JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL DAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL DAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA

JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL DAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran mengenal dan membaca aksara jawa. Media pembelajaran ini berisikan tentang informasi bentuk, fungsi dan pengucapan dari aksara jawa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran mengenal dan membaca aksara jawa bagi masyarakat dan dunia pendidikan serta mengetahui tingkat kelayakan.
Media pembelajaran aksara jawa ini dikembangkan dengan Adobe Flash ditambah dengan aplikasi multimedia seperti Adobe Photoshop dan adobe Audition. Adapun tahap – tahap dalam mengembangkan media pembelajaran aksara jawa adalah analisis kebutuhan (planning) , perancangan desain (design) , dan pengujian terhadap media pembelajaran (evaluation) . Tingkat pengujian kelayakan menggunakan teori dari Mc Call dengan indikatornya yaitu usability, corectness, dan reability. Pengujian media pembelajaran aksara jawa ini dilakukan dengan tahapan alpha test dan beta test dengan sampel diambil menggunakan sampling kuota sebanyak 35 orang dan sampling purposive sebanyak 5 orang yaitu 3 ahli media dan 2 ahli materi.Sebelum dilakukan pengujian pada pengguna dilakukan uji navigasi pada media pembelajaran aksara jawa ini. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif karena variabel yang digunakan bersifat kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aksara jawa sudah dapat berfungsi sesuai dengan rancangan desain dalam memberikan informasi berupa bentuk, fungsi, dan pengucapan dari aksara jawa. Berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi terhadap tingkat kelayakan media pembelajaran aksara jawa dilihat dari segi usability, corectness, dan reliability adalah sangat layak. Penilaian pengguna terhadap tingkat kelayakan media pembelajaran aksara jawa dilihat dari segi usability persentasenya 60% sangat layak, segi correctness persentasenya 74% sangat layak, dan segi reliability Persentasenya 51% sangat layak.

Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran, aksara jawa

Pendahuluan 

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang banyak digunakan di masyarakat Indonesia. Di Yogyakarta, bahasa ini telah menjadi bahasa lokal sehari – hari penduduknya baik di desa maupun kota. Selain sudah menjadi bahasa turun temurun dari para leluhur , bahasa Jawa juga termasuk bahasa yang santun dan ramah.

Peneliti: Muhammad Ihsaan Fathoni

Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
JURNAL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL DAN MEMBACA AKSARA JAWA BERBASIS MULTIMEDIA