gCLxcKKAJmbACaihfr7QajzX6AsZRlzTBM0AxvT0

JURNAL : ANALISA PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KONSENTRASI MINAT TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNSRAT

Post a Comment
JURNAL : ANALISA PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KONSENTRASI MINAT TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNSRAT
ABSTRAK - Kemapuan akademik mahasiswa yang berbeda, membuat ketertarikan mahasiswa tersebut terhadap bidang atau minat yang harus dipilihnya berbeda-beda. Dalam pemilihan minat tersebut dibutuhkan kriteria-kriteria penilaian untuk mendapatkan alternatif pilihan minat terbaik. Di program studi Teknik Sipil UNSRAT, terjadi beberapa masalah dalam penentuan minat tugas akhir seperti penilaian yang kurang objektif dari pihak program studi sehingga ada mahasiswa yang mendapat konsentrasi minat yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan kemampuan akademiknya. Dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan pemilihan konsentrasi minat tugas akhir menggunakan SAW (Simple Additive Weighting). Metode ini digunakan agar dapat menentukan alternatif minat tugas akhir terbaik dengan cara menentukan nilai bobot kriteria dari setiap alternatif yang ada berdasarkan hasil wawancara dan kuisioner, kemudian dilakukan normalisasi matriks untuk mendapatkan nilai yang akan diurutkan untuk membantu program studi Teknik Sipil UNSRAT dalam penentuan konsentrasi minat tugas akhir terbaik dari mahasiswanya.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, SAW, Nilai Bobot.

PENDAHULUAN - Di perguruan tinggi negeri, sesuai dengan tujuan pendidikan tinggi dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 1999 harus menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional. Dalam hal ini, perguruan tinggi harus benar-benar membuat seorang mahasiswa menguasai bidang ilmu yang didalaminya. Oleh karena itu, penyusunan kurikulum disetiap program studi umumnya menentukan beberapa bidang peminatan seperti halnya yang ada di program studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNSRAT.
Didasari bahwa kemampuan akademik setiap mahasiswa yang berbeda, membuat ketertarikan mahasiswa tersebut terhadap bidang atau minat yang harus dipilihnya pun berbeda-beda. Dalam pemilihan minat tersebut, dibutuhkan kriteria-kriteria untuk menentukan seorang mahasiswa memilih bidang minat yang tepat dan sesuai dengan kemampuan akademiknya.

DOWNLOAD JURNAL

Related Posts

Post a Comment