gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Membuat Update Data PHP dengan Database MySQL

Post a Comment

 

Pada bab kali ini kita akan membahas bagaimana membuat proses update data dengan PHP dan database MySQL. Perlu anda ketahui artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang sudah saya buat jadi ada baiknya anda membaca artikel yang saya buat sebelumnya agar tidak bingung dalam memahami apa yang saya paparkan pada artikel ini.

Berikut adalah daftar artikel yang sudah saya buat sebelumnya.

1. Belajar PHP Dasar Membuat CRUD dengan PHP dan Database MySQL

2. Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql

3. Membuat Insert Data PHP Ke Database MySQL

4. Cara Menampilkan Data dari Database MySQL dengan PHP

Setelah anda membaca artikel-artikel diatas kali ini kelanjutannya adalah membuat update data dengan PHP dan database MySQL. Untuk membuat proses update data kita akan membuat 2 file PHP yang akan kita beri nama editdata.php dan proseseditdata.php.

Kedua file tersebut akan kita simpan dalam folder htdoct/mywebsite sesuai dengan folder yang sudah kita buat sebelumnya pada artikel "Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql".

Baik untuk tahap selanjutnya buatlah file editdata.php kemudian simpan pada folder yang sudah saya jelaskan diatas. dan berikut adalah isi file dari editdata.php.

editdata.php

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
41
42
43
44
45
46
47
48
<html>
<head>
	<title>Insert Data</title>
</head>
<body>
<?php
extract ($_POST);
extract ($_GET);
include "koneksi.php";
$data="SELECT * FROM menu WHERE id='$id'";
$sql=mysql_query($data);
$array=mysql_fetch_array($sql);
?>

	<div align="center"><strong>EDIT DATA</strong></div>
	<form action="proseseditdata.php" method="post">		
		<table width="376" border="0" align="center" bgcolor="#CCCCCC">
              <tr>
                <td>&nbsp;</td>
                <td>&nbsp;</td>
                <td><input name="id" type="text" id="id" value="<?php echo "$array[0]";?>" /></td>
              </tr>
              <tr>
                <td width="88">judul menu </td>
                <td width="10">:</td>
                <td width="264"><input name="judulmenu" type="text" id="judulmenu" 							                 value="<?php echo 	"$array[1]";?>" /></td>
              </tr>
              <tr>
                <td valign="top">isi menu </td>
                <td valign="top">:</td>
                <td><textarea cols="30" id="isimenu" name="isimenu" 										                  rows="5"><?php echo "$array[2]";?></textarea></td>
              </tr>
              <tr>
                <td>&nbsp;</td>
                <td>&nbsp;</td>
                <td><input type="submit" name="edit" value="update" /></td>
              </tr>
              <tr>
                <td>&nbsp;</td>
                <td>&nbsp;</td>
                <td>&nbsp;</td>
              </tr>
            </table>
	</form>
	<br />
	</body>
	</html>
	

Setelah anda selesai melakukan proses pengkodingan pada file diatas maka hasil dari file tersebut adalah seperti tampilan form input  yang sudah kita buat pada artikel "Membuat Insert Data PHP Ke Database MySQL".

Perbedaannya hanya terlihat pada tombol button, jika form insert data nama buttonnya input sedangkan pada update data ini nama button kita beri nama update.

Tahap selanjutnya buatlah file proseseditdata.php, dan simpan pada folder yang sama. Berikut adalah isi dari file proseseditdata.php


proseseditdata.php


1
2
3
4
5
6
7
8
<?php
extract($_GET);
extract($_POST);
include"koneksi.php";
$edit= "UPDATE menu SET judulmenu ='$judulmenu', isimenu='$isimenu' WHERE id ='$id'";
$query=mysql_query($edit); 
header("location:tampildata.php");
?>


File diatas berfungsi untuk melakukan proses update data dengan PHP. dimana kita akan mengeset tabel menu dengan atribut judulmenu, dan atribut isimenu. Pembuatan database dan tabel dalam database MySQL diatas sudah kita buat sebelumnya pada artikel "Belajar PHP Dasar Membuat CRUD dengan PHP dan Database Mysql".

Setelah anda selesai mengetik semua kode code, selanjutnya bukalah halaman tampildata.php yang sudah kita buat pada artikel "Cara Menampilkan Data dari Database MySQL dengan PHP".

Buka file tampildata.php di browser anda kemudian lakukan pengeksekusian dengan melakukan klik  tombol edit. Jika kode penulisan anda benar maka akan tampil halaman edit data .

Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada gambar dibawah ini.




Mari kita ulas dari code diatas,dari proses update data diatas kita mempunyai dua langkah yaitu langkah pertama kita membuat form untuk mengupdate data dan selajutnya membuat proses peng-updatetan data lihatlah bagian kode di line 16. 


16
<form action="proseseditdata.php" method="post">

Kode tersebut berfungsi dimana kalau kita mengklik tombol proses update maka akan menuju ke file proseseditdata.php yang berfungsi untuk melakukan proses update data menggunakan bahasa pemprograman PHP.

Kemudian simak juga kode pada baris 21 seperti bawah ini

21
<td><input name="id" type="text" id="id" value="<?php echo "$array[0]";?>" /></td>

Kode tersebut berfungsi untuk membawa data id melalui array ke-0 . Data id tersebut akan ikut disimpan pada saat proses edit data, tapi data id tidak akan diubah karna id tersebut merupakan primery key. 

Form id tersebut bertipe hidden jadi tidak terlihat di form ketika di tampilkan pada browser , jika anda ingin melihat apakah id diatas ikut terbawa apa tidak. Cobalah code type=”hidden” di ganti dengan type=”text” maka nanti id akan kelihatan.


Kemudian pada file proseseditdata.php yang perlu di perhatikan adalah di bagian kode dengan fungsi header location pada line 7 seperti dibawah ini.

7
header("location:tampildata.php");


Kode tersebut berfungsi untuk mengarahkan ke file mana setelah data tersebut di proses. Setelah kita mengklik tombol update maka kita akan diarahkan ke file proseseditdata.php. 

Setelah proses tersebut dilakukan maka secara cepat kode header location akan mengembalikan ke file mana yang kita tuju. Dalam kasus diatas kita mengembalikan ke file tampildata.php jadi setelah di update otomatis kembali ke tampildata.php. Untuk lebih jelasnya lihat di gambar dibawah ini.


Membuat Update Data PHP dengan Database MySQL



Bagaimana cukup panjang ya prosesnya ? ulasan diatas bisa anda praktekan pelan-pelan dan jika dalam proses praktek anda lakukan dengan sesuai dengan artikel yang saya buat, maka program akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jika ada pertanyaan silahkan bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah. Dan untuk tahap selanjutnya kita akan membuat proses delete / hapus data dengan PHP. Anda bisa menyimaknya pada artikel dibawah ini.





Related Posts

Post a Comment