JURNAL : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POLIKLINIK UNSRAT BERBASIS WEB

JURNAL : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POLIKLINIK UNSRAT BERBASIS WEB

ABSTRAK - Sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi. Poliklinik atau klinik adalah fasilitas medis yang lebih kecil yang hanya melayani keluhan tertentu. Poliklinik atau klinik yang ada di Universitas Sam Ratulangi dibangun untuk menunjang aspek kesehatan di lingkungan Universitas Sam Ratulangi. Penelitian dengan judul “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Poliklinik Unsrat berbasis Web” bertujuan merancang sebuah sistem informasi untuk pengelolaan data pasien, pembuatan surat keterangan sehat dan data-data kesehatan. Dalam merancang sistem informasi ini penulis menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak waterfall.Tools-tools yang digunakan dalam bentuk diagram-diagram UML antara lain use case diagram, class diagram. Hasil perancangan Sistem informasi ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada poliklinik unsrat sebagai sebuah solusi dari permasalahan yang timbul ketika sistem yang ada masih menggunakan cara konvensional.
Kata kunci: Poliklinik, Sistem Informasi,Web, Waterfall.

PENDAHULUAN - Komputer merupakan [1] alat bantu yang dapat menyelesaikan berbagai persoalan secara tepat dan akurat. Komputer yang pada awalnya hanya digunakan untuk aplikasi pengolah kata, kini telah berkembang menjadi suatu alat kontrol (pengendali), alat pemrosesan data menjadi informasi, serta sebagai alat penyimpanan data dan informasi penting di banyak tempat. Peran teknologi informasi dewasa ini berpengaruh terhadap perkembangan daya saing suatu organisasi untuk memberikan layanan terbaik.
Data-data dalam poliklinik Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) menggunakan kertas dan pulpen dengan disimpan pada meja petugas rekam medik, hal ini bisa menyebabkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan bersama diantaranya: kehilangan data-data pasien, terjadinya penggandaan data (dimana data yang telah ada dibuat kembali padahal data pasien telah ada sebelumya), proses registrasi memakan waktu yang lama karena data yang ditulis dua kali, harus memeriksa satu per satu data menurut alphabet (mencari satu demi satu). Kejadian yang tidak diinginkan lagi yang bisa saja terjadi musibah kebakaran dimana akan membuat data-data langsung lenyap seketika. Sehingga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan perlu dibuatkan data-data digital yang terkomputerisasi sehingga penyimpanan dan pengolahan data bisa terkontrol. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sebuah sistem informasi poliklinik yang dapat menunjang kegiatan didalam poliklinik, dengan pendekatan waterfall sebagai metode penelitian untuk merancang sistem informasi poliklinik unsrat.

DOWNLOAD JURNAL