7 Ide Usaha / Bisnis Yang Menjanjikan dengan Modal Kecil di Tahun 2021

7 Ide Usaha / Bisnis Yang Menjanjikan dengan Modal Kecil di Tahun 2021



Membuka usaha sendiri menjadi hal yang di dambakan banyak orang, terlebih dengan membuka usaha sendiri kebebasan waktu dan ketidak terikatan kerja dengan orang lain menjadikan seseorang lebih bebas dari segi aktivitas dan tidak monoton melakukan rutinitas yang sama setiap hari.

Hal lain yang menjadikan banyak orang ingin mempunyai usaha sendiri adalah untuk mendapatkan penghasilan yang lebih diluar dari gaji jika kerja ikut orang lain. Permasalahannya adalah tidak semua orang mampu mewujudkan impiannya itu untuk memiliki sebuah usaha, banyak faktor yang membuat sebagian besar orang ragu untuk memulainya. Seperti halnya bingung mau membuka usaha apa dan disisi lain belum punya pengalaman untuk memulainya. Faktor lain adalah masalah modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha tersebut.

Apakah kamu termasuk kedalam kategori orang-orang tersebut ? Jika iya maka pada artikel ini akan diulas ide-ide usaha apa saja yang bisa kamu manfaatkan dan mulai untuk memiliki sebuah usaha. Tentunya pilihan tersebut harus sesuai dengan passion dan kemampuan kamu untuk memulainya, agar kedepan dalam menjalani usaha tersebut terdapat semangat dan konsisten karna usaha yang dijalani sesuai dengan apa yang di impikan

Tentunya banyak peluang usaha yang tersebar disekitar kita untuk bisa kita adopsi dan bisa kita terapkan untuk kita mulai, disertai tekat, niat yang kuat dan tentunya semangat pantang menyerah. Untuk memulai usaha juga tidak harus dimulai dengan modal besar, ada beberapa ide-ide bisnis yang bahkan dimulai tanpa modal atau bisa dikatakan modal omongan saja, contohnya adalah dengan  menawarkan produk / jasa orang lain kepada kerabat/ orang disekitar kita dan kita mendapatkan komisi dari produk / jasa tersebut.

Oke langsung saja berikut ini adalah ide-ide usaha / bisnis di tahun 2021 yang dapat kamu adopsi untuk memulai mempunyai usaha yang kamu impikan !


1. Membuat Makanan Ringan / Jajanan Pasar / Kue

Jika kamu termasuk orang yang pintar memasak hal ini bisa kamu lakukan, banyak orang yang doyan nyemil diwaktu santai atau sekedar ingin merasakan berbagai makanan jajaringan seperti snack ringan atau jajanan pasar. Tidak heran jika salah satu ide usaha ini termasuk laris dipasaran terlebih lagi di zaman sekarang sudah jarang ditemui jajanan pasar kecuali kita mencari di pasar tradisional, akan tetatpi tidak semua pasar tradisional juga menjajakan makanan ini.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan menjualnya di tempat-tempat yang ramai, seperti di puja sera, di jalan-jalan tempat orang kumpul, intinya tempat yang banyak kerumunannya. Akan lebih baik lagi jika kamu mempunyai tempat yang tetap untuk mangkal. Sehingga lebih memudahkan pelanggan untuk mencari produkmu ini. Waktu jualannya pun bisa kamu lakukan di pagi maupun sore sampai malam hari. Selain bisa kamu jajakan secara langsung, bisa juga kamu promosikan secara online pada kerabat melalui sosial media dll


2. Mengajar Bimbel

Ya, membuka bimbingan belajar secara private ini bisa kamu lakukan jika kamu mempunyai kemampuan yang baik dalam hal akademik ketika disekolah. Bimbingan belajar ini bisa kamu mulai sesuai dengan tingkat kemampuanmu, bisa dilakukan dengan memuka kelas private untuk anak SD yang pelajarannya belum terlalu rumit.

Kamu bisa melakukannya dengan membuat brosur sederhana dan dicetak lalu disebarkan ke sekolah-sekolah. Contohnya pada sekolah tingkat dasar / SD bagikan brosur tersebut pada saat jam pulang sekolah. Dan perbanyak target sekolah yang akan dikasih brosur, hal itu bisa kamu kasih ke para murid atau langsung ke orang tua mereka jika saat pulang mereka dijemput oleh orang tua.

Setelah kamu banyak murid kamu bisa merekrut teman-teman kamu untuk diajak untuk menjai tentor dengan sistem bagi hasil. Tentunya tarifnya kamu sendiri yang mentukan sesuai dengan harga umum diwilayah kamu, contoh jika mengajar anak SD per jam bertarif 35 Ribu atau 1.5 jam di patok dengan tarif 45 Ribu. Jika kamu sudah mempunyai partner untuk dijadikan tentor maka kamu bisa tentukan bagi hasil dari tarif tersebut. 


3. Jual Minuman Es dan Bakso / Sosis Bakar

Salah satu ide ini bisa kamu terapkan dilingkungan sekitarmu, mengingat banyak masyarakat Indonesia yang gemar dengan berbagai macam makanan kususnya jajanan ringan. 

Kamu bisa menjual berbagai macam minuman seperti es campur dengan harga mulai dari 3000 ribuan, ditambah lagi dengan camilan seperti bakso / sosis bakar. Tentunya dengan resep masakan yang mudah dibuat dan proses penyajiannya juga tidak terlalu rumit ketika kamu jual.


4. Membuka Jasa Jahit Baju

Salah satu alternatif ini tentunya harus kamu kuasai dahulu kehaliannya, tidak menutup kemungkinan membuka jasa permak/ jahit baju bisa kamu manfaatkan untuk menambah pemasukan kamu yang bisa dikerjakan dirumah.

Pastinya setiap orang disekitar kamu memiliki permasalahan sederhana tentang pakaian yang mereka pakai, dari baju robek, ukuran yang kebesaran hingga ingin membuat baju yang sesuai model mereka. Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk kamu kembangkan terutama dilingkungan sekitar kamu.


5. Membuka Cukur Rambut

Setiap orang tentunya butuh rambut mereka untuk dirapikan, alternatif ini bisa kamu lakukan jika kamu mempunyai pasion dibidang ini. Dengan modal membeli alat diawal bisa kamu gunakan berulang kali untuk membuka jasa potong rambut ini, kamu bisa melakukan potong rambut khusus pria atau wanita.

Tentunya jika kamu sudah mempunyai pelanggan yang tetap akan memudahkan dan sanga menguntungkan kamu untuk lebih mengembangkan jasa yang satu ini.


6. Jual Paket Wifi Internet

Hal yang satu ini berbeda hlo dengan jualan paket internet atau pulsa. Yang dimaksud disini adalah kamu menjual voucher internet disekitar komplek. Caranya kamu harus memasang provider untuk berlangganan internet bulanan terlebih dahulu, contohnya seperti berlangganan indihome. Setelah itu tinggal kamu tawarkan ke tetangga kamu jika ingin ikut menggunakan jasa internet dirumahmu. Untuk biaya bisa kamu tarik bulanan atau bisa dibikinkan voucher paket perjam atau lainnya.

Untuk setting bikin voucher ini bisa kamu serahkan para ahli IT untuk mengoprek internetmu biar bisa kamu jual kembali. Atau jika dirumahmu banyak anak-anak buat saja internet corner sederhana, tinggal jual saja vouchernya untuk paket perjam.


7. Jual Air Isi Ulang

Kebutuhan air bersih untuk konsumsi di zaman sekarang sudah mulai banyak disadari masyarakat, oleh karena itu salah satu usaha ini bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa memulainya dengan menjadi agen air minum bersih / galon isi ulang dahulu. Perbanyak pelanggan dari tetangga sekitar. Alih-alih jika kamu terima pesan antar hal ini akan menjadi nilai plus untuk menambah banyak pelanggan.

Jika kamu tekun dan pelayananmu bagus, tentunya akan banyak pelanggan yang mau membeli air isi ulang dengan berlangganan kepadamu.