gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

1 Liter Berapa Kilogram ? Ini Jawaban Jelasnya

Post a Comment

1 liter berapa kilogram - Banyak orang yang belum hafal betul mengenai perhitungan satuan berat benda cair dan benda padat untuk menghitung berbagai aktivitas penunjang kehidupan keseharian. Contohnya adalah menghitung konversi 1 leter berapa kilogram.

Kali ini ilmuskripsi akan membagikan kepada para membaca konversi hitungan liter ke kilogram agar Anda lebih mudah untuk mengetahuinya. Untuk lebih jelasnya simah ulasan kami dibawah ini.

1 liter Berapa Kilogram

Pengertian Liter dan Kilogram

Liter merupakan satuan volume yang digunakan untuk menghitung beberapa zat benda dalam kehidupan sehari-hari. Satuan ini memiliki simbol L huruf kecil dan dapat digunakan untuk mengkonversi satuan berat benda cair, seperti minyak, air dan benda lainnya yang dibutuhkan.

Kilogram merupakan satuan berat massa yang digunakan untuk menghitung berbagai macam jenis benda padat. Simbol kilogram sendiri disingkat dengan ( kg ) . Satuan ini sering digunakan untuk menghitung berbagai jenis kebutuhan sehari-hari terutama dalam hal dunia bisnis untuk berjualan.

 

Lalu 1 liter berapa kilogram ?

Setelah kita mengetahui definisi dari pengertian diatas selanjutnya kita akan mencari tahu 1 liter berapa kilogram dengan rumus yang sudah ditetapkan. Liter sendiri merupakan satuan volume sedangkan kilogram adalah satuan berat. Untuk mengetahui liter ke kilogram tidak bisa secara langsung dikonversikan.

Kita harus melalukan perhitungan liter ke kilogram dengan menggunakan rumus besaran lainnya yang menghubungkan liter ke kilogram. Caranya adalah dengan menggunakan rumus massa jenis dengan rumus sebagai berikut ini.

ρ = m / V

dimana

ρ = massa jenis
m = massa
V = volume

Sedangkan jenis satuannya sendiri menyesuaikan dengan satuan yang digunakan misalkan massa menggunakan satuan kg dan volume menggunakan m³ maka satuannya massa jenis bisa ditulis kg/m³.

Kemudian dari rumus massa jenis diatas kita akan melakukan konversi dari volume ke massa dengan rumus sebagai berikut ini.

m = ρ x V

dimana

ρ = massa jenis
m = massa
V = volume

Setelah kita mendapatkan semua rumusnya selanjutnya kita akan coba menjawab pertanyaan 1 liter berapa kilogram dengan studi kasus diketahui air dalam galon dengan massa jeni 1 liter Kg/L hitunglah massa lyer air yang terdapat didalam galon tersebut.

Jawabannya adalah sebagai berikut ini

m = ρ × V
m = 1 (Kg / liter) × 1 L
m = 1 kg

Jadi massa 1 Liter air adalah 1 Kg atau dengan kata lain jawaban dari pertanyaan 1 liter berapa kilogram adalah 1 liter sama dengan 1 kilogram.

Penutup

Bagaimana mudah bukan cara menghitungnya ? Jangan kawatir Anda tidak perlu menghafal rumus diatas, yang perlu Anda ketahui adalah ternyata 1 liter itu sama dengan 1 kilogram sehingga pertanyaan diatas sudah terjawab sesuai dengan informasi yang Anda cari.

Demikian artikel kami mengenao 1 liter berapa kilogram ini semoga bermanfaat buat Anda yang sedang mencari informasi yang Anda inginkan. Sekian dan terimakasih.

 

  

Related Posts

Post a Comment