gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 Pada Komputer

Post a Comment

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0 - Bagi anda pengguna komputer atau laptop tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah USB atau Universal Serial Bus. Fitur ini merupakan fitur pada hardware komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan perangkat lainnya terutama untuk akses transfer data.

Perbedaan USB 2.0 dan 3.0 Pada Komputer

Teknologi USB dibuat sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan penghubung tambahan yang terdapat pada internal komputer seperti berbagai kartu slot ke ISA komputer atau BUS PCI. Dengan adanya USB pengguna komputer dapat melakukan plug & play berbagai perangkat dengan mudah tanpa harus melakukan restart komputer.

Dengan adanya USB sistem komputer dapat secara langsung mendeteksi dan melakukan pemprosesan data untuk menjalankan berbagai perangkat dengan cepat untuk berbagai perangkat tambahan yang dibutuhkan, contohnya seperti penggunaan Mouse USB, Wifi Portabel, modem, printer,  flashdisk, Bluetooth dan lain sebagainya .

Salah satu teknologi USB sendiri sudah mengalami perkembangan dari yang sebelumnya USB 2.0 kemudian muncul USB 3.0. Bagi anda yang belum mengetahui perbedaan antara kedua teknologi USB tersebut berikut akan kami ulas secara singkat perbedaannya untuk anda.

 

Perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0

Bagi anda seorang awam tentu bertanya-tanya sebenarnya apa itu perbedaan USB 2.0 dan USB 3.0, tentu dari setiap teknologi komputer yang dibuat memiliki kelebihan setiap fiturnya apalagi jika terjadi pembaruan teknologi yang dibuat seperti USB 2.0 ke USB 3.0 ini. Yang pasti dari segi performa tentu mengalami perubahan yang lebih baik. Berikut adalah perbedaan USB 2.0 dan 3.0 secara garis besar yang wajib anda ketahui.

1. Teknologi NRDY dan ERDY

Pada USB 3.0 terdapat penambahan teknologi NRDY dan ERDY yang memiliki fungsi dapat memaksimalkan penambahan BUS sehingga kinerja komputer dapat memberikan tanda ke host meski tidak secara bersamaan tanpa terdapat notifikasi lagi.

 

2. Transfer Speed

Dalam perkembangannya USB 3.0 tentu memiliki kinerja yang lebih baru dan lebih baik dalam segi kecepatan transfer dan menerima file. Informasi kecepatan transfer tersebut dapat ditemukan dalam kemasan produk USB yang dibeli dengan keterangan Super Speed atau SS pada komputer yang memiliki kemampuan baca hingga 5 GB/ detik.

USB 3.0 sendiri memiliki kecepatan transfer mencapai 6-10x diatas USB 2.0 . Teknologi yang diberikan pada USB 3.0 menggunakan teknologi komunikasi 2 edar bawah yang sanggup menerima data dan melakukan pengiriman data secara simultan dan bersamaan.

Teknologi bi-directional ini belum terdapat pada USB 2.0 sebelumnya. Untuk mengetahui seberapa besar kapasitas transmisi data yang dapat dikerjakan pada USB dapat diketahui melalui informasi label pada USB tersebut. Berbagai informasi tersebut biasa tertulis dalam kemasan fisik USB seperti info dibawah ini.

  • SUPER SPEED (SS) kemampuan transfer baca – terima data komputer memiliki frekuensi clock 4,8 GB / detik.
  • HIGH SPEED kemampuan transfer baca – terima data memiliki frekuensi clock 480 MB / detik dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm. Sebelumnya teknologi ini sudah digunakan pada penggunaan USB 2.0 pada tahun 2000.
  • FULL SPEED DATA memiliki kecepatan transfer dan baca datv dengan frekuensi clock 12 MB/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0.25% atau 2,500ppm. Sebelumnya teknologi ini sudah digunakan sejak peluncuran USB 1.1 pada tahun 1998.
  • LOW SPEED DATA memiliki kecepatan transfer dan baca data dengan frekuensi clock 1.5 MB / detik dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15,000ppm. Teknologi ini pertama kali digunakan pada generasi pertama USB 1.0 pada tahun 1996.

3. Power Management

Penggunaan arus yang dibutuhkan oleh USB 3.0 pada komputer lebih rendah dibandingkan USB 2.0 yang menggunakan daya 4,4 volt. Penggunakan daya pada USB 3.0 hanya membutuhkan data 4 volt dengan arus yang ditingkatkan menjadi 150mA.

Dari segi energi USB 3.0 lebih hemat dengan performa yang lebih baik dibandingkan USB 2.0 . Anda dapat menggunakan 4 sampai 6 perangkat secara bersamaan menggunakan USB 3.0 tanpa mengurangi kecepatan transfer.

 

4. Peningkatan Kecepatan Transfer Data

Seperti yang sudah kami ulas diatas bahwa kecepatan baca pada USB 3.0 meningkat dibandingkan USB 2.0 . Peningkatan USB 3.0 mencapai 5GB/ detik atau 6 - 10 kali lebih cepat dibandingkan USB 2.0 yang hanya memiliki kecepatan transmisi 480MB / detik dengan penggunaan konsumsi daya yang lebih besar dibandingkan USB 3.0.

 

Penutup

Dari ulasan yang kami sampaikan diatas tentu anda sekarang sudah mengetahui apa itu perbedaan USB 3.0 dan 2.0 . Dari segi kelebihan tentu USB 3.0 lebih unggul karena memang dibuat untuk pembaruan teknologi dari USB itu sendiri.

Demikian ulasan ilmuskripsi.com yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga artikel yang kami sampaikan ini bermanfaat buat anda.

Related Posts

Post a Comment