Jurnal : Perancangan Sistem Otomatisasi Check In Passanger Pada Airport Berbasis Teknologi Passive RFID

Jurnal : Perancangan Sistem Otomatisasi Check In Passanger Pada Airport Berbasis Teknologi Passive RFID

Perancangan Sistem Otomatisasi Check In Passanger Pada Airport Berbasis Teknologi Passive RFID

Abstrak - Radio frequency Identifier (RFID) merupakan sebuah teknologi compact wireless yang diunggulkan dalam mentransformasi dunia komersial. RFID adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan frekuensi radio untuk identifikasi otomatis terhadap objek-objek atau manusia. Metode identifikasi yang paling umum adalah dengan identifikasi nomor seri yang mewakili informasi dari setiap orang atau benda dan tersimpan pada tag RFID. Pemanfaatan teknologi informasi dapat digunakan sebagai media otomatisasi data dan akurasi informasi. Pemanfaatan teknologi RFID pada penelitian ini bertujuan untuk mengurangi waktu antri dari setiap penumpang pada saat melakukan check in di masing-masing maskapai penerbangan. Permasalahan antrian check in penumpang menjadi salah satu penyebab ketidaknyamanan yang terjadi pada airport.. Penggunaan e-ticket akan diterapkan dengan menyisipkan tag RFID pada setiap tiket dari penumpang. Dengan Perancangan sistem otomatisasi check in dan bagasi ini tingkat kenyamanan dan efisiensi waktu operasional dalam proses pencatatan data penemupang akan lebih meningkat. 

Kata kunci: Keywords— Check-in, Antrian, RFID reader ,RFID tag


1. Pendahuluan 
Aplikasi yang mengadopsi teknologi RFID (Radio Frequency Identifier) telah menjadi suatu trend dalam proses pengidentifikasian suatu objek. Sektor seperti manufaktur, perpustakaan, rumah sakit, dan bahkan digunakan pula untuk proses tracking suatu objek. Radio frequency Identifier (RFID) merupakan sebuah teknologi compact wireless yang diunggulkan dalam mentransformasi dunia komersial [1] . Teknologi RFID berfokus pada kecepatan identifikasi sebuah objek sehingga sangat baik pula diterapkan pada sektor identifikasi penumpang yang ada di bandara. Dari data dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menunjukan, jumlah penumpang pesawat terbang di tingkat domestik, pada semester I tahun 2012 mencapai 33,7 juta orang atau tumbuh 19,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu dikisaran 28,2 juta orang [2]. Dengan pertumbuhan itu pelayanan untuk para penumpang harus lebih ditingkatkan. Permasalahan antrian check in penumpang menjadi salah satu penyebab ketidaknyamanan yang terjadi pada airport. Pada waktu-waktu tertentu seperti masa liburan, airport akan penuh sesak akan antrian para wisatawan yang akan melakukan check in untuk mendapatkan boarding pass. Hal ini sangat meyita waktu dan bisa jadi berpengaruh pada kenyamanan penumpang. Pada penelitian ini berfokus pada perancangan sebuah sistem check in otmatis dengan RFID sebagai media identifikasi dari tiket masing-masing penumpang. Permasalahan yang berupa antrian yang berkepanjangan pada loket check in menjadi permasalahn yang dapat mengganggu kenyamanan penumpang, selain itu dapat juga mengganngu jadwal penerbangan yang terjadi akibat lamanya waktu operasional pada proses check in. Pembayaran airpot tax juga akan didukung dengan menggunakan metode pembayaran menggunakan kartu RFID. Perancangan sistem pada penelitiam ini diharapkan dapat meminimalisir antrian dan efesisensi waktu untuk proses check in sehingga masalah yang dihadapi dapat teratasi.


DOWNLOAD JURNAL


Kata Kunci : Jurnal, Jurnal Teknik Informatika, Jurnal Skripsi, Jurnal, Contoh Jurnal, Skripsi Teknik Informatika,Contoh Skripsi, Skripsi.