gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql

Post a Comment

 

Artikel ini saya buat untuk melanjutnya artikel sebelumnya, jadi bagi anda yang langsung tertuju pada artikel ini sebaiknya anda baca dulu artikel saya sebelumnya pada judul.

Belajar PHP Dasar Membuat CRUD dengan PHP dan Database Mysql

Setelah anda baca artikel diatas maka akan mengetahui langkah selanjutnya pada artikel ini. Baik langsung saja setelah pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengenal tentang PHP dasar dan sudah membuat database di phpmyadmin, langkah selanjutnya adalah menghubungkan database tersebut ke file php.

Setelah database di buat langkah selanjutnya kita membuat beberapa file untuk latihan kita seperti file koneksi.php, insert.php , hapusdata.php , edit.php dan tampildata.php .

Langkah pertama sebelum kita membuat semua file tersebut kita harus membuat koneksi antara file php dengan database. Setiap file yang kita buat kita harus menyimpan data tersebut pada direktori C:\xampp\htdocs

Buatlah folder baru di dalam direktori C:\xampp\htdocs dan beri nama folder tersebut dengan nama mywebsite. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql


Jika belum menginstal xampp silahkan download langkahnya pada judul artikel dibawah ini

BACA JUGA : CARA INSTALL XAMPP 1.7.3 


Nantinya dari setiap file yang kita buat akan disimpan dalam folder tersebut. Untuk penyimpanan selain di deriktori C:\xampp\htdocs file tidak akan dapat berjalan dan di eksekusi karena php hanya dapat berjalan melalui server. Dan untuk aturan penyimpanannya hanya di folder tersebut.

Baiklah untuk selanjutnya kita membuat file koneksi.php untuk menghubungan antara database dengan file php. Untuk tool yang di gunakan disini kita menggunakan anda bisa menggunakan notepad++, sublim text atau yang lainnya.

Buka tools editor anda kemudian buatlah file php dengan nama koneksi.php kemudian langsung saja file tersebut di simpan ke direktori C:\xampp\htdocs\mywebsite dengan kata lain, di simpan difolder yang telah kita buat tadi.

Berikut adalah isi dari file koneksi.php


1
2
3
4
5
6
7
8
<?php
$host="localhost";
$user="root";
$pass="";
$dbname="databaseku";
$konek=mysql_connect($host,$user,$pass) or die("Koneksi gagal");
mysql_select_db($dbname,$konek) or die ("Datababase tidak ditemukan !");
?>

Ketik kode seperti diatas, untuk keterangan programnya dibagian $pass tidak usah di isi passwordnya di karenakan di xampp dalam keadaan default belum di set passwornya dengan kata lain password masih kosong. Tetapi jika phpmyadmin milik anda sudah diset password, maka isikan sesuai dengan password anda masing-masing.

Kemudian dibagian $dbname kita isi databseku karena database yang kita buat di phpmyadmin pada artikel sebelumnya  adalah bernama databaseku

Untuk $host dan $user secara default kita isikan localhost dan root . Tahap selanjutnya program akan kita tes apakah koneksi tersebut bisa berjalan atau tidak. 

Buka browser anda kemudian ketikan alamat berikut http://localhost/mywebsite/koneksi.php .

Untuk setiap pengaksesan data kita harus mengakses alamat localhost terlebih dahulu seperti contoh diatas, karena kita berjalan lewat local server. 

Jadi langkah untuk mengakses setiap file php adalah dengan cara mengetik http://localhost/namafolder/namafile.php .

Jika hasilnya blank atau kosongan seperti gambar dibawah ini, itu berarti koneksi berhasil di jalankan dan sukses terhubung dengan database yang sudah kita buat. Jika gagal maka akan muncul pesan eror pada halaman tersebut. Untuk lebih jelasnya lihatlah seperti gambar berikut. 


Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql


Demikian adalah langkah untuk membuat file koneksi.php. Untuk tahap selanjutnya kita akan membuat input data kedalam database dengan php.

Untuk penjelasan tentang langkah-langkah tersebut saya jelaskan pada artikel dibawah ini.




Related Posts

Post a Comment