JURNAL : PELABELAN KLASTER FITUR SECARA OTOMATIS PADA PERBANDINGAN REVIEW PRODUK

JURNAL : PELABELAN KLASTER FITUR SECARA OTOMATIS PADA PERBANDINGAN REVIEW PRODUK

JURNAL : PELABELAN KLASTER FITUR SECARA OTOMATIS PADA PERBANDINGAN REVIEW PRODUK
ABSTRAK - Penggunaan review produk sebagai suatu sumber untuk mendapatkan informasi dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran suatu produk. Situs belanja online merupakan salah satu sumber yang dapat digunakan untuk pengambilan review produk. Analisa terhadap produk dapat dilakukan dengan membandingkan antara dua buah produk berbeda berdasarkan fitur produk tersebut. Fitur dari suatu produk didapatkan melalui ekstraksi fitur dengan metode double propagation. Fitur yang terdapat dalam sebuah review sangat banyak serta terdapat beberapa kata yang memiliki arti yang sama yang mewakili suatu fitur tertentu, sehingga diperlukan suatu pengelompokan terhadap fitur tersebut. Pengelompokan suatu fitur produk dapat dilakukan secara otomatis tanpa memperhatikan kamus kata, yaitu dengan menggunakan teknik clustering. Hierarchical clustering merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk pengelompokan terhadap fitur produk. Pengujian dengan metode hierarchical clustering untuk pengelompokan fitur menunjukkan bahwa metode average linkage memiliki nilai recall dan f-measure yang paling tinggi. Sementara untuk pengujian pelabelan menunjukkan bahwa semantic similarity antar fitur lebih berpengaruh dari pada kemunculan fitur di dokumen.
Kata kunci: clustering, fitur produk, pelabelan

PENDAHULUAN - Pesatnya perkembangan World Wide Web dan teknologi informasi telah mempengaruhi perkembangan dalam bidang usaha seperti usaha rumahan, industri, dan perusahaan dengan melalui review produk (KUMAR, 2011). Review produk dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi dan mengoptimalkan pemasaran produk oleh produsen maupun konsumen. Situs belanja online menjadi salah satu sumber untuk menganalisis data reviewdari suatu produk.
Data review produk dapat dianalisa dengan membandingkan dua produk yang berbeda, sehingga dapat diketahui produk mana yang lebih bagus. Pengekstrakan fitur produk perlu dilakukan sebelum membandingkan dua produk. Permasalahan dalam mendapatkan fitur dari suatu produk cukup kompleks. Hal ini dikarenakan tidak semua kata benda pada kalimat opini adalah fitur dari produk.

DOWNLOAD JURNAL