JUDUL : Perancangan Aplikasi Pengenalan Kendaraan Militer Dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking

JUDUL : Perancangan Aplikasi Pengenalan Kendaraan Militer Dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking

JUDUL : Perancangan Aplikasi Pengenalan Kendaraan Militer Dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking

 

Abstrak 

Perkembangan teknologi saat ini kian bervariasi dan memunculkan berbagai inovasi, salah satunya adalah penggunaan media auugmented reality. Teknologi augmented reality memadukan antara seni 2 dimensi dan 3 dimensi, dimana objek 2 dimensi menjadi sebuah marker yang nantinya akan menampilkan objek dalam bentuk 3 dimensi. Dalam penelitian ini membahas mengenai aplikasi augmented reality menggunakan prinsip marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada, mengingatnya minimnya pengetahuan wawasan mengenai kendaraan-kendaraan menjadi salah satu alasan untuk melakukan penelitian ini. Aplikasi ini diimplementasikan sebagai media untuk membantu dalam melihat sekaligus mengenalkan berbagai macam objek kendaraan militer melalui sebuah media augmented reality. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity Engine versi 2019.2.16f1 yang dilengkapi dengan Vuforia SDK. Aplikasi ini dibuat melalui beberapa tahapan, diantaranya dimulai dengan perancangan UI aplikasi, lalu memasukkan objek 3 dimensi kedalam Unity Engine, pembuatan marker dengan Vuforia, dan tahapan yang terakhir adalah pengujian aplikasi menggunakan smartphone. Hasil aplikasi ini nantinya akan diimplementasikan dalam ekstensi (.apk) yang dapat digunakan di perangkat berbasis android. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat menciptakan media yang menarik dengan augmented reality menggunakan marker based tracking untuk mengenalkan berbagai macam kendaraan militer yang ada. 

Kata kunci: Kendaraan Militer, Augmented Reality, Marker Based Ttracking, Android


PENDAHULUAN 

Saat ini teknologi dibidang militer kian berkembang pesat khusunya di negara di Indonesia. Banyaknya perkembangan dari segi teknologi, fiturfitur yang tersedia kian menambah kecanggihan dari sebuah kendaran militer. Dengan adanya perkembangan tersebut nantinya dapat menunjang berbagai kebutuhan militer, baik pada saat latihan tempur maupun di medan perang. Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang memadukan antara objek virtual dan objek nyata. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality sangat bervariatif, mulai dari di bidang pendidikan, kedokteran, militer dan wisata. Teknologi AR banyak digunakan karena sifatnya yang interaktif, dimana pengguna dengan menggunakan kamera dari smartphone kemudian melakukan proses scanning kedalam sebuah marker, nantinya dari sebuah hasil scanning tersebut dapat memunculkan bentuk objek 3 dimensi[1]. Salah satu metode augmented reality yang digunakan dalam penelitian ini adalah Marker Based Tracking dimana metode ini menggunakan marker atau penanda untuk memunculkan objek maya kedalam bentuk nyata 3 dimensi [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi augmented reality sebagai media pengenalan kendaraan militer. Dimana diharapkannya dengan adanya aplikasi ini dapat membantu menambah wawasan pengetahuan mengenai beraneka ragamnya jenis dan model kendaraan militer yang ada. Selain itu dengan adanya aplikasi ini pengguna akan lebih interaktif, dan dapat meningkatkan minat dalam mempelajari dan mengenal berbagai macam kendaraan militer yang ada.

Untuk lebih lengkapnya anda bisa mendownload jurnal nya di link berikut :

JUDUL : Perancangan Aplikasi Pengenalan Kendaraan Militer Dengan Augmented Reality Menggunakan Marker Based Tracking


Kata Kunci : Rancangan Aplikasi, Maker Based Tracking, Jurnal Sistem Pakar, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi