gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : JURNAL : REKAYASA ULANG PROSES BISNIS REGISTRASI PENGISIAN KRS ONLINE PORTAL AKADEMIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Post a Comment
JURNAL : JURNAL : REKAYASA ULANG PROSES BISNIS REGISTRASI PENGISIAN KRS ONLINE PORTAL AKADEMIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI
ABSTRAK - Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) unggulan yang ada di Sulawesi Utara. Sejak tahun 2009, UNSRAT telah mengimplementasikan Sistem Informasi Terpadu (SIT), dimana salah satu modulnya adalah Portal Akademik yang berfungsi untuk mengelola proses registrasi pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) secara online. Pada paper ini kami akan menyajikan rekayasa ulang proses bisnis registrasi pengisian KRS Online di Portal Akademik UNSRAT dengan menggunakan metode BPR (Business Process Reengineering). Proses bisnis pengisian KRS Online Portal Akademik diawali dengan identifikasi aktivitas dan dilanjutkan dengan membuat model proses bisnis menggunakan Business Process Notation Model (BPM)N. Hasil yang didapatkan adalah gambar model bisnis proses dan rancangan bisnis proses hasil rekayasa ulang.
Kata kunci : Bisnis Proses, Rekayasa Ulang, Sistem Informasi

PENDAHULUAN - Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado merupakan salah satu universitas negeri unggulan yang ada di provinsi Sulawesi Utara. Sejak 14 September 1965 UNSRAT telah ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan tujuh fakultas.[1]. Seiring perkembangan zaman, maka UNSRAT pun terus mengembangkan diri untuk menjadi salah satu pusat keunggulan di kawasan Indonesia Timur.
UNSRAT terus berusaha meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Implementasi Sistem Informasi Terpadu (disingkat SIT) oleh UNSRAT merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi UNSRAT, yakni Menjadi Universitas yang Excellent[2]. SIT UNSRAT diharapkan untuk memudahkan pengelolaan proses bisnis akademik pendidikan tinggi. Kemudahan pengelolaan ini dapat membuat setiap stakeholder, terlebih mahasiswa merasa nyaman, terutama dalam proses pengisian KRS, yang rutin dilakukan setiap awal semester baru. Proses pengisian KRS merupakan salah satu fungsionalitas utama dari Modul Portal Akademik, yang merupakan modul yang terintegrasi dengan SIT UNSRAT.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment