gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) DAN COMMAND LINE INTERFACE (CLI) UNTUK SMK/MAK KELAS X TKJ

Post a Comment
JURNAL : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) DAN COMMAND LINE INTERFACE (CLI) UNTUK SMK/MAK KELAS X TKJ
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI) Untuk SMK/MAK kelas X TKJ dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI).
Komponen perangkat pembelajaran yang disusun terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Handout dan Soal Evaluasi dan Jawaban, dan Media Pembelajaran (Powerpoint). Tahap pertama, perangkat pembelajaran ditinjau oleh 3 orang peer reviewer, selanjutnya produk revisi I ditinjau oleh seorang ahli materi dan ahli media, dan akhirnya hasil perangkat pembelajaran yang disebut produk revisi II dinilai oleh reviewer, yaitu guru TKJ dari SMK/MAK di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kota Yogyakarta. Penilaian perangkat pembelajaran dilakukan dengan cara mengisi instrumen penilaian perangkat pembelajaran Instalasi Sistem Operasi Berbasis Graphical User Interface (GUI) dan Command Line Interface (CLI) Untuk SMK/MAK kelas X TKJ. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkualitas Baik (B); Handout serta soal evaluasi dan jawaban berkualitas Baik (B); dan Media Pembelajaran (Powerpoint) berkualitas Sangat Baik (B)
Kata Kunci : Pengembangan, Perangkat Pembelajaran

PENDAHULUAN - Pembelajaran adalah suatu upaya untuk membelajarkan peserta didik. Dalam pengertian ini secara implisit dalam pembelajaran terdapat kegiatan memilih, menetapkan, mengembangkan metode untuk mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Pemilihan, penetapan, dan pengembangan metode ini didasarkan pada kondisi pembelajaran yang ada. Kegiatan ini pada dasarnya merupakan inti dari perencanaan pembelajaran. Dalam hal ini istilah pembelajaran memiliki hakikat perencanaan atau perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan peserta didik.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment