gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : ANALISA PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ADMISI SISWA BARU MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCY PROCESS DI SMA NEGERI 2 MANADO

Post a Comment
JURNAL  : ANALISA PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ADMISI SISWA BARU MENGGUNAKAN ANALYTICAL HIERARCY PROCESS DI SMA NEGERI 2 MANADO
ABSTRAK - Masalah yang disebabkan karena tidak sesuai dengan minat serta kemampuan akademik dari siswa baru mengakibatkan siswa baru menjadi sulit menentukan jurusan yang sesuai. Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) dapat digunakan untuk penentuan jurusan bagi siswa baru, dimana kriteria ditentukan oleh pihak SMA Negeri 2 Manado. Kriteria yang digunakan pihak SMA Negeri 2 Manado yaitu kemampuan akademik yang terdiri dari nilai Ujian Nasional dan nilai tes minat serta non akademik yaitu konsultasi antara pihak sekolah dengan siswa baru dan orang tua dari siswa baru. Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) admisi siswa baru berbasis web yang digunakan untuk menentukan jurusan yang sesuai untuk masing-masing siswa baru.
Kata Kunci : AHP, Kriteria, Sistem Pendukung Keputusan

PENDAHULUAN - Penjurusan siswa baru merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 2 Manado setiap tahunnya. Kenyataan dilapangan bahwa penjurusan yang dilakukan tidak sesuai dengan minat dari siswa baru, adanya siswa yang berpindah jurusan karena jurusan setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar selama enam bulan dan adanya siswa yang pindah sekilah karena jurusan yang dipilih tidak sesuai. Oleh karena itu, penulis ingin merancang suatu sistem yang dapat membantu pihak SMA Negeri 2 Manado dalam pengambilan keputusan penjurusan siswa baru.
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membangun suatu sistem pendukung keputusan salah satunya yaitu Analitycal Hierarcy Process (AHP).
Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer termasuk sistem berbasis pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi, perusahaan, atau lembaga pendidikan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah spesifik.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment