JURNAL : Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D

JURNAL : Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D

JURNAL : Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D
ABSTRAK - Tujuan pembuatan prototipe game musik bambu menggunakan engine Unity 3D adalah membuat sebuah rancangan awal game yang bertemakan kebudayaan daerah dan game ini dimainkan dengan mode first-person yaitu pandangan pemain terhadap player adalah pandangan orang pertama. Juga menggunakan setiap fitur-fitur yang ada didalam game engine Unity untuk membuat game. Dengan memainkan game ini, pemain akan mendapatkan informasi mengenai alat musik bambu mulai dari bentuk alat musik bambu dan suara yang dihasilkan masing-masing alat musik bambu. Metodologi yang digunakan dalam perancangan prototipe game musik bambu yaitu metode Rapid Game Prototyping yang merupakan metode gabungan antara proses rekayasa perangkat lunak pemrograman ekstrem dengan metode game desain. Perancangan pembuatan game ini diakukan dengan membuat model yang menjelaskan setiap kegiatan secara detail dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML). Simpulannya adalah prototipe game musik bambu adalah sebuah game yang mengandung nilai-nilai pendidikan mengenai kebudayaan daerah khususnya alat musik bambu Minahasa.
Kata Kunci: Perancangan game, Musik bambu Minahasa, engine Unity 3D

PENDAHULUAN - Perkembangan komputer selama beberapa dekade ini terbilang sangat pesat dan sangat mempengaruhi gaya hidup setiap orang. Seiring pesatnya perkembangan komputer, game komputer juga berkembang dengan pesat dan menjadi salah satu hiburan utama untuk mengisi waktu luang baik dilakukan bersama atau pribadi.
Ada banyak genre game yang sudah dikembangkan sejauh ini seperti RPG(Role-Playing-Game), Adventure, Arcade, Simulation, RTS(Real-Time-Strategy), Edutainment dan lain-lain. Dari tiap genre game tersebut terdapat juga berbagai tema yang menjadi dasar dari game, salah satunya adalah collectible. Dalam game collectible ini tentunya ada objek yang digunakan sebagai elemen utama untuk dikumpulkan atau di collect
Musik bambu merupakan kebudayaan daerah yang sudah mulai hilang ditelan zaman, dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, pengetahuan dan keinginan untuk mendengar alat musik bambu sangat kurang.
Karena itu penulis membuat prototipe game dengan genre edukasi dengan menggunakan Unity 3D dengan tujuan untuk melestarikan kebudayaan daerah yaitu alat musik bambu dan menjadikan game ini sebagai sarana pengenalan musik bambu.

DOWNLOAD JURNAL