gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JUDUL : Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana

Post a Comment

 

JUDUL : Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan negatif antara selfregulation dengan kecenderungan adiksi terhadap game online pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil ada 95 orang. Metode pengumpulan data pada variable adiksi game online berupa Game Addiction Scale yang diadopsi dari teori Griffths dan Davies (2004) yang menggambarkan adanya ketergantungan terhadap game online pada mahasiswa berdasarkan kriteria DSM IV dengan mengembangkan tujuh aspek diantaranya: Sailience, Tolerance, Mood Modification, Relapse, Withdrawal Symptoms, Conflict, dan Problems. Pada variable self-regulation menggunakan Self Regulation Quesionaire (SRQ) dari Brown, Millier, dan Lawendowski (1999). Hasil penelitian ini diperoleh nilai korelasi product moment rxy = -0.545 ; p = 0.00 (p < 0,05) yang berarti terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self-regulation terhadap kecenderungan adiksi game online pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana. 

Kata kunci: kecenderungan adiksi game online, self-regulation.


PENDAHULUAN 

Pada saat ini kemajuan teknologi berkembang sangat pesat, seperti halnya dengan media komunikasi dan media elektronik yang semakin hari mengalami perkembangan yang begitu sangatlah pesat. Salah satu yang berkembang pada saat ini adalah jaringan internet. Ketertarikan seseorang terhadap internet banyak bergantung kepada kepentingan, minat, dan kepribadian setiap individu seperti ketertarikan pada game online. Tidak sedikit para mahasiswa yang ikut dalam bermain game online, bahkan rela menghabiskan uang jajannya untuk menikmati fasilitas permainan yang tersedia dalam game online, ini dikarenakan terdapat banyak jenis game dapat dimainkan yang memiliki akhir dan cara mencapainya artinya ada tujuan, dan hasil untuk mencapai keduanya. Game online ini juga dapat di mainkan melalui media smart phone (telfon genggam) dengan cara menggunakan paket data ataupun wifi yang ada disekitar kampus. Game online mempunyai perbedaan yang sangat besar dengan game yang lainnya yaitu pemain game tidak hanya dapat bermain dengan orang yang ada disebelahnya namun juga dapat bermain di lokasi lain, bahkan pemain yang ada dibelahan bumi lain (Young, 2007). Hal ini memungkinkan para pemain mendapatkan kesempatan sama-sama bermain dan beriteraksi serta membentuk komunitasnya sendiri dalam dunia maya. 


Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

JUDUL : Hubungan Antara Self-Regulation Dengan Kecenderungan Adiksi Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana



Kata Kunci : Game Online , Jurnal Sistem Pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi


Related Posts

Post a Comment