gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

Membuat Delete / Hapus Data dengan PHP dan Database MySQL

Post a Comment


Hapus data sangat dibutuhkan dalam memanipulasi data dalam database yang kita punya, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Membuat Delete / Hapus Data dengan PHP dan Database MySQL  dimana artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pembelajaran PHP dasar yang harus dipelajari.

Ada baiknya sebelum anda mempelajari tentang hapus data ini, ada membaca artikel sebelumnya yang sudah saya tulis, berikut adalah artikel urutan yang sudah saya buat.

1. Belajar PHP Dasar Membuat CRUD dengan PHP dan Database MySQL

2. Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql

3. Membuat Insert Data PHP Ke Database MySQL

4. Cara Menampilkan Data dari Database MySQL dengan PHP

5. Membuat Update Data PHP dengan Database MySQL


Setelah anda memahami dari artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kelanjutannya kita akan membuat file hapus data dari database yang sudah kita buat sebelumnya.

Baik langsung saja, silahkan buat file hapusdata.php, kemudian simpan file tersebut dalam folder htdoct/mywebsite seperti yang telah dijelaskan dalam artikel "Membuat File Koneksi PHP dengan Database Mysql". Kemudian ketikan kode berikut didala file hapusdata.php, berikut adalah isi filenya.

hapusdata.php

1
2
3
4
5
6
7
8
<?php
extract ($_POST);
extract ($_GET);
include"koneksi.php";
$hapus_data="DELETE FROM menu WHERE id ='$id'";
$jalan_hapus=mysql_query($hapus_data);
header("location:tampildata.php");
?>


Setelah anda selesai mengitik kode diatas, perlu anda keteahui sebelumnya bahwa kode tersebut merupakan kode untuk mengeksekusi hapus data dalam database mysql yang sudah kita buat sebelumnya, seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel "Belajar PHP Dasar Membuat CRUD dengan PHP dan Database MySQL". Tentang bagaimana membuat database yang kita gunakan kali ini.

Penjelasan dari kode tersebut akan saya terangkan pada line 5, dimana kita akan menghapus data dari tabel menu didalam database dengan kondisi menghapus data berdasarkan id yang kita pilih. 
Jadi data yang terhapus nantinya adalah data yang id nya dipilih atau diklik oleh user yang mengeksekusi.

Kemudian pada line 7 pada kode diatas berfungsi setelah melakukan eksekusi hapus data, nantinya akan dikembalikan pada halaman tampildata.php.

Pada kode hapus data yang kita buat ini tidak terlalu banyak dimana  cara kerjanya anda bisa melihat kodingan dibawah ini yang sudah saya jelaskan pada artikel "Cara Menampilkan Data dari Database MySQL dengan PHP". Lihatlah pada line 27.

file tampildata.php
27
<a href="hapusdata.php?&id=<?php echo "$array[0]"; ?>">hapus</a> 


file hapusdata.php
5
$hapus_data="DELETE FROM menu WHERE id ='$id'";


File  tampildata.php pada line 27 diatas berfungsi untuk membuat menu hapus, yang nantinya jika menu hapus di klik akan mengarah pada file hapusdata.php yang sudah kita buat pada pembahasan ini. Dan proses hapus tersebut berdasarkan array ke-0 atau dalam kasus ini array ke-0 adalah kta namai id.

Kemudian pada file hapusdata.php pada line 5 diatas , akan menangkap array ke-0 / id dari  file hapusdata.php pada line ke 27 diatas melalui kode where id='$id' , maksudnya dalah akan menghapus berdasarkan id yang dipilih untuk dihapus.

Berikut adalah gambar ilustrasi dari hasil hapus diatas, lakukanlah pengisian data kembali pada alamat localhost/mywebsite/insert.php yang sudah saya jelaskan pada artikel "Membuat Insert Data PHP Ke Database MySQL" minimal 3 data dan kemudian akses file localhost/mywebsite/tampildata.php  untuk melakukanlah penghapusan data.

Berikut adalah hasil yang sudah saya lakukan. 

Membuat Delete / Hapus Data dengan PHP dan Database MySQL


Maksud dari gambar diatas adalah dimana kita menghapus file contact maka yang terhapus adalah file contact berdasarkan array ke-0 atau berdasarkan id pada judul menu contact. Jadi tidak semua file yang ada diatas terhapus semua. 

Semoga tutorial singkat ini bermanfaat buat anda, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pada kolom komentar. terimkasih.




Related Posts

Post a Comment