JUDUL : Perancangan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Pada Industri Rumah Tangga Puppy Putra Perdana

JUDUL : Perancangan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Pada Industri Rumah Tangga Puppy Putra Perdana

JUDUL : Perancangan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Pada Industri Rumah Tangga Puppy Putra Perdana

 

Abstrak 

Manajemen rantai pasok merupakan kegiatan yang mengkonversi bahan mentah menjadi barang jadi dan aliran distribusi kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen rantai pasok pada Puppy Putra Perdana meliputi proses distribusi ke agen dan toko. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah analisis deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Aplikasi yang dirancang menyajikan informasi bagi pihak internal produsen,agen dan toko berbasis web. Aplikasi ini akan mempermudah komunikasi antara agen dan toko dalam melakukan pemesanan terhadap produk yang ditawarkan oleh Puppy Putra Perdana. Hasil penelitian ini berupa aplikasi manajemen rantai pasok berbasis web yang akan mempermudah Puppy Putra Perdana melakukan transaksi dengan agen maupun dengan toko. 

Kata kunci: Manajemen rantai pasok,aplikasi,agen,toko


PENDAHULUAN 

Dalam era revolusi industri 4.0, sebuah industri seharusnya tidak terlepas dari sebuah teknologi dalam penerapannya untuk menghasilkan sebuah produk dan untuk mengumpulkan informasi terkini. Salah satu kriteria perusahaan industri yang berhasil adalah perusahaan yang mampu menghubungkan lingkungan internal dan eksternal,seperti rantai pasok distribusi yang berada di dalam lingkup ekternal perusahaan. Dalam meningkatkan performa rangkaian proses bisnis dibutuhkan supply chain yang dapat berjalan dengan baik karena perusahaan mampu berkomunikasi dengan baik dengan mitra bisnisnya. Selain meningkatkan efisiensi dan kualitas dari sebuah produk perusahaan juga harus meningkatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Industri menurut Sukirno (1995) adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan ekonomi yang tergolong dalam sektor sekunder. Industri juga dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan ekonomi dalam mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi kemudian diolah kembali menjadi barang jadi. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang industri merupakan sebuah kebutuhan untuk pertukaran data dan informasi dengan cepat dan akurat. Kementrian Perindustrian Republik Indonesia memperoleh hasil penelitian bahwa pada ekspor Indonesia di tahun 2017, bidang industri menduduki peringkat pertama yaitu sebesar 74,10% yang kemudian diikuti oleh bidang tambang sebesar 14,39%, migas 9,33% dan yang terakhir pertanian sebesar 2,18% [4]. Hal ini mendorong untuk lebih dimajukannya bidang industri di Indonesia dengan mempermudah komunikasi antar peran rantai pasok. 


 Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

JUDUL : Perancangan Aplikasi Manajemen Rantai Pasok Pada Industri Rumah Tangga Puppy Putra Perdana

Kata Kunci : Perancangan Aplikasi, Jurnal Sistem Pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi