JURNAL: SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS PHP DAN MySQL DI MTs NEGERI MODEL PARAKAN

JURNAL: SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS PHP DAN MySQL DI MTs NEGERI MODEL PARAKAN

JURNAL: SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS PHP DAN MySQL DI MTs NEGERI MODEL PARAKAN


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa Sistem Informasi Akademik yang berbasis PHP dan MySQL sebagai pendukung proses kegiatan belajar mengajar. Kemudian menguji kelayakannya dari segi Design, Usability, Content dan Accessibility untuk dipergunakan di MTs Negeri Model Parakan.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Adapun langkah-langkah penelitian yaitu: potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, produk, validasi ahli, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk masal. Respon uji coba yaitu 205 siswa dan 48 guru, yaitu 35 siswa untuk uji coba instrumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan dipersentase terhadap kategori skala penilaian yang telah ditentukan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut dari uji kelayakan yang dikembangkan sistem informasi akademik menurut administrator memperoleh persentase sebesar 81,66% termasuk dalam kategori sangat layak, menurut guru memperoleh persentase sebesar 80% termasuk dalam kategori sangat layak. Menurut siswa memperoleh persentase sebesar 79,17% termasuk dalam kategori layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik berbasis PHP dan MySQL memiliki kualitas layak untuk mendukung proses belajar mengajar.

Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, pengembangan, PHP dan MySQL

Pendahuluan

Komputer merupakan alat yang sangat dibutuhkan hampir disetiap kegiatan baik itu oleh perusahaan maupun dalam dunia pendidikan. Dunia pendidikan saat ini juga mengikuti perkembangan serta kemajuan dalam pengunaan komputer. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai media di dalam proses pengajaran saja namun juga digunakan dalam sistem penilaian, penyebaran informasi, presensi siswa dan lain sebagainya. Komputer sekarang ini seolah menjadi modal utama dalam setiap kegiatan di dunia pendidikan baik itu pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

Peneliti: PRADANA LUTHFI SURYAWAN

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS PHP DAN MySQL DI MTs NEGERI MODEL PARAKAN