Jurnal : Perancangan Sistem Penentuan Kunjungan Tempat Wisata Daerah Bali Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour

Jurnal : Perancangan Sistem Penentuan Kunjungan Tempat Wisata Daerah Bali Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour

Perancangan Sistem Penentuan Kunjungan Tempat Wisata Daerah Bali Menggunakan Metode K-Nearest Neighbour
Abstrak - Pengambilan keputusan merupakan kunci kegiatan dari calon wisatawan sebelum melakukan perjalanan wisata ke suatu objek wisata. Dalam memilih rekomendasi objek wisata terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi, di antaranya adalah adanya kondisi ketersediaan fasilitas-fasilitas yang mendukung dari suatu objek wisata. Di berbagai objek wisata terdapat beberapa ketersediaan fasilitas dijadikan referensi pembanding untuk pemilihan objek wisata bagi calon wisatawan baru. Proses perbandingan fasilitas objek wisata dapat dipecahkan dengan cara menghitung jarak ketersediaan fasilitas antara objek wisata satu dengan lainnya. Perhitungan jarak kedekatan merupakan salah satu permasalahan yang termasuk dalam K-Nearest Neighbor (KNN), sehingga penyelesaiannya membutuhkan suatu sistem pendukung keputusan (SPK).

Kata kunci: Perancangan, KNN, Sistem Pendukung Keputusan, Obyek Wisata,



1. Pendahuluan 
Pada era globalisasi seperti sekarang ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan mudah, karena hampir segala sesuatu di dunia ini sudah terkomputerisasi, yang menyebabkan sebagian besar masyarakat saat ini sangat tergantung akan adanya teknologi informasi. Dimulai dari hal-hal yang kecil seperti sosialitas terhadap sesama teman sampai hal-hal yang menyangkut pekerjaan yang menjadi sumber kehidupan, sehingga mengakibatkan mobilitas dari kebutuhan setiap orang akan teknologi informasi menjadi sangat padat yang akhirnya akan berujung pada kelelahan fisik dan kepenatan dari pekerjaan yang sehari-harinya mereka lakukan. Karena kepadatan mobilitas tersebut, terkadang mereka pun butuh liburan untuk sekedar menenangkan pikiran dan keluar dari mobilitas pekerjaan yang begitu padat. Maka dari itu banyak orang yang dengan sengaja merencanakan liburan mereka ke suatu tempat yang dianggap menarik dan pantas untuk dikunjungi demi memuaskan hasrat mereka untuk mendapatkan liburan yang berkesan di sela-sela kepadatan rutinitas yang biasa dijalani sehari-hari. Bali merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang menjadi tempat tujuan wisata bagi orang-orang yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya dalam liburan mereka. Akan tetapi, banyak wisatawan internasional maupun domestik yang belum begitu mengetahui tempat-tempat mana di Bali yang menarik untuk mereka kunjungi. Mereka hanya tahu dari pembicaraan antar teman maupun mendapat informasi dari agen-agen perjalanan wisata yang terkadang hanya memajang gambar-gambar tempat wisata di Bali tanpa menyertakan data-data akurat tentang bagaimana medan perjalanan untuk menuju tempat wisata tersebut ataupun faktor-faktor lain yang biasanya menjadi pertimbangan para wisatawan yang berhubungan dengan tempat wisata yang ingin mereka kunjungi, sehingga membuat para wisatawan merasa kebingungan untuk memutuskan tempat mana yang akan menjadi tujuan kunjungan wisata mereka. Hal tersebut selalu menjadi masalah yang masih belum terpecahkan sampai saat ini. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem yang diharapkan dapat memecahkan masalah tersebut. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka ada sebuah sistem pendukung keputusan yang berbasis komputerisasi dengan menggunakan berbagai macam metode-metode pendukung keputusan. Dalam kasus ini, metode yang akan digunakan adalah metode K-Nearest Neighbour. Pemilihan penggunaan metode K-Nearest Neighbour dikarenakan selain mudah dalam pengimplementasiannya, juga ketepatannya meskipun ada tidaknya fitur – fitur yang tidak relevan dan mengahasilkan data yang jelas serta dapat digunakan dalam komposisi data yang besar.


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.