JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA

JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA

JURNAL : ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME ANDROID “VISIT INDONESIA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN WISATA DAN BUDAYA INDONESIA
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game Android “Visit Indonesia” dan menganalisis kualitas serta kelayakannya sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan delapan tahap penelitian yaitu analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi desain, pengujian alfa, revisi, pengujian beta, perbaikan media, dan peluncuran produk. Analisis kualitas game dilakukan dengan menguji aspek compatibility, performance, generic characteristic mobile app, functional, usability dan materi. Pengujian compatibility menggunakan perangkat Android. Pengujian performance menggunakan software Little Eye dan DDMS. Pengujian functional menggunakan test case functional. Pengujian generic characteristic mobile app menggunakan checklist dari Sogeti dan KeepItUsable. Pengujian usability dilakukan oleh 73 responden siswa SMAN 1 Jetis menggunakan kuesioner usability J.R. Lewis, dan materi dalam game dites menggunakan checklist materi. Hasil penelitian menunjukan bahwa game yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan layak sebagai media pengenalan wisata dan budaya Indonesia. Pengujian alfa menunjukan bahwa game memiliki kualitas baik dari aspek performance dan compatibility. Game memiliki kualitas sangat baik dari aspek functional sebesar 100%, dan aspek generic characteristic mobile app sebesar 97%, dan materi yang terkandung dalam game dinyatakan 100% valid. Pengujian beta menghasilkan nilai usability sebesar 79% dan masuk kategori layak sebagai media pembelajaran untuk memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia.
Kata kunci : Game Android, Visit Indonesia, Wisata dan Budaya

PENDAHULUAN - Gelombang globalisasi membuat mudahnya kebudayaan asing masuk ke Indonesia dan membuat kebudayaan-kebudayaan lokal yang ada di Indonesia menjadi tersingkir keberadaannya. Terutama di kalangan remaja. Bahkan para remaja kadang lebih mengenal bahkan mencintai kebudayaan dari Negara lain seperti Korea (Nastiti, 2010). Selain budaya Korea, budaya Barat dan Jepang pun berhasil berkembang di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya penggemar fast food ala Barat dan kartun animasi Jepang yang ada di Indonesia. Jika fenomena ini terus terjadi dan tidak diimbangi dengan tetap mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia, maka budaya asing semakin lestari dan budaya Indonesia akan semakin tersingkir.

DOWNLOAD JURNAL