JURNAL : PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG PELAYANAN RUMAH SAKIT

JURNAL : PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG PELAYANAN RUMAH SAKIT

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENUNJANG PELAYANAN RUMAH SAKIT

ABSTRAK - Perencanaan strategik SI/TI merupakan suatu proses identifikasi portofolio aplikasi SI berbasis komputer yang akan mendukung organisasi dalam pelaksanaan rencana bisnis dan merealisasikan tujuan bisnisnya. Dalam proses perencanaan strategik SI/TI dengan obyek riset Rumah sakit Daan Mogot Tangerang. Penulis menggunakan framework menurut Jhon Ward dan Peppard. Konsep pemikiran dari perencanaan strategik SI/TI dari Jhon Ward berangkat dari adanya kondisi investasi SI dan TI di masa lalu yang kurang dapat memberikan manfaat bagi tujuan bisnis organisasi, menangkap peluang bisnis, dan adanya fenomena semakin meningkatnya keunggulan kompetitif organisasi karena mampu memanfaatkan potensi SI dan TI. Keadaan tersebut dapat terjadi karena rencana strategik SI dan TI yang kurang fokus pada bisnis, dilakukan oleh bagian yang kurang mengerti peluang bisnis, dan hanya membuat strategi karena kebutuhan teknologi semata. Hasil dari penelitian ini adalah berupa usulan kerangka kerja perencanaan strategi Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang dapat digunakan pada Rumah sakit Daan Mogot Tangerang.
Kata kunci:
Perencanaan Strategik Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Metodologi SI/TI


I. PENDAHULUAN
Menghadapi masalah kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sistem pelayanan kesehatan dan perkembangan pada masa yang akan datang, Pelayanan rumah sakit dituntut untuk mampu memberikan pelayanan profesional berdasarkan standard global, sehingga pengembangan rumah sakit sangatlah perlu ditingkatkan. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya persaingan yang ketat antar rumah sakit untuk merebut pangsa pasar, sehingga efisiensi dari kegiatan rumah sakit serta peningkatan mutu pelayanan rumah sakit harus benar-benar dijaga dan ditingkatkan. Peningkatan tersebut perlu diantisipasi dengan usaha pendayagunaan sumber daya rumah sakit, baik sarana, prasarana, sumber daya manusia serta pengelolaan manajemen rumah sakit di seluruh Indonesia. Hal ini tidak dapat terlepas dari perencanaan strategi pengembangan rumah sakit [4].
Melihat perkembangan dari Rumah Sakit Daan Mogot Tangerang sampai saat ini, dapat disimpulkan bahwa misi rumah sakit sudah berubah, dimana semula hanyalah sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan kepada jajaran Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Darat(TNI-AD) dengan keluarganya, sekarang berubah menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat sekitar Tangerang.
II. Dengan semakin berkembangnya jumlah rumah sakit di Tangerang saat ini, maka menyebabkan perlunya perencanaan strategik khususnya Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI) untuk tetap eksis dan memenangkan persaingan di dunia bisnis khususnya pelayanan jasa kesehatan. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Daan Mogot Tangerang sebagai rumah sakit TNI-AD tingkat IV. Mengingat luasnya bahan tentang strategi SI/TI ,maka dalam tulisan ini hanya akan membahas perencanaan strategik khususnya SI/TI pada Rumah sakit Daan Mogot Tangerang dengan ruang lingkup penelitian meliputi lingkup internal rumah sakit Daan Mogot Tangerang, lingkup eksernal rumah sakit Daan Mogot Tangerang. Tanpa membahas tentang biaya implementasi untuk penerapan sistem yang baru, karena biaya implementasi ini bergantung terhadap anggaran dari pusat yaitu departemen pertahanan dan keamanan.

DOWNLOAD JURNAL