gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan Mudah

Post a Comment

Cara menghapus virus shortcut - Virus komputer adalah serangan yang sering menganggu pada sistem operasi berbasis windows yang dapat membuat file korup hingga hilang tanpa jejak, salah satu virus yang pernah tersebar kesistem komputer secara masal adalah virus shortcut.

Cara Menghapus Virus Shortcut dengan Mudah

Virus shortcut pernah menjadi salah satu virus yang mengganggu karena banyaknya pengguna komputer yang terjangkit. Penyebaran dari virus ini cukup mudah, yaitu dengan melalui media removable disk, seperti flashdisk atau harddisk eksternal.

Untuk saat ini sudah cukup banyak Cara menghapus virus shortcut, maupun mencegah penyebaran dari virus ini. Hampir semua antivirus dengan update terbarupun sekarang dapat menangani masalah virus ini. Dalam tulisan ini, sedikit akan bahas membahas bagaimana Cara menghapus virus shortcut tanpa menggunakan antivirus jika anda bingung dengan koneksi internet, jadi secara manual.

 

Apa itu Virus Shortcut

Virus shortcut sebenarnya tidak sampai membahayakan dokumen, karena virus ini bekerja hanya membuat sebuah shortcut dari dokumen atau folder yang asli dan kemudian dokumen atau folder yang asli akan disembunyikan. Dengan cukup satu klik dari file shortcut yang terdapat di removable disk, maka komputer atau laptop anda akan langsung terjangkit.

Sebelum membahas mengenai Cara menghapus virus shortcut, berkut ini beberapa ciri yang biasa terjadi pada komputer yang dijangkit oleh virus shortcut :

  1. Pertama-tama, setela virus ini menginfeksi sebuah komputer, maka dia akan membuat file induk database.mdb di folder MY Documents
  2. Kedua, virus tersebut akan membuat file autorun.inf pada setiap harddisk atau flashdisk yang terhubung pada komputer.
  3. Ketiga, virus ini juga akan membuat file yang bernama Thumb.db. Berbeda dengan file cache asli dari komputer yang memiliki huruf s yaitu Thumbs.db sedangkan file dari virus tidak memiliki huruf s.
  4. Untuk memancing korban, dia akan membuat file shorcut Microsoft.ink dan Harry Poter.ink pada setiap folder di harddisk yang diinfeksi.
  5. Seperti beberap virus lain, virus ini akan membuat duplicat setiap folder namun bukan dengna ekstensi exe melainkan dengan ekstensi .ink alias shortcut.
  6. Pada task manager tedapat proses services wscript.exe yang sedang berjalan. Dalam kondisi normal, tidak ada proses seperti ini.

 

Langkah Cara Menghapus Virus Shortcut

Setelah mengetahui beberapa ciri mengenai virus shortcut, berikut ini beberapa langkah cara menghapus virus shortcut pada komputer atau laptop yang anda miliki :

  1. Matikan System Restore dari windows. Jika anda ingin menggunakan fasilitas system restore, penulis anjurkan untuk memakai beberapa software seperti acronis atau Norton Ghost.
  2. Matikan proses virus wsrcipt.exe (C:WINDOWSSystem32wscript.exe). Bisa menggunakan Process Explorer atau misc. tool pada HijackThis (HijackThis 2.0.2 ).
  3. Hapus file virus database.mdb di My Documents..
  4. Hapus file duplikat virus dengan mengikuti langkah dibawah ini
    Untuk proses penghapusan file shortcut, anda bisa menggunakan fasilitas search pada Windows. Pada More advanced options, pastikan option Search system folders dan Search hidden files and folders keduanya telah dicentang.Cari  file dengan nama autorun.inf yang memiliki kapasitas ukuran 8 KBCari file dengan nama Thumb.db yang memiliki kapasitas ukuran 8 KB

    Cari file dengan ekstensi .lnk.lnk yang memiliki kapasitas ukuran 1 KB

    Hapus semua file yang ditemukan diatas..

  5. Hapus registry Autorun yang dibuat virus dengan menggunakan HijackThis.

 

Dengan mengikuti langkah diatas anda bisa mengantisipasi virus shortcut yang sangat mengganggu pada sistem windows anda dan tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan file yang anda miliki korup atau hilang.

Demikian artikel ilmuskripsi yang dapat kami bahas mengenai cara menghapus virus shortcut ini. Selain cara diatas Anda bisa menggunakan antivirus smadav terbaru atau beberapa antivirus terbaik yang menurut anda bagus dengan update terbaru untuk melakukan pencegahan dan pembasmian terhadap virus seperti ini.

Related Posts

Post a Comment