakukan pemeriksaan terhadap kondi memori RAM pada komputer atau laptop anda. Anda bisa menggunakan program Windows Memory Diagnostic untuk mengeceknya. Selain itu anda juga perlu mencoba melepas memori ram dan membersihkan lempengan kuningan yang terdapat pada ram dengan stip atau penghapus pensil kemudian memasangnya lagi.

Jika cara tersebut berhasil setelah anda pasang dan komputer kembali normal, besar kemungkinan terjadinya bluescreen karena faktor ram yang kotor.

 

3. Repair Sistem Operasi Windows

Cara ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan repair sistem operasi windows yang anda miliki. Untuk melakukan repair ini memerlukan keahlian khusus, anda harus memiliki software sistem operasi windows untuk membackup jika proses repair gagal dilakukan.

Jika anda seorang awam dan takut data anda akan hilang, ada baiknya anda konsultasi kepada teknisi komputer atau melihat tutorialnya terlebih dahulu yang terdapat di youtube. Sehingga anda lebih memahaminya.

 

4 Periksa Kondisi Komputer Keseluruhan

Selain cara diatas hal yang perlu anda lakukan adalah melakukan cek kondisi hardware secara keseluruhan, jika anda menggunakan PC atau komputer hal ini masih memungkinkan dilakukan, akan tetapi jika anda menggunakan laptop anda harus serahkan pada ahlinya atau serahkan ke tukang servis laptop.

Untuk pengguna komputer atau PC anda bisa melakukan pengecekan terhadap prosesor komputer, cek apakah kondisi pasta pada prosesor mengering atau tidak, jika mengering ganti dengan pasta yang baru. Selain itu cek juga kipas pada prosesor apakah dalam kondisi menyala atau tidak.

Bersihkan juga debu yang terdapat didalam PC yang anda miliki, jika anda menggunakan VGA Card tambahan lakukan lepas dan bersihkan lempengan kungingan pada VGA menggunakan stip atau penghapus pensil.

Komponen lainnya yang harus anda periksa adalah cek kondisi kabel yang terhubung ke hardisk, konektor power supply apakah dalam kondisi sesuai atau tidak. Jika anda menggunakan DVD ROM cek juga kondisi kabel data dan power pada DVD ROM pada komputer atau PC anda tersebut.

Jika semuanya sudah anda cek, anda tinggal nyalakan ulang komputer anda apakah sudah dkembali normal atau belum. Cara diatas sering berhasil untuk mengatasi komputer bluescreen,

 

5. Gunakan Mode Safe Mode

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah menggunakan teknik safe mode dengan menekan tombol F8 berulang ketika komputer dinyalakan. Setelah anda berhasil masuk ke save mode anda bisa melakukan pembersihan aplikasi dari virus, malware dan lainnya yang mengganggu sistem untuk bekerja maksimal sehingga mengakibatkan bluescreen.

Anda juga bisa melakukan uninstall driver yang bermasalah yang tidak cocok dengan hardware pada komputer anda. Jika dirasa sistem dalam kondisi yang fatal kerusakannya anda bisa melakukan sistem restore dengan masuk ke menu Start - > All Program -> Accessories -> System Tools ->  System Restore.

Tujuannya adalah mengembalikan sistem windows kedalam pengaturan awal secara default dan secara otomatis virus atau malware akan hilang dengan sendirinya

 

Penutup

Cara diatas bisa anda ikuti untuk mengatasi bluescreen pada komputer yang anda alami, teknik dasar diatas sudah biasa digunakan para teknisi komputer atau laptop untuk mengatasi permasalah bluescreen pada klien mereka.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kepada anda mengenai artikel Cara Memperbaiki Bluescreen Pada Windows ini, semoga artikel ini bermanfaat buat anda untuk mengatasi kerusakan bluescreen pada komputer atau laptop anda.

 

Related Posts

Post a Comment